Yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah Ponsel Kecurian

By | November 27, 2019
Yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah Ponsel Kecurian

Kejahatan dapat terjadi di mana-mana, seperti begal, maling, dan lain-lain. Saya sendiri pernah dulu hp saya kemalingan sama orang karena saya kurang teliti. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang yang harus sobat lakukan sebelum dan sesudah ponsel sobat kecurian.

Yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah Ponsel Kecurian

1. Mengaktifkan fitur pelacakan untuk melacak ponsel yang kecurian

Fitur pelacakan yang ada pada perangkat sobat (baik itu Find My device untuk Android, dan Find My untuk iOS) sangat wajib sobat aktifkan. Karena dengan fitur ini sobat bisa gunakan untuk melacak sekaligus menghapus data yang ada diperangkat sobat.

Dengan mengaktifkan fitur ini maka setidaknya kemungkinan sobat akan bisa mendapatkan kembali perangkat sobat tidaklah nol. Dan jika memang sudah susah mendapatkan perangkat sobat, setidaknya sobat bisa menghapus semua data penting yang ada diperangkat sobat.

Jika sobat menggunakan perangkat Android, bukalah Settings, lalu ke opsi Google, scroll ke Security, dan aktifkan Find My Device. Kemudian untuk melacak perangkat sobat dapat melalui website ini.

Untuk sobat yang menggunakan iPhone, buka Settings, tekan pada Appe ID (Nama sobat), buka iCloud settings, dan aktifkan Find My. Ketika sudah aktif maka sobat dapat melacak perangkat sobat melalui website iCloud.com.

2. Gunakan password yang kuat

gunakan password yang kuat agar ketika ponsel kecurian, dapat menghambar pencuri dalam mengakses data sobat.

Password lock screen yang panjang dan susah memang akan menyusahkan sobat (tidak kalau ada sensor sidik jari). Tetapi hal ini merupakan cara untuk menahan pencuri dalam mencari tahu data sobat di perangkat sobat.

Sangat disarankan untuk menggunakan password yang kuat di perangkat sobat. Jika password sobat mendukung huruf, angka, dan simbol maka gunakan semua yang ada. Semua itu agar kekuatan password sobat meningkat.

3. Buatlah notifikasi tidak muncul di lock screen

Mungkin pencuri akan tertahan untuk melihat data sobat karena password yang kuat. Tetapi, apakah sobat yakin pencuri tidak akan mendapatkan data dari notifikasi di lock screen sobat?

Secara default memang notifikasi akan memunculkan semua pesan ke lock screen sobat, meskipun sudah sobat kunci dengan password kuat. Oleh karena itu, perlu sobat batasi notifikasi yang muncul di lock screen untuk menghindari yang tidak-tidak. Dan untungnya iOS dan Android punya caranya.

Untuk Android, bukalah Settings, lalu Sound and Notifications, kemudian cari When Device is Locked, dan sobat jadikan Hide Sensitive Notification Content. Sobat juga bisa memilih untuk tidak menampilkan notifikasi di lock screen dengn memilih Don’t Show Notification At All.

Untuk iPhone, buka Settings, lalu buka menu Notifications, dan tekan pada Show Previews. Dari sini, sobat dapat memilih untuk menyembunyikan pesan notifikasi di lock screen sobat atau tidak menampilkannya sama sekali.

Nah untuk sobat yang iPhone-nya punya Face ID, maka notifikasinya akan disembunyikan hingga sobat membuka kunci iPhone sobat. Hal ini dilakukan untuk mencegah pencuri dalam melihat kode verifikasi yang terkirim ke perangkat sobat.

4. Nyalakan sinkronisasi awan (Cloud Syncing) untuk mengamankan data sebelum ponsel kecurian

Gunakan jasa Cloud Syncing untuk menyimpang daa penting sobat di internet

Gunakan fitur sinkronisasi ini jika sobat benar-benar sayang dengan data yang ada di perangkat sobat. Fitur ini yang biasa disediakan oleh penyedia layanan penyimpanan awan akan menyimpan semua data sobat secara otomatis ke penyimpanan mereka.

Jika sobat memakai perangkat Android, arahkan ke Settings > Accounts and Backup, dan lalu nyalakan Back Up My Data. Setelah aktif maka kontak, informasi login, dan setelan sobat akan tersimpan ke penyimpanan email sobat. Lalu pakai media penyimpanan online seperti Dropbox, dan Google Drive untuk menyimpan data lainnya seperti foto, video, dan dokumen sobat.

Untuk iPhone, arahkan ke Settings, tekan pada Apple ID (nama sobat), buka iCloud Settings, lalu iCloud Backup, dan aktifkan iCloud Backup. Maka semua data seperti kontak, setelan, foto, dan video akan tersimpan ke penyimpanan milik Apple, dan dapat sobat akses kapan saja.

5. Gunakan asuransi

Saya sendiri kurang tahu apakah memang ada asuransi untuk hp di Indonesia. Tetapi, jika memang ada, kenapa tidak sobat pakai? Ini akan lebih disarankan lagi untuk sobat yang sering beraktivitas dengan hp sobat di luar ruangan.

Tergantung dari apa yang akan dilindungi oleh asuransinya, maka sobat-pun akan semakin tenang dalam menggunakan perangkat sobat di tempat umum.

Jadi Saya Harus Ngapain Ketika Hp Saya Terlanjur Kemalingan atau Hilang?

Yang harus dilakukan ketika ponsel terlanjur kemalingan atau hilang

Jangan panik dulu sobat. Panik adalah salah satu yang membuat sobat akan menjadi semakin kacau dan tidak bisa berpikir jernih.

Ada beberapa hal yang dapat sobat lakukan ketika perangkat sobat sudah terlanjur kemalingan:

  • Lacak ponsel sobat
    Jika sobat sudah mengaktifkan fitur pelacakan yang saya tulis di atas, maka sobat bisa melacak ponsel sobat yang kecurian itu. Sobat akses website ini untuk Android atau website ini untuk iPhone untuk melacak di mana posisi perangkat sobat.

    Jika lokasi ponsel sobat masih dekat, maka kemungkinan ponsel sobat dapat kembali ke tangan sobat akan tinggi sekali.
  • Jika kemalingan atau kecurian, hapus data sobat
    Kalau sobat lagi sendirian, saya sendiri tidak menyarankan sobat untuk mencari perangkat sobat kalau memang kemalingan. Jika memang sudah pasrah sih ya.. mendingan hapus saja sih data sobat untuk menghindari kerugian yang lebih gede lagi.
  • Claim asuransi jika perangkat sobat kecurian
    Kalau memang kemalingan dan sobat kebetulan punya asuransi untuk perangkat sobat, sebaiknya claim saja asuransinya. Memang mungkin tidak banyak tetapi setidaknya masih dapatlah uang untuk membeli perangkat yang baru.
  • Ganti password akun sobat
    Sobat pasti punya banyak akun seperti email, game, akun bank, dan lain-lain. Pastikan jika perangkat sobat memang kemalingan, cepat-cepat sobat ganti passwordnya. Amankan dulu akun sobat yang dianggap penting, agar tidak ada kerugian tambahan.
  • Panggil polisi
    Jika sobat benar-benar yakin perangkat sobat memang kemalingan, sobat bisa laporkan ke kantor polisi. Siapa tahu dengan laporan ini, orang-orang kurang kerjaan yang mencuri perangkat sobat akan tertangkap, dan orang lain tidak akan menjadi korban selanjutnya.

Kesimpulan

Semoga saja sih kita tidak akan merasakan rasanya kehilangkan Hp karena kemalingan atau lupa naroh di mana. Tetapi jika memang nasib sobat lagi tidak baik dan hal tersebut terjadi kepada sobat. Sobat janganlah panik! dan coba lakukan apa yang saya tulis di atas. Siapa tahu sobat bisa mendapatkan kembali perangkat sobat yang kemalingan atau hilang tersebut.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *