Opera GX – Sebenarnya Apa Browser Gaming itu?

By | November 21, 2019
Opera GX - Sebenarnya Apa Browser Gaming itu?

Opera baru saja tidak lama merilis browser terbaru mereka Opera GX, dan mengiklankannya sebagai browser gaming pertama di dunia. Opera GX ini sendiri hadir dengan beberapa fitur menarik. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang “Opera GX – Sebenarnya apa browser gaming itu?”

Apa itu Opera GX?

Jadi Opera GX adalah browser yang dibuat untuk komputer. Sesuai dengan namanya browser ini dirancang untuk digunakan selagi sobat bermain game, seperti browser bawaan steam yang bisa sobat gunakan selagi sobat bermain game.

Mirip seperti versi biasanya opera, Opera GX dibuat berdasarkan Chromium, yang merupakan dasar dari Google Chrome. Jadi Opera GX ini kurang lebih akan bekerja mirip seperti Google Chrome. Dan sobat juga bisa memasang ekstensi Google Chrome ke browser ini.

Apa itu Browser Gaming?

Jangan sobat berharap Opera GX akan meningkatkan kinerja game yang sobat mainkan secara drastis. Tetapi browser ini hadir dengan fitur yang dibuat untuk sobat para gamer, yaitu: tema browser yang terintegrasi dengan Razer Chroma, akses langsung berita tentang game, panel Twitch, dan efek suara dari desainer sountrack game.

Satu-satunya fitur yang bisa meningkatkan performa sobat adalah GX Control: Fitur yang melimitasi penggunaan CPU dan RAM yang digunakan oleh browser ini.

Tema Gaming (Dengan Integrasi dari Razer Chroma)

fitur easy setup yang ada di opera GX. ubah tampilan dengan warna yang sudah disediakan.

Hal pertama yang sobat sadari ketika membuka browser adalah: Opera GX itu sangat berasa gaming sekali, dengan tema hitam dan warna yang cerah yang mirip seperti perlengkapan gaming yang menghiasi komputer sobat.

Dengan akses cepat hanya dengan menekan gambar atau icon Easy Setup pada pojok kanan atas browser, sobat bisa memilih salah satu dari beberapa warna yang sudah disediakan. Mengganti wallpaper pada browser ini juga bisa sobat lakukan.

Browser ini juga memiliki fitur integrasi dengan Razer Chroma. Mengaktifkan fitur ini, dan semua warna yang sobat pilih di browser ini akan ditiru oleh semua perangkat Razer sobat. Salah satu langkah mantap untuk menyesuaikan warna browser gaming sobat dengan perangkat gaming sobat sekaligus.

GX Control – Melimit RAM dan CPU yang Digunakan di Opera GX

limit penggunaan CPU dan RAM di Opera GX dengan GX Control

Dengan menekan tombol GX Control yang ada di sidebar browser, sobat akan mendapatkan jendela yang berisi RAM Limiter dan CPU Limiter. Sebagai contoh, sobat bisa memaksa browser hanya menggunakan 2GB dari 16GB RAM yang sobat miliki dan melimitasi penggunaan 10% dari CPU sobat.

Fitur isi sendiri sangat unik. Tentu saja menggunakan ini terus-terusan hanya membuat browser sobat lambat. Tetapi jika sobat lebih memilih meninggalkan browser sobat terbuka daripada menutupnya ketika gaming maka fitur ini akan sangat membantu sobat.

Meskipun tidak diketahui sebagaimana efektifnya fitur ini ketika sobat gaming. Alasannya karena Windows 10 sendiri punya fitur yang mampu mengalokasikan sumber daya komputer sobat ke aplikasi yang membutuhkan.

Browser ini sendiri juga tidak akan ada peningkatan sama sekali di game versi web. Fitur ini hanya untuk melimitasi penggunaan menjadi kecil supaya tidak mengganggu proses bermain sobat.

Hal Lain Apa Saja yang Ada di Opera GX ini?

Opera GX juga menyediakan fitur Twitch dan berita tentang gaming.

Sobat bisa membaca berita tentang game secara langsung di Browser tersebut. Browser ini juga akan menarkan diskon yang ada pada beberapa judul game pada saat itu.

Browser ini juga terdapat panel Twitch, di mana sobat bisa mengakses channel Twitch yang sobat ikuti, melihat siapa yang sedang stream, dan bahkan mendapatkan notifikasi ketika channel yang sobat ikuti memulai live streaming mereka.

Opera GX juga punya efek suara mereka sendiri. Dan banyak elemen dari browser tersebut yang ada efek suaranya. Tentu saja jika sobat tidak suka bisa sobat matikan.

Sobat Juga Akan Mendapatkan Fitur dari Browser Biasanya Juga

Opera GX ini juga ikut membawa fitur yang sudah ada pada browser Opera sebelumnya. Seperti pemblokir iklan bawaan, VPN gratis untuk mengakses website yang diblokir, dan jendela video kecil yang bisa sobat gunakan untuk menonton video diluar browser sobat.

Kesimpulan

Menurut saya Opera GX ini cukup menarik dari segi penampilan. Jika sobat lihat screenshot yang ada di atas saya yakin sobat pasti mengerti. Browser ini secara penampilan berbeda dari browser biasa lainnya. Fitur limitasi CPU dan RAM juga menarik. Jika sobat suka sama browser ini silahkan sobat gunakan. Pada dasarnya browser ini hanya Opera yang tampilannya berbeda dari yang lain.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *