Microsoft Merilis Browser Microsoft Edge Berbasis Chromium

By | May 9, 2019
Browser edge dengan basis chromium

Mungkin sobat sudah mendengar tentang berita ini. Apabila belum, maka seperti judul di atas, Microsoft membuat browser Edge baru yang menggunakan Chromium sebagai dasar, untuk menggantikan browser Edge yang sudah ada.

Menurut saya ada beberapa alasan yang membuat Microsoft membuat ulang browser mereka. Hal itu adalah kemungkinan beberapa website dari Google seperti Youtube tidak terlalu bekerja baik dengan browser Edge mereka yang sekarang. Maka dari itu mereka terpaksa untuk membuat sebuah browser baru dengan Chromium.

Seperti judul artikel ini, browser ini sendiri sudah dirilis untuk publik dengan harapan agar orang-orang dapat membantu pengembangan dari browser ini sendiri. Website-nya sendiri dapat sobat akses dari sini.

Beberapa Versi Chromium Edge yang Dapat Sobat Gunakan

versi edge chromium yang dapat di download

Ketika sobat mengakses link dari atas, maka sobat akan dapat melihat tiga buah pilihan versi yang dapat gunakan. Versi tersebut antara lain:

Canary Channel

Untuk versi ini merupakan versi yang menurut saya paling rawan. Tetapi selain itu juga merupakan versi yang paling ter-update. Alasannya update pada versi ini terjadi setiap hari. Sehingga fitur-fitur ataupun perbaikkan masalah maupun masalah baru yang muncul akan pertama kali terjadi pada versi ini.

Saya sendiri tidak menggunakan versi ini. Sehingga apabila sobat ingin mencoba versi ini, saya harap sobat menggunakannya atas kesadaran sobat sendiri.

Dev Channel

Merupakan versi yang saya gunakan. Update akan terjadi setiap seminggu sekali, sehingga fitur baru maupun perbaikkan yang ada akan jauh lebih lambat dibanding Canary Channel, tetapi jauh lebih stabil.

Selama saya gunakan, masih belum ada error ataupun crash yang terjadi. Menurut saya juga versi ini sendiri sudah sangat stabil dan dapat digunakan untuk kegiatas browsing sehari-hari.

Beta Channel

Versi yang belum dirilis oleh Microsoft sama sekali sampai artikel ini saya tulis. Update akan terjadi setiap enam minggu sekali, dan saya yakin merupakan versi browser yang akan paling stabil dibanding dengan dua versi di atas.

Sistem Operasi yang Didukung

sistem operasi yang didukung edge chromium

Ketika dirilis tentu saja sistem operasi yang didukung baru windows 10 saja, tetapi sekarang sudah mendukung android dan juga iOS. Seperti gambar yang sobat lihat di atas untuk sistem operasi lain seperti windows 7 dan lain-lain perlu menunggu sedikit lebih lama.

Meskipun, teman saya ada coba untuk menginstall browser tersebut di windows 7 dan dapat terinstall dan berjalan dengan baik. Mungkin sobat juga dapat mencobanya.

Kesimpulan

Microsoft membuat ulang browser mereka yaitu Edge dengan dasar dari Chromium. Browser itu sendiri sudah dapat digunakan secara publik. Ada tiga versi dari browser tersebut yang dibedakan dari berapa lama tiap update-nya dilakukan. Juga sistem operasi yang didukung akan bertambah seiring waktunya.

Browser ini sendiri karena berbasis Chromium maka dapat mendukung ekstensi dari google chrome sehingga variasi ekstensi sangat bertambah pesat.

Sekian artikel saya sampai di sini, semoga artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *