Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot dengan Mudah

By | June 9, 2019
Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot

Hotspot merupakan fitur yang mungkin sobat sangat kenal berada pada hp sobat. Fitur yang mampu untuk membagi akses internet kepada hp, itulah hostpot. Tetapi, apakah sobat tahu bahwa hotspot sebenarnya juga bisa sobat gunakan di laptop sobat? Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang cara menjadikan laptop sebagai hotspot dengan mudah.

Mengecek Apakah Laptop Sobat Bisa Dijadikan Hotspot

Sebelum kita mulai membahas cara menjadikan laptop sobat sebagai Wi-Fi hotspot, pertama-tama kita perlu memerika apakah laptop sobat bisa dijadikan sebagai hotspot terlebih dahulu.

Langkah pertama

Buka CMD atau Command Prompt sobat sebagai admin. Langkah ini akan diperlukan sekali untuk langkah-langkah berikutnya.

Sobat hanya perlu klik kanan pada CMD atau Command Prompt sobat dan kemudian tekan Run as Admin.

Langkah kedua

Ketikkan netsh wlan show drivers pada CMD sobat, nantinya akan muncul banyak sekali informasi seperti gambar di bawah ini.

memerika apakah laptop support horspot

Sobat cari informasi yang bertuliskan Hosted network supported. Lihat apakah tulisannya Yes atau No.

Seperti yang sobat lihat pada gambar di atas ini merupakan CMD dari laptop saya. Pada gambar itu menunjukkan bahwa laptop saya bisa untuk dijadikan sebagai Wi-Fi hotspot.

Apabila Hosted network supported sobat menunjukkan tulisan No, ada baiknya sobat lewati langkah pertama dan kedua, langsung saja coba langkah ketika yang menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Menjadikan Laptop sebagai Hotspot

Ada tiga metode atau cara yang bisa sobat lakukan untuk menjadikan laptop sobat menjadi sebuah hotspot. Saya akan membahas ketiga metode tersebut.

Mengaktifkan Hotspot di Laptop Melalui Settings di Windows 10

Jadi metode pertama adalah melalui settings pada Windows 10. Microsoft sendiri sudah menanamkan fitur ini kalau tidak salah sejak build 1803. Langsung saja kita bahas:

Langkah pertama – buka settings di Windows 10

Bisa kalian lakukan dengan menekan tombol Win + I secara bersamaan. Ataupun buka settings langsung dari start menu sobat seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

buka settings dari start menu

Langkah kedua – membuka bagian Mobile Hotspot

Kemudian pergi ke bagian Network & Internet yang terdapat pada halaman utama settings. Setelah Network & Internet terbuka, lihat pada bagian kiri sobat akan mendapatkan Mobile Hotspot, bukalah menu tersebut.

buka network & internet
buka mobile hotspot

Langkah ketiga – atur pengaturan pada Mobile Hotspot

Di sini sobat akan perlu untuk mengatur beberapa hal yang diperlukan. Maka dari itu saya akan memberikan petunjuk sesuai dengan warna kotak pada gambar di bawah ini.

pengaturan pada mobile hotspot

Kotak biru – merupakan tempat buat sobat mengatur username dan juga password untuk hotspot sobat. Untuk mengubahnya, tekan tombol Edit, kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Isikan username dan password yang sobat inginkan kemudian tekan Save.

mengatur usename dan password untuk hotspot

Kotak hijau – adalah pengaturan yang akan menentukan internet apa yang ingin sobat bagi sebagai hotspot. Di sini karena laptop saya hanya terkoneksi dengan internet melalui Wi-Fi, maka hanya itu saja yang muncul.

Kotak merah – untuk mengaktifkan dan mematikan hotspot di laptop sobat. Setelah semua pengaturan sudah sobat lakukan, maka sobat hanya perlu untuk menyalakan hotspot sobat.

Langkah keempat – hotspot di laptop sobat berhasil sobat aktifkan!

Setelah semua langkah sudah sobat laksanakan dengan baik dan benar, maka harusnya hotspot di laptop sobat akan menyala dan dapat digunakan.

Menyalakan Hotspot di Laptop dengan CMD atau Command Prompt

Metode ini merupakan metode yang saya gunakan apabila saya ingin mengaktifkan hotspot di laptop saya. Alasannya karena untuk metode dengan menggunakan settings, tidak dapat bekerja di laptop saya.

Langkah pertama – buka CMD atau Command Prompt sebagai admin

Sobat bukalah CMD atau Command Prompt sobat sebagai admin. Ini merupakan langkah penting yang perlu sobat lakukan terus apabila sobat menggunakan langkah ini.

Apabila sobat tidak tahu caranya, cukup ketikkan cmd di Start Menu, klik kanan cmd tersebut dan pilih Run as Admin.

Langkah kedua

Ketik netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=IsiUsername key=IsiPassword pada CMD sobat. Dalam pengetikkan ganti IsiUsername dengan username yang sobat inginkan, dan ganti IsiPassword dengan password yang sobat inginkan pula.

mengatur username dan password sobat di cmd

Langkah ini akan menciptakan sebuah hotspot baru dengan username dan password yang sudah sobat atur sesuai keinginan sobat sehingga tidak ada orang lain yang tahu tentang password sobat.

Langkah ketiga – menyalakan hotspot di laptop sobat

Dengan cara mengetikkan netsh wlan start hostednetwork maka hotspot sobat dengan username dan password yang sudah sobat atur akan menyala. Sobat bisa saja langsung memeriksa apakah benar hotspot tersebut sudah menyala di hp sobat.

menyalakan hotspot di cmd

Langkah keempat – atur koneksi internet yang ingin dibagi

Sobat buka Control Panel, kemudian buka Network and Internet, di sana sobat buka Network and Sharing Center, dan kemudian pada bagian kiri tekan Change adapter settings.

buka change adapter settings dari control panel

Di sana sobat akan menemukan tampilan seperti gambar di bawah ini. Di sini karena laptop saya terhubung dengan @wifi.id melalui jaringan Wi-Fi maka saya klik kanan pada jaringan tersebut dan pilih Properties.

klik kanan properties ke jaringan yang ada internet

Akan muncul sebuah jendela seperti gambar di bawah ini. Kemudian pergilah ke tab Sharing lalu beri centang kepada Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection. Setelah itu tekan tombol OK.

centang allow other network user untuk memberian akses internet ke pengguna hotspot

Langkah kelima – hotspot dari laptop sobat siap digunakan!

Ketika langkah keempat seudah sobat selesaikan, maka koneksi internet dari Wi-Fi sobat akan dibagi melalui jaringan hotspot yang sudah sobat aktifkan pada langkah ketiga.

Langkah keenam – mematikan hotspot di laptop sobat

Cukup ketikkan netsh wlan stop hostednetwork di CMD sobat, maka jaringan hotspot di laptop sobatpun akan dimatikan dengan perintah tersebut.

netsh wlan stop hostednetwork untuk mematikan hotspot di laptop

Mengaktifkan Hotspot di Laptop dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Adalah langkah terakhir apabila kedua langkah di atas tidak bisa sama sekali di laptop sobat. Langkah ini juga kemungkinan akan berhasil buat sobat-sobat yang laptopnya tidak mendukung Hosted network ketika sobat melakukan pengecekkan sebelumnya.

Ada beberapa aplikasi yang mampu menyalakan hotspot di laptop sobat, aplikasi tersebut antara lain:

  • Connectify
  • Baidu WiFi Hotspot
  • MyPublicWiFi
  • MaryFi
  • dan masih banyak lagi

Tetapi untuk artikel kali ini saya hanya akan membahas tentang Connectify. Karena saya punya pengalaman dalam menggunakan Connectify tersebut. Sempat ketika driver laptop saya memunculkan No pada Hosted network supported, saya mencoba aplikasi ini dan hotspot dapat dinyalakan di laptop saya.

Langkah pertama – download dan install Connectify

Sobat cukup akses link ini untuk men-download Connectify. Setelah selesai di-download kemudian install-lah Connectify tersebut.

Langkah kedua – buka Connectify dan lakukan beberapa pengaturan

Setelah ter-download dan sudah sobat install, kemudian bukalah aplikasi tersebut. Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

pengaturan di connectify

Tidak terlalu banyak sebenarnya yang perlu atau bisa sobat atur pada versi gratis Connectify tersebut. Tetapi setidaknya sobat bisa mengatur password yang sobat inginkan.

Langkah ketiga – tekan tombol Start Hotspot

Setelah password sudah sobat atur, langsung saja sobat tekan tombol Start Hotspot. Proses pengaktifan hotspot di laptop sobat akan berlangsung.

Langkah keempat – hotspot menyala dan bisa digunakan!

Proses tidak akan berlangsung begitu lama, dan akhirnya hotspot harusnya akan bisa sobat gunakan di hp sobat.

Kesimpulan

Membuat laptop menjadi sebuah hotspot sebenarnya tidak susah. Pada dasarnya fitur hotspot ini sudah datang bersamaan apabila laptop sobat mendukung Wi-Fi. Apabila fitur hotspot ini tidak bisa sobat aktifkan di laptop sobat berarti ada masalah pada driver Wi-Fi yang terinstall pada laptop sobat.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya berharap artikel saya akan bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *