Menginstall Ekstensi IDM di Microsoft Edge Berbasis Chromium

By | May 11, 2019
Cara Menginstall Ekstensi IDM di Microsoft Edge Berbasis Chromium

IDM atau Internet Download Manager sangat populer digunakan oleh orang banyak, saya salah satunya. Menurut saya aplikasi ini sangat berguna membantu saya dalam urusan download. Sehingga pada artikel ini saya menulis mengenai cara menginstall ekstensi IDM pada Microsoft Edge berbasis Chromium.

Seperti yang sobat tahu, Microsoft tidak lama ini merilis browser Edge berbasis Chromium mereka. Tentu saja mereka juga meluncurkan sebuah toko yang berisi ekstensi yang sudah support dengan browser tersebut. Tetapi ekstensi IDM tidak ditemukan di sana.

Baca juga : Microsoft Merilis Browser Microsoft Edge Berbasis Chromium

Tetapi untungnya karena browser Edge terbaru ini dibuat dengan Chromium sebagai dasarnya, maka secara tidak langsung sebenarnya ekstensi browser lain (Google Chrome) dapat di-install.

Bukti Ekstensi IDM dapat dipasang di Edge Chromium

Cara Menginstall Ekstensi IDM di Microsoft Edge Berbasis Chromium

Langkah pertama – Buka halaman Extensions di browser Edge sobat

Sobat tekan tombol titik tiga pada pojok kanan atas di browser Edge sobat, nantinya akan muncul banyak pilihan. Sobat pilih yang tulisannya Extensions seperti gambar di bawah.

Buka menu dan pilih Extensions

Langkah kedua – Aktifkan Allow extensions from other stores

Setelah halaman Extensions sobat sudah terbuka, sobat lihat pada bagian pojok kiri bawah pada halaman tersebut. Nyalakan Allow extensions from other stores seperti gambar di bawah.

Menyalakan Allow extensions from other stores

Fungsinya seperti apa yang tertulis akan membuat kita dapat memasang ekstensi dari toko lain seperti Chrome Web Store ke Microsoft Edge berbasis Chromium kita.

Langkah ketiga – Install ekstensi IDMnya

Setelah sobat mengaktifkan pilihan pada langkah kedua, berikutnya sobat tinggal memasang ektensi IDM tersebut ke Edge.

Pertama – Kunjungi Chrome Web Store untuk ekstensi IDM.

Kedua – Tekan tombol Add to Chrome seperti gambar di bawah.

install ekstensi IDM dari Chrome Web Store

Ketiga – Akan muncul peringatan apakah sobat yakin ingin install ekstensi IDM di browser sobat. Sobat kemudian tekan Add extension seperti gambar di bawah.

Baca juga : Cara Reset Trial Internet Download Manager dengan Mudah

Muncul peringatan kemudian tekan Add extension

Keempat – Tunggu sesaat hingga ekstensi terinstall dan sobat akan dibawa ke halaman IDM yang akan memberitahu sobat bahwa instalasi sukses.

Halaman yang menunjukkan ekstensi IDM sukses di install

Kelima – Ekstensi IDM pun sukses terinstall dan sobat dapat melanjutkan kegiatan sobat dengan nyaman pada browser Edge sobat.

Kesimpulan

Ekstensi IDM belum dibuat khusus untuk browser Edge baru dari Microsoft yang berbasis Chromium. Tetapi itu bukan berarti bahwa ekstensi tersebut tidak dapat di-install. Karena Chromium digunakan sebagai dasarnya maka cara di atas dapat dilakukan untuk menginstall ektensi IDM tersebut.

Sekian artikel saya sampai di sini, semoga artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *