Mengatasi Error 38 di CorelDRAW dengan Mudah

By | May 25, 2019
Cara mengatasi error 38 di coreldraw

Apakah CorelDRAW sobat pernah tidak bisa terbuka dan kemudian memunculkan error seperti gambar di bawah ini? Jika pernah maka sobat berarti mengalami error yang sama dengan error yang pernah saya alami. Pada artikel ini saya ingin membagi pengalaman saya ke sobat sekalian, tentang bagaimana cara untuk mengatasi error 38 yang terjadi di CorelDRAW.

error 38 di coreldraw

Cara Mengatasi Error 38 di CorelDRAW

Mari saja kita langsung masuk ke cara memperbaiki error tersebut:

Langkah pertama

Sobat harus membuka window Services. Window itu sendiri dapat sobat buka dengan mengetikkan services.msc pada kotak run seperti gambar di bawah ini. Apabila sobat tidak tahu, kotak run dapat sobat panggil dengan menekan tombol Windows dan R secara bersamaan.

buka services.msc lewat run

Kemudian sebuah window Services yang terlihat seperti gambar di langkah kedua akan muncul.

Langkah kedua

Sobat kemudian cari Corel License Validation Service V2, Powered by arvato atau Protexis Licensing V2 seperti gambar di bawah ini.

cari corel license validation di service

Dalam beberapa kejadian seperti saya, saya hanya dapat menemukan Corel License Validation saja dan tidak menemukan Protexis Licensing. Ada kemungkinan sobat tidak akan menemukan salah satunya ataupun sobat akan menemukan kedua-duanya

Apabila sobat menemukan kedua-duanya, maka sobat harus melakukan langkah ketiga pada keduanya.

Langkah ketiga

Klik dua kali pada Corel License Validation akan membawa sobat ke tampilan seperti gambar di bawah ini.

klik dua kali pada corel license validation

Akan ada tiga hal yang perlu sobat lakukan di sini:

Pertama, sobat ubah Startup type dari Manual menjadi Automatic seperti gambar di bawah ini. Apabila sudah Automatic dari awal maka sobat lewatkan saja.

ubah beberapa hal di sana

Kedua, tekan tombol Start yang berada tepat di bawah tulisan Service status. Ketika tombol Start ditekan maka akan muncul sebuah jendela proses. Sobat tunggu saja sebentar dan proses tersebut akan selesai.

Ketiga, setelah dua hal di atas sudah sobat lakukan, maka tekan tombol Apply dan kemudian OK.

Langkah keempat

Coba buka kembali CorelDRAW sobat. Menurut pengalaman saya, setelah sobat selesai melakukan proses yang ada di langkah ketiga, maka CorelDRAW sobat akan kembali terbuka dengan normal.

Kesimpulan

Jadi error 38 di CorelDRAW terjadi akibat adanya service yang tidak aktif ketika CorelDRAW dijalankan. Hal tersebut menyebabkan CorelDRAW menjadi tidak bisa dibuka dan muncul error 38. Setidaknya itu menurut pengalaman saya.

Untuk mengatasi atau memperbaiki error tersebut, sobat hanya perlu mengaktifkan service tersebut kembali. Kemudian ubah Startup type-nya menjadi Automatic sehingga service tersebut akan otomatis berjalan ketika komputer sobat dinyalakan.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya berharap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

2 thoughts on “Mengatasi Error 38 di CorelDRAW dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *