Memaksa Mode Gelap pada Semua Website dengan Chrome

Memaksa Mode Gelap pada Semua Website dengan Chrome

Salah satu fitur terbaru dari Chrome 78 adalah kemampuan untuk memaksa website menjadi mode gelap. Fitur ini akan berguna untuk sobat yang ingin tampilan website serupa dengan mode gelap pada Windows sobat. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara memaksa mode gelap pada semua website dengan Chrome.

Fitur ini Merupakan Solusi yang Memaksa Website

Seperti yang sobat tahu Chrome sendiri punya mode gelap. Sehingga apabila website yang sobat kunjungi mendukung dark mode maka akan menyesuaikan dengan Chrome sobat. Tetapi sayangnya tidak semua website mendukung fitur tersebut.

Daripada sobat menunggu semua website yang sobat kunjungi untuk menambahkan fitur mode gelap, dengan fitur terbaru Chrome maka website tersebut untuk memasuki dark mode.

Ketika fitur ini diaktifkan, maka Chrome akan secara otomatis memutar warna yang ada pada website. Jadi sebagai contoh ketika background website tersebut putih maka akan diubah menjadi hitam. Jika tulisan pada website tersebut hitam maka akan diubah menjadi putih.

Seperti yang saya bilang bahwa cara ini akan memaksa website memasuki mode gelap. Maka hasilnya mungkin tidak akan sebaik yang aslinya.

Memaksa Mode Gelap pada Semua Website dengan Chrome

Seperti biasa fitur ini sendiri tersembunyi di Chrome sehingga perlu sobat aktifkan terlebih dahulu. Seperti eksperimen fitur Chrome lainnya, fitur ini sendiri bisa jadi akan berubah atau menghilang kapan saja.

Pertama

Sobat ketik chrome://flags di tempat sobat biasa mengisi alamat website yang sobat inginkan. Setelah itu tekan enter untuk mengakses halaman tersebut.

Kedua

Setelah halaman tersebut sobat akses, ketik Dark Mode pada kotak pencarian yang terdapat pada bagian paling atas. Sobat juga bisa lihat seperti pada contoh gambar di bawah ini.

buka chrome://flags lalu cari dark mode untuk mencari fitur mode gelap di Chrome

Ketiga

Berikutnya sobat lihat pada hasil pencarian sobat dan temukan tulisan Force Dark Mode for Web Contents.

Jika sobat sudah ketemu, sobat kemudian aktifkan fitur tersebut. Caranya sobat cukup ganti tulisan Default menjadi Enabled yang terletak pada bagian kanan. Gambar di bawah ini bisa menjadi arahan untuk sobat.

enabled Force Dark Mode for Web Contents untuk mengaktifkan fitur mode gelap paksa

Keempat

Setelah sobat ubah menjadi Enabled, maka akan muncul tombol bertuliskan Relaunch di bagian bawah seperti gambar di bawah ini.

tekan tombol relaunch agar fitur mode gelap dapat diaktifkan sempurna

Tekan tombol tersebut untuk membuka ulang Chrome. Hal ini perlu untuk mengaktifkan fitur ini.

Kelima

Selamat! Fitur yang memaksa mode gelap pada website berhasil sobat aktifkan!

Kesimpulan

Dengan munculnya tema gelap di Chrome membuat beberapa website menciptakan fitur mode gelap untuk mendampinginya. Tetapi tidak semua website mendukung fitur tersebut. Tetapi untungnya Chrome menciptakan fitur untuk memaksa dark mode di website.

Proses mengaktifkan fitur tersebut sendiri kurang lebih sama seperti fitur lainnya. Juga apabila sobat sudah bosan sama fitur ini, bisa dinonaktifkan dengan cara yang sama. Jadi sobat tidak perlu khawatir.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here