Kontrol Koneksi Internet di Komputer dengan NetLimiter

By | August 5, 2019
Kontrol Koneksi Internet di Komputer dengan NetLimiter

Sebagai pengguna internet berbasis kuota, tentunya sobat pasti akan was-was ketika kuota internet sobat terkuras karena komputer sobat. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi dengan sobat bagaimana mengontrol koneksi internet di komputer sobat dengan menggunakan NetLimiter.

Apa itu NetLimiter?

NetLimiter adalah aplikasi Windows yang berfungsi untuk mengontrol akses internet yang ada pada komputer tersebut.

NetLimiter akan memberikan sobat kontrol penuh terhadap semua akses internet pada komputer sobat. Sobat dapat memutuskan aplikasi yang boleh menggunakan internet dan seberapa cepat internet yang digunakan.

Download NetLimiter

Sobat dapat men-download atau mengunduh aplikasi ini melalui website ini. Ukuran aplikasi ini sangat ringan hanya sekitar 6-7 MB saja. Jadi jangan pelit dalam menggunakan kuota sobat.

Untuk aktivasi menjadi Pro, sobat silahkan cari sendiri di Google. Terima kasih.

Yang Dapat Dilakukan Oleh NetLimiter

Membatasi atau melimit kecepatan internet pada sebuah aplikasi

Salah satu kontrol internet yang dapat dilakukan oleh aplikasi ini adalah membatasi kecepatan internet pada suatu aplikasi yang sobat inginkan. Artinya aplikasi yang sobat batasi tidak dapat mengakses internet dengan kecepatan yang melewati apa yang sobat batasi.

Ikuti langkah berikut untuk menggunakan fitur ini.

Langkah pertama

Sobat pilih aplikasi apa yang ingin sobat batasi kecepatan internetnya. Setelah sobat menemukan aplikasi yang ingin sobat batasi, klik kanan pada aplikasi tersebut kemudian pilih Add rule. Contoh yang saya gunakan adalah aplikasi yang bernama Standalone Updater.

pilih apliksi kemudian klik kanan add rule

Langkah kedua

Pada Rule Editor yang muncul akan ada beberapa pengaturan yang perlu sobat lakukan.

  1. Pada bagian Zone, sobat pilih koneksi internet sobat. Karena saya menggunakan Wi-Fi maka saya pilih Internet.
  2. Rule Type biarkan default yaitu Limit.
  3. Kemudian Direction, bagian ini akan menentukan arus akses internet yang ingin sobat batasi. Pilih In untuk download, Out untuk upload, atau Both untuk keduanya.
  4. Kemudian pada Value, sobat tentukan berapa batas internet yang ingin sobat batasi
pengaturan buat limit aplikasi di rule editor

Langkah ketiga

Setelah sobat selesai mengatur pengaturan pada Rule Editor, tekan tombol OK. Maka aplikasi yang sobat pilih koneksi internetnya akan terbatasi atau terlimit oleh NetLimiter.

Memblokir koneksi internet pada sebuah aplikasi

Blokir koneksi internet pada sebuah aplikasi merupakan fitur lain dari NetLimiter. Fitur ini merupakan fitur yang saya gunakan untuk memblokir beberapa aplikasi atau proses yang menguras kuota internet saya.

Langkah pertama

Seperti biasa pilih aplikasi atau proses yang ingin sobat blokir. Setelah sobat pilih, klik kanan pada aplikasi atau proses tersebut kemudian tekan Add rule.

Langkah kedua

Ikuti pengaturan ini pada Rule Editor yang muncul.

  1. Zone, pilih koneksi internet sobat. Saya pilih Internet.
  2. Rule Type, sobat pilih Blocker.
  3. Direction, pilih arus yang ingin sobat blokir. Saya rekomendasikan untuk memilih Both biar mudah.
  4. Blocker Action, pada bagian ini sobat pilih Deny. Pilihan tersebut yang akan memblokir aplikasi atau proses sobat.
pengaturan untuk blokir aplikasi di rule editor

Langkah ketiga

Setelah semua pengaturan di Rule Editor sudah sobat lakukan, tekan tombol OK. Maka aplikasi atau proses yang sobat pilih akan terblokir hak akses interetnya.

Kesimpulan

NetLimiter merupakan aplikasi yang paling cocok untuk sobat yang akses internetnya terbatas oleh kuota internet. Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini mampu dalam memblokir proses atau aplikasi pada Windows 10 yang menyedot kuota internet.

Sekian artikel saya sampai di sini. Saya berharap artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *