Ekstensi Browser yang Sobat Wajib Punya untuk Twitch

By | April 22, 2019
Ekstensi Browser yang Wajib Ada untuk Twitch

Siapa sih yang tidak kenal dengan Twitch? Twitch tempat di mana menyediakan layanan livestream untuk semua orang di mana pun mereka berada.

Saya sendiri suka menghabiskan waktu saya setiap malamnya di Twitch. Menonton streamer favorit saya sambil membaca apa yang orang lain tulis di chat. Itulah hal yang menurut saya membuat Twitch menarik dan populer.

Tetapi hal tersebut dapat ditingkatkan lebih lanjut dengan adanya beberapa ekstensi browser yang dibuat khusus untuk Twitch.

Pada artikel ini, saya ingin memberitahu kepada sobat sekalian ekstensi-ekstensi browser yang menurut saya wajib sobat pasang agar dapat meningkatkan pengalaman menonton di Twitch sobat.

Ekstensi Browser yang Wajib Sobat Punya untuk Twitch

1. uBlock Origin

Sebuah adblock, tentu penting untuk memasang ekstensi yang mampu untuk menangkal segala jenis iklan yang kemungkinan dapat mengganggu sobat ketika sedang membaca ataupun menonton sesuatu.

Hal tersebut juga dapat sobat alami pada Twitch. Tidak sesering seperti pada Youtube, tetapi kadang-kadang Twitch akan menampilkan sebuah iklan berbentuk video kepada kita. Saya sendiri sudah pernah mengalami hal tersebut beberapa kali.

Download uBlock Origin di sini.

2. BetterTTV

Merupakan salah satu ekstensi browser yang menurut saja wajib sobat pasang ketika menonton Twitch. BetterTTV menawarkan banyak hal menarik yang dapat meningkatkan keseruan sobat dalam menonton streamer yang sobat sukai.

Fitur yang ditawarkan oleh BetterTTV seperti emote yang dapat sobat pakai ketika melakukan chat. BetterTTV juga memiliki emote berbentuk gif sebuat emote bergerak seperti “Sourpls” dan “Clap” yang saya yakin sobat sering lihat pada chat di Twitch.

Selain emote milik BetterTTV itu sendiri, mereka juga mendukung emote dari ekstensi lain seperti FrankerFaceZ sehingga membuat sobat hanya perlu untuk memasang BetterTTV saja.

Download BetterTTV di sini.

3. FrankerFaceZ (Optional)

Sama seperti BetterTTV, ekstensi FrankerFaceZ ini juga menawarkan emote khusus mereka sendiri.

Saya sendiri tidak memasang ekstensi ini, karena itulah saya tulis bahwa ekstensi ini bersih optional.

Tetapi khusus buat sobat yang mungkin memiliki peran sebagai Moderator pada salah streamer tertentu, saya rasa sobat harus memasang ekstensi ini. Alasannya karena pada ekstensi ini memberikan dukungan lebih yang mempermudah kinerja sobat sebagai seorang Moderator dalam mengawasi chat.

Download FrankerFaceZ di sini.

4. Alternate Player for Twitch.tv (Optional)

Ekstensi ini memaksa livestream untuk diputar dengan menggunakan pemutar bawaan dari ekstensi ini. Hal tersebut berarti bahwa dengan ekstensi ini sobat dapat menonton Twitch dengan jauh lebih lancar. Alasannya karena ada beberapa browser seperti Microsoft Edge yang tidak terlalu mendukung pemutar bawaan Twitch.

Sayangnya ekstensi ini hanya dapat bekerja pada livestream saja, untuk VOD (video hasil stream) tidak didukung sama sekali. Ekstensi ini juga tidak mendukung ekstensi emote seperti BetterTTV dan juga FrankerFaceZ yang membuat saya kurang menyarankan untuk memasang ekstensi ini.

Tetapi apabila sobat ingin menonton Twitch pada browser seperti Edge, ekstensi ini sangat saya sarankan untuk sobat pasang, karena pengalaman saya ketika menggunakan ekstensi ini, kinerja Twitch di Edge meningkat pesat dibanding ketika ekstensi ini tidak terpasang.

Download Alternate Player for Twitch.tv untuk beberapa browser, antara lain:

Kesimpulan

Jadi pada dasarnya dalam menonton Twitch tidak afdol rasanya jika sobat tidak memasang ekstensi sama sekali. Ekstensi emote seperti BetterTTV sangat saya sarankan untuk sobat pasang karena akan meningkatnya kualitas chat pada Twitch.

Sekian artikel saya sampai di sini, semoga artikel yang saya tulis bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya yang berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *