Download Font Gratis di Google Fonts

By | June 1, 2019
download font di google fonts

Sebagai orang awam, untuk mencari dan men-download font gratis dari Google Fonts pasti akan mengalami kesulitan. Bahkan terkadang banyak yang tidak tahu kalau Google menyediakan font gratis yang bisa dipakai. Maka dari itu, dengan artikel kali ini, saya ingin berbagai tentang cara download font gratis di Google Fonts.

Apa itu Google Fonts?

Menurut saya Google Fonts itu seperti tempat untuk para designer font untuk berbagi font buatan mereka secara terbuka. Tentu saja font-font tersebut bersifat open-source yang berarti sobat dapat mengubah font yang sudah ada menjadi font dengan cita rasa sobat. Setidaknya untuk saat ini, sudah ada 916 variasi font untuk banyak bahasa yang bisa sobat akses.

Untuk tampilan Google Fonts sendiri, akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Sobat akan langsung disuguhi bermacam-macam font yang tersedia, dan juga sobat tentunya bisa mencari font sobat berdasarkan kategori yang sobat inginkan pada bagian atas font tersebut.

tampilan utama google fonts

Cara Download Font di Google Fonts

Tanpa basa-basi lagi langsung saja kita bahas mengenai cara mengunduh font tersebut. Sebenarnya tidaklah sulit.

Langkah pertama

Anggap saja sobat sudah memiliki font yang ingin sobat download. Sobat kemudian tekan tombol + yang berada di pojok kanan font tersebut seperti gambar di bawah ini.

memilih font yang diinginkan

Di sini saya menggunakan contoh font Ubuntu, saya tekan tombol + dan kemudian tombol tersebut akan berubah menjadi seperti gambar di atas. Kemudian ada bar hitam di bawahnya yang akan muncul. Sobat dapat memilih font lebih dari satu tentunya.

Langkah kedua

Setelah sobat sudah memilih semua font yang ingin sobat download. Kemudian tekanlah bar hitam yang muncul seperti gambar di atas. Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

tekan tombol download untuk download fonts

Tekan tombol download pada pojok kanan atas seperti yang saya tunjuk pada gambar di atas. Ketika tombol tersebut ditekan, maka proses download pun akan langsung dimulai.

Langkah ketiga

Font pun sukses sobat download. ^^

Cara Menginstall Font di Komputer Sobat

Setelah semua font yang sobat inginkan sudah sobat download, tentunya langkah berikutnya adalah menginstallnya. Langkahnya sendiri sangatlah gampang.

  1. Tentunya extract file rar yang berisi font-font yang sudah sobat download.
  2. Buka folder font yang sobat ingin install apabila sobat download font lebih dari satu. Sobat akan menemukan file .ttf di sana.
  3. Block semua file .ttf tersebut kemudian klik kanan dan pilih Install for all user. Seperti gambar di bawah ini.
cara untuk menginstall font yang sudah di download

Tunggu proses install font yang sedang berlangsung. Tidak berselang lama font tersebut pun sudah terinstall dan bisa sobat gunakan.

Kesimpulan

Mendownload sebuah font dari Google Fonts itu ternyata tidaklah sulit. Font yang disediakan di sanapun berkualitas. Tentunya font tersebut gratis untuk digunakan di manapun. Menginstall font tersebut ke komputer kita pun tidak susah.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya berharap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *