Cara Upgrade dari Windows 7 ke Windows 10 Gratis

By | February 3, 2020
Cara Upgrade dari Windows 7 ke Windows 10 Gratis

Bagi sobat yang masih menggunakan Windows 7 dengan alasan apapun, pasti akan bingung harus pindah ke sistem operasi mana setelah Microsoft menghentikan dukungan mereka ke Windows 7 pada bulan Januari kemarin.

Tetapi, sebenarnya ada beberapa pilihan yang bisa sobat pilih, yaitu itu antara migrasi ke sistem operasi seperti Linux, atau upgrade ke Windows 10, atau tetap lanjut menggunakan Windows 7.

Untuk yang memilih untuk upgrade ke Windows 10, maka sampai saat ini sobat masih bisa upgrade ke Windows 10 tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Meskipun Microsoft dulu mengatakan kalau mereka hanya memberi satu tahun upgrade gratis ke Windows 10 ketika rilis, tetapi mereka diam-diam masih melanjutkan promo upgrade gratis ini.

Itulah kenapa pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang cara upgrade dari Windows 7 ke Windows 10 gratis tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun.

Bagaimana Cara Upgrade Gratis Bekerja?

Dengan asumsi bahwa sobat menggunakan Windows 7 (atau Windows 8) yang sudah sobat aktifkan, sobat bisa upgrade ke Windows 10 hanya dengan beberapa klik saja.

Setelah proses upgrade selesai, komputer sobat akan mendapatkan sebuah Windows 10 yang asli dan teraktivasi. Cara ini merupakan cara yang sama seperti promo upgrade gratis yang diberikan oleh Microsoft dulu ketika Windows 10 baru rilis.

Tentu, sobat juga bisa menghapus partisi Windows 7 sobat lalu menginstall Windows 10 dari awal. Dan ketika sobat diminta untuk memasukkan license key, sobat tinggal masukkan license key untuk Windows 7 (atau Windows 8, dan 8.1) untuk mengaktifkan Windows 10 tersebut.

Namun, tidak ada jaminan kalau upgrade gratis ini akan bekerja selamanya, tetapi sampai saat ini harusnya masih bisa bekerja. Jadi selama masih bisa, saya sendiri menyarankan buat sobat yang memang sudah ada niatan untuk upgrade ke Windows 10, lakukanlah sekarang juga.

Sebelum Upgrade, Pastikan Sobat Back Up Dulu File Sobat

Sebelum sobat upgrade, sangat saya sarankan untuk back up dulu file sobat. Paling tidak selamatkan file yang sobat simpan di Local Disk (C:).

Meskipun proses upgrade sendiri harusnya tidak akan menghapus file kecuali kalau sobat memilih untuk menghapus file tersebut, tetapi saya yakin sobat akan jauh lebih tenang setelah melakukan back up terhadap file yang penting sobat. Apa lagi kalau sobat melakukan upgrade besar-besaran.

Direkomendasikan juga untuk sobat mencari license key yang digunakan di Windows 7 atau Windows 8 sobat. License key ini biasa akan bisa sobat temukan di casing komputer atau di laptop sobat. Jika tidak ketemu sobat bisa gunakan software seperti Nirsoft’s ProduKey untuk mencari license key yang sedang digunakan di komputer sobat.

Upgrade dari Windows 7 ke Windows 10 Gratis

Simak langkah di bawah ini.

Langkah 1: Sobat buka halaman Windows 10 di website Microsoft.

Langkah 2: Setelah halaman tersebut terbuka, sobat kemudian tekan tombol “Download tool now.” Ketika tombol ditekan, maka sebuah file .exe akan mulai didownload.

Langkah 3: Setelah download selesai, sobat kemudian jalankan file .exe tersebut.

Langkah 4: Ketika sobat sampai ke bagian yang berjudul “What do you want to do?,” sobat pilih pada opsi “Upgrade this PC now,” lalu tekan tombol “Next.”

Ketika sampai di halaman dengan judul What do you want to do? Pilih opsi Upgrade this PC now, lalu tekan tombol Next.

Langkah 5: Selanjutnya sobat tinggal biarkan software tersebut bekerja dengan sendirinya. Mudah kan?

Tambahan: Jika sobat ingin melakukan clean install, maka sobat pilih pada opsi “Create installation media.” Nanti software tersebut akan menciptakan sebuah bootable ke media yang sobat inginkan (bisa flashfisk, kaset dvd, atau file ISO).


Ketika proses upgrade berjalan, sobat bisa memilih antara ingin menyimpan semua file sobat atau menghapus semua dan menginstall Windows 10 dari nol.

Setelah proses instalasi selesai, sobat bisa cek apakah Windows 10 sobat sudah aktif atau belum dengan mengakses Settings > Update & Security > Activation screen. Di sana sobat akan melihat kalau Windows 10 sobat sudah aktif dengan lisensi digital.

Sobat tinggal akses Settings > Update & Security > Activation screen, untuk melihat Windows 10 sobat sudah aktif dengan lisensi digital.

Lalu jika sobat sign in dengan akun Microsoft sobat, lisensi itu akan tersambung dengan akun Microsoft tersebut.

Jadi kalau sobat perlu melakukan install ulang terhadap Windows 10 sobat, maka tidak perlu lagi repot-repot mengaktivasi Windows 10 sobat. Karena sobat tinggal login ke akun Microsoft tersebut dan Windows 10 otomatis langsung aktif.


Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *