Cara Shut Down Windows 10 Sobat dengan Command Prompt

By | February 10, 2020

Saya yakin kebanyakan dari sobat pasti akan menggunakan tombol “Shut down” yang ada di Start Menu untuk mematikan Windows 10 sobat.

Tetapi apakah sobat tahu, kalau sobat sebenarnya bisa mematikan Windows 10 sobat dengan menggunakan Command Prompt (cmd)?

Perintah shut down yang ada di Command Prompt tidak hanya sekedar mematikan Windows 10 sobat saja, melainkan juga memberikan banyak sekali opsi yang bisa sobat pilih.

Sobat bisa menentukan kapan komputer sobat akan melakukan shut down bahkan restart. Sobat juga bisa menuliskan pesan khusus untuk menjelaskan alasan kenapa shut down dilakukan. Dan banyak lagi perintah lainnya yang sangat berguna untuk sobat.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang perintah shut down apa saja yang bisa sobat lakukan dengan menggunakan Command Prompt.

Perintah Shut Down yang Bisa Sobat Lakukan dengan Command Prompt

1. Sobat bisa mematikan (shut down) komputer sobat dengan Command Prompt

Simak langkahnya berikut ini.

Langkah 1: Sobat jalankan dulu cmd atau Command Prompt. Sobat cukup tekan tombol Win + R di keyboard sobat. Kemudian ketik “cmd”, lalu tekan tombol “OK.”

Buka Command Prompt dengan menekan tombol shortcut Win + R lalu ketikkan cmd dan tekan tombol OK.

Langkah 2: Setelah Command Prompt terbuka, sobat cukup ketik perintah “shutdown /s” di sana.

Untuk mematikan atau shut down di Windows 10 sobat, ketik perintah shutdown /s di cmd.

Langkah 3: Kemudian sobat tinggal tekan tombol Enter di keyboard sobat. Sebuah pesan akan muncul, yang akan memberitahu ke sobat kalau dalam satu menit, komputer sobat akan dimatikan atau shut down. Sobat cukup tekan tombol “Close” dan menunggu komputer sobat dimatikan.

Sobat nanti akan mendapatkan pesan shut down yang akan dilakukan dalam satu menit.

2. Sobat juga bisa restart komputer sobat dengan menggunakan Command Prompt

Prosesnya sendiri sebenarnya kurang lebih sama seperti sobat melakukan shut down di Command Prompt, hanya perintahnya saja yang berbeda.

Ketika Command Prompt sudah terbuka, sobat cukup ketikan perintah “shutdown /r” lalu tekan tombol Enter di keyboard.

Ketik perintah shutdown /r di command prompt untuk me-restart Windows 10 sobat.

Sama seperti perintah shut down, sebuah pesan akan muncul yang mengatakan kalau dalam satu menit komputer sobat akan melaksanakan perintah restart yang telah sobat berikan.

3. Sobat juga bisa membatalkan perintah shut down atau restart di Command Prompt

Untuk sobat yang mungkin penasaran untuk mencoba perintah shut down yang ada di Command Prompt, tetapi ragu karena malas mau terus menunggu satu menit hingga komputer sobat melaksanakan perintahnya, sobat bisa membatalkan perintah tersebut.

Sobat cukup ketik perintah “shutdown /a” di Command Prompt.

Ketika tombol Enter di keyboard sobat tekan, secara otomatis perintah shut down atau restart yang tadi sobat berikan akan langsung di batalkan.

4. Sobat juga bisa mengetahui perintah lain yang dapat dilakukan di Command Prompt

Yang saya bahas di atas itu hanya tiga perintah dari banyak sekali perintah shut down lainnya yang bisa sobat gunakan di Command Prompt.

Untuk mengetahui perintah lainnya, sobat cukup ketik perintah “shutdown /?” di Command Prompt. Nantinya sobat akan mendapatkan daftar perintah seperti pada gambar di bawah ini.

Untuk mengetahui semua perintah shut down yang bisa sobat gunakan, bisa dengan mengetik shutdown /? di cmd.

Di sana juga terdapat semua penjelasan yang sobat perlukan untuk mengerti apa kegunaan dari masing-masing perintah yang ada.


Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *