Cara Mudah Mengganti MAC Address pada Komputer

By | April 23, 2019
cara mengganti MAC Address pada komputer

MAC Address bisa dibilang merupakan sebuah alamat unik yang tersimpan pada semua perangkat keras komputer yang tersambung ke internet. Alamat tersebut dibilang unik karena masing-masing perangkat keras komputer memiliki alamat yang berbeda satu sama lain.

Tetapi sebenarnya ada cara untuk mengganti MAC Address tersebut. Pada artikel saya kali ini, saya ingin membahas bagaimana cara mengganti MAC Address pada komputer dengan mudah.

Cara Mengganti MAC Address pada Komputer

Untuk mengubah MAC Address pada komputer sobat, pertama-tama saya ingin sobat untuk men-download satu buah aplikasi yang bernama Technitium MAC Address Changer. Aplikasi inilah yang nantinya akan membantu dalam proses mangganti MAC Address pada komputer sobat. Jika sudah di-download, install-lah aplikasi tersebut.

Bukalah aplikasi TMAC yang sudah sobat install sebelumnya, dan sobat nantinya akan disuguhi dengan tampilan seperti yang terlihat di bawah ini.

mengganti MAC Address pada Komputer

Untuk mengganti MAC Address, pertama-tama sobat perlu memilih driver atau apa yang ingin sobat ubah MAC Addressnya, seperti pada gambar di atas saya ingin mengubah MAC Address pada WiFi saya.

Berikutnya sobat matikan driver tersebut dengan menghilangkan centangan yang terdapat di samping driver yang sobat pilih. Hal ini bertujuan agar ketika dalam proses mengganti MAC Address, driver sobat tidak bentrok dan bermasalah.

Setelah driver sobat sudah mati, sobat kemudian isi MAC Address yang ingin sobat ubah pada kotak yang saya lingkari hijau. MAC Address yang ingin sobat ganti haruslah berawalan 02. Sobat juga bisa mengacak MAC Address dengan menekan tombol Random MAC Address.

Setelah itu tekan tombol Change Now! dan MAC Address sobat pun sukses sobat ganti.

Apabila sobat ingin mengembalikan MAC Address sobat dengan alamat sebenarnya lakukan kembali cara di atas. Ketika pada proses memasukkan MAC Address baru, sobat cukup tekan tombol Restore Original dan MAC Address sobat akan kembali ke kondisi sebelum sobat ubah.

Alasan Mengganti MAC Address

Setelah sobat tahu bagaimana cara mengubah MAC Address pada komputer, mungkin sobat bertanya-tanya apa alasan orang untuk mengganti MAC Address mereka?

Sebenarnya ada beberapa alasan, yaitu:

  1. Ketika sobat ingin mendapatkan akses internet gratis, seperti yang sobat sudah ketahui akses internet seperti @wifi.id bisa sobat akses dengan gratis apabila sobat memiliki MAC Address yang tepat.
  2. Untuk mengamankan diri sendiri, terdapat beberapa website yang sebenarnya mencatat informasi-informasi sobat ketika mengakses website tersebut, dengan mengganti MAC Address sobat, setidaknya alamat asli sobat tidak akan tercatat oleh mereka.
  3. Untuk mengakses sesuatu yang memblokir MAC Address sobat, dengan mengganti MAC Address sobat, maka sobat dapat mengakses sesuatu yang telah melarang MAC Addess lama sobat untuk mengakses hal tersebut.

Kesimpulan

Jadi untuk mengubah MAC Address pada komputer sobat sangatlah mudah, sobat hanya memerlukan aplikasi seperti TMAC untuk melakukan hal tersebut. Yang penting ketika proses mengganti MAC Address sobat, saya harapkan sobat untuk mengikuti penuh cara yang saya tulis di atas agar tidak terjadi bentrok pada driver sobat.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel yang saya tulis bermanfaat untuk sobat-sobat sekalian. Sampai jumpa lagi pada artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *