Cara Menyembunyikan (Hide) File atau Folder di Windows 10

By | November 28, 2019
Cara Menyembunyikan (Hide) File atau Folder di Windows 10

Apakah sobat pernah was-was atau khawatir ketika komputer atau laptop sobat sedang dipakai orang lain? Saya pernah merasakan yang demikian. Takut akan file atau folder pribadi diakses sama si peminjam. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara menyembunyikan (hide) file atau folder di Windows 10.

Cara Menyembunyikan (Hide) File atau Folder di Windows 10

Di atas sebenarnya sudah saya tulis bahwa pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara menyembunyikan file atau folder. Tetapi apakah benaran bisa?

Tentu baik sobat sekalian bahkan saya, tidak ingin file atau folder pribadi dilihat orang. Apalagi kalau file atau folder itu isinya barang ahem..

Nah Microsoft sebenarnya sudah memberikan fitur untuk sembunyikan file atau folder yang kita inginkan. Meskipun fitur mereka ini kurang efektif untuk orang yang jago komputer, tetapi lumayanlah buat sembunyikan file atau folder dari orang awam.

Menyembunyikan file atau folder dengan cara baru

File Explorer pada Windows 10 sudah sangat mudah sekali digunakan, bahkan untuk menyembunyikan file atau folder. Ikuti langkah berikut ini.

Pertama

Sobat buka File Explorer. Untuk membukanya bisa dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan keyboard shortcut Win + R lalu ketikkan explorer dan tekan tombol Ok. File Explorer-pun akan terbuka.

tekan shorcut keyboard Win + R lalu ketikkan explorer dan tekan tombol OK.

Kedua

Lalu kemudian sobat pilih file atau folder yang ingin sobat sembunyikan, minimal harus ada 1. Lalu block file atau folder tersebut.

Pilih file atau folder yang ingin di-hide atau sembunyikan. Block semua file dan folder tersebut.

Ketiga

Itu sobat klik atau tekan pada tab View pada File Explorer. Sobat akan menemukan pada bagian kanan sebuah tombol yang bertuliskan Hide selected items. Tekan tombol tersebut.

Klik tab View, lalu tekan pada tulisan Hide selected items untuk menyembunyikan file atau folder.

Kalau folder yang sobat pilih ada file dan folder lain di dalamnya, maka akan muncul jendela dengan judul Confirm Attribute Changes. Sobat cukup tekan tombol OK.

Akan muncul jendela bertuliskan confirm Attribute Changes, cukup tekan tombol OK.

Keempat

Selamat! File dan folder sukses sobat sembunyikan!

Sukses menyembunyikan file atau folder yang sobat inginkan.

Hide file atau folder dengan cara lama

Untuk ini adalah cara yang memang sudah ada sejak jaman Windows 7, bahkan bisa jadi lebih lama dari itu.

Pertama

Sobat buka File Explorer.

Kedua

Pilih file atau folder yang ingin di-hide. Pastikan ada minimal 1. Jika sudah ketemu, block file dan folder tersebut.

Ketiga

Klik kanan pada file atau folder yang sobat block, lalu sobat klik pada tulisan Properties yang muncul.

Klik kanan pada file atau folder yang ter-block, lalu tekan atau klik pada tulisan Properties.

Keempat

Sebuah jendela Properties akan muncul. Di sana sobat akan menemukan kotak yang di sampingnya ada tulisan Hidden. Sobat tekan atau klik kiri pada kotak tersebut. Lalu tekan tombol OK.

Jendela Properties akan muncul, tekan pada kotak bertuliskan Hidden kemudian tekan tombol OK.

Kalau folder yang sobat pilih isinya ada file atau folder lain, maka akan ada jendela yang berjudul Confirm Attribute Changes muncul. Sobat cukup tekan tombol OK.

Kelima

Selamat! Sobat berhasil hide file atau folder sobat!

Pastikan File Explorer Sobat Tidak Memunculkan File atau Folder yang tersembunyi

Tentu hal ini sangat penting, kalau tidak sobat pastikan maka semua yang sobat lakukan akan sia-sia.

Bisa langsung cek di tab View pada File Explorer

Sobat bisa langsung cek apakah File Explorer sobat memunculkan file yang terhidden pada tab View. Di sana, sobat pastikan bahwa centangkan pada kotak yang bertuliskan Hidden items tidak tercentang.

Pastikan kotak centangan bertuliskan Hidden items tidak tercentang.

Bisa juga periksa lewat Options di File Explorer

Pada tab View, sobat tekan atau klik pada tombol yang bertuliskan Options (paling ujung sebelah kanan). Sebuah jendela yang berjudul Folder Options akan muncul.

Pada tab View, tekan pada tomtol bertuliskan Options.

Di jendela tersebut, sobat klik pada tab View. Lalu pada kotak yang ada di bawah tulisan Advanced settings, sobat cari lah tulisan Don’t show hidden files, folders, or drives. Klik pada bulatan di sebelahnya. Lalu tekan tombol OK.

Pada jendela Folder Options, di tab View, pastikan Don't show hidden files, folders, or drives terpilih, lalu tekan tombol OK.

Kesimpulan

Kalau sobat khawatir ada orang yang akan melihat isi folder atau file sobat, ya cukup sembunyikan saja. Windows sendiri juga sudah punya fitur ini dari sejak dahulu kala. Meskipun tidak akan berguna untuk orang yang pandai komputer, cukup untuk mengelabui orang awam.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *