Cara Menyalakan Ultra-Low Latency Mode di VGA Nvidia

By | August 30, 2019
Cara menyalakan ultra-low latency mode di VGA nvidia

Nvidia baru-baru ini menawarkan fitur terbaru yaitu Ultra-Low Latency Mode yang ditujukan untuk para gamer yang memerlukan respon yang cepat di game mereka. Bagaimana cara mengaktifkan fitur tersebut? Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang cara menyalakan Ultra-Low Latency Mode di VGA Nvidia.

Apa itu Ultra-Low Latency Mode?

Awalnya cara kerja VGA Nvidia adalah mereka akan mengantrikan gambar untuk di-render, baru gambar tersebut ditayangkan di monitor sobat.

gambar akan diantrikan sebelum dirender

Dengan adanya mode ini, jumlah gambar yang diantrikan tadi akan dikurangi. Mode ini akan membuat gambar untuk dimasukan ke dalam antrian ketika VGA memerlukan mereka. Dengan adanya fitur ini dikatakan delay yang biasa terjadi bisa dikurangi hingga 33%.

delay berkurang ketika ultra-low latency mode dinyalakan

Fitur Ultra-Low Latency Mode ini bekerja untuk semua versi VGA Nvidia, tetapi hanya bisa di game yang memakai DirectX 9 dan 11. Untuk game yang memakai DirectX 12 dan Vulcan tidak bisa karena game-nya yang memutuskan kapan gambar itu diantrikan.

Fitur ini sendiri disarankan untuk game sobat yang lebih memerlukan kinerja GPU (GPU bound) dan FPS yang berada diantara 60 hingga 100. Karena fitur ini akan memakan lebih banyak tenaga yang akan menurunkan FPS dari game sobat.

*Perhatian : fitur ini akan menurunkan FPS pada game sobat apabila dinyalakan. Oleh karena itulah kenapa fitur ini dimatikan dari awal.

Cara Menyalakan Ultra-Low Latency Mode

Mari langsung saja kita bahas bagaimana cara menyalakan mode ini.

Pertama

Sobat perlu memiliki driver Nvidia versi 436.02 ke atas. Jika sobat belum punya driver tersebut sobat bisa download di website mereka.

Setelah sobat download driver tersebut, sobat instal driver tersebut ke komputer sobat.

Kedua

Setelah sobat sudah punya driver dengan versi yang mendukung mode ini. Kemudian yang perlu sobat lakukan adalah membuka NVIDIA Control Panel.

Untuk membukanya sendiri tidak susah, sobat hanya perlu klik kanan di dekstop sobat, kemudian pilih NVIDIA Control Panel seperti gambar di bawah ini.

klik kanan di desktop terus klik pada NVIDIA Control Panel

Ketiga

Setelah NVIDIA Control Panel terbuka. Sobat tekan Manage 3D Settings yang terdapat pada bagian kiri seperti pada panah nomor 1 yang ada pada gambar di bawah ini.

tekan Manage 3D settings di bagian kiri, terus pilih global settings (semua game) atau program settings (satu game)

Setelah itu sobat akan melihat tampilan yang mirip seperti gambar di atas. Terdapat dua pilihan yang bisa sobat pilih. Pertama apabila sobat ingin Ultra-Low Latency Mode di semua game sobat maka pilih Global Settings. Kedua sebaliknya untuk memilih game tertentu sobat pilih Program Settings.

Keempat

Setelah sobat pilih mau semua game atau hanya game tertentu, sobat kemudian cari Low Latency Mode pada daftar, seperti pada gambar di bawah ini.

Cari Low Latency Mode kemudian pilih Ultra

Jika sudah ketemu untuk menyalakannya sobat cukup ganti dari Off menjadi Ultra seperti yang sobat lihat pada gambar di atas. Kemudian sobat tekan tombol Apply.

Kelima

Selamat mode ini pun berhasil sobat nyalakan!

Kesimpulan

Ultra-Low Latency Mode ini merupakan fitur yang menurut saya lebih ditujukan untuk pemain game FPS yang perlu delay yang kecil seperti CSGO. Tentu ada kekurangan yang akan diderita oleh sobat apabila fitur ini dinyalakan, yaitu penurunan performa pada permainan sobat.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *