Cara Menutup Paksa Program yang Not Responding di Windows 10

By | November 26, 2019
Cara Menutup Paksa Program yang Not Responding di Windows 10

Apakah pernah ketika sobat lagi membuka aplikasi, lalu tiba-tiba aplikasinya hang dan akhir-akhirnya muncul pesan Not Responding? Saya pernah, kadang-kadang muncul, dan biasa munculnya di program berat untuk dijalankan. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang cara menutup paksa program yang Not Responding di Windows 10.

Cara Menutup Paksa Program yang Not Responding di Windows 10

Mari saja langsung kita bahas caranya.

Menutup paksa program dengan Alt + F4

Alt + F4 sendiri merupakan tombol shortcut untuk keyboard yang berfungsi untuk mematikan program yang sobat pilih.

Oleh karena itu, sobat harus memastikan program yang ingin sobat tutup terpilih atau aktif. Baru setelah itu menekan tombol shortcut tersebut untuk mematikan programnya.

Shortcut keyboard dapat bekerja juga untuk program yang hang atau crash atau juga Not Responding. Jadi ketika program tidak ada respon sama sekali, sobat bisa gunakan shortcut keyboard ini untuk mematikannya secara paksa.

Mematikan paksa program Not Responding dengan Task Manager

Nah kalau ini merupakan cara yang sering saya gunakan ketika game yang saya mainkan crash atau hang. Langsung saja kita bahas langkah-langkahnya.

  1. Buka Task Manager

    Tentunya untuk cara ini agar berhasil maka sobat perlu membuka Task Manager. Cara membukanya sendiri sebenarnya banyak jenis. Tetapi sobat dapat mengakses Task Manager dengan shortcut keyboard yaitu Ctrl + Shift + Esc.

    Sobat juga bisa mengakses Task Manager dengan membuka Windows Security Screen dengan menekan tombol shortcut Ctrl + Alt + Del, lalu pilih pada Task Manager.

  2. End Task program yang ingin sobat matikan

    Nah setelah Task Manager sobat buka, coba kemudian langsung cari aplikasi yang ingin sobat matikan. Setelah ketemu klik kanan dan pilih pada tulisan End Task.

    Setelah tulisan End Task sobat tekan, maka program tersebut akan dimatikan secara paksa. Hal ini juga berguna untuk program yang tidak ada respon. Salah satu cara ampuh untuk mengatasi program yang bermasalah.

    mematikan paksa program not responding dengnan task manager

Menggunakan Command Prompt atau cmd

Selain cara di atas sobat bisa juga mematikan program lewat cmd lho.

Pertama – Sobat pertama-tama buka dulu Command Prompt atau cmdnya, dan saya yakin sobat sudah sangat kenal dengan caranya.

Kedua – Kemudian sobat ketikkan tasklisk pada cmd. Perintah ini akan berguna untuk menampilkan semua program yang berjalan pada komputer sobat. Serta berapa banyak RAM yang telah digunakan oleh perangkat tersebut. Sobat cari nama program yang ingin sobat metikan.

ketik tasklist untuk memunculkan daftar program yang aktif di komputer sobat.

Ketiga – Setelah mendapatkan program yang inginkan, kemudian sobat ketik perintah taskkill /im [nama program.exe]. Jadi kalau sebagai contoh sobat pengen mematikan aplikasi Notepad, maka sobat ketikkan taskkill /im notepad.exe. Lalu sobat tekan enter untuk menjalankan perintah.

ketik taskkill /im [nama program].exe untuk mematikan program not responding dengan cmd.

Keempat – Selamat program berhasil sobat matikan dengan paksa.

Kesimpulan

Ketika program yang sedang sobat pakai tiba-tiba crash atau hang atau Not Responding, sobat janganlah khawatir. Karena dengan melakukan salah satu dari tiga cara di atas, maka sobat bisa gunakan untuk mematikan program yang tidak bisa respon tersebut.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *