Cara Menjalankan File Adobe Flash SWF di Komputer Sobat

By | August 29, 2019
Cara Menjalankan File Adobe Flash SWF di Komputer Sobat

Kebanyakan browser sudah mulai meninggalkan dukungan mereka terhadap Flash. Lalu bagaimana kalau sobat ingin memainkan game Flash atau punya file SWF yang ingin dijalankan? Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara menjalankan file SWF di komputer sobat.

Cara Menjalankan File SWF di Komputer

Mari saja langsung kita mulai bahas.

Pertama

Sobat download aplikasi Flash Player content debugger. Untuk mendapatkannya sobat bisa akses website ini.

pilih download flash player projector content debugger

Meskipun nama aplikasinya debugger, sebenarnya ini merupakan aplikasi yang bisa memainkan file SWF yang disembunyikan oleh Adobe.

Kedua

Setelah aplikasi Flash Player content debugger-nya sudah sobat download, klik dua kali file .exe-nya untuk menjalankannya. File ini sendiri tidak perlu melakukan instalasi sama sekali, atau bisa juga disebut portable.

jalankan file .exe yang sobat download

Ketiga

sobat kemudian akan mendapatkan tampilan sederhana dari jendela Adobe Flash Player seperti gambar di bawah ini. Ada dua cara yang bisa sobat lakukan untuk membuat file SWF yang sobat inginkan.

tampilan dari adobe flash player untuk menjalankan file flash atau SWF

Yang pertama. Sobat bisa langsung saja tarik file SWF yang sobat inginkan langsung menuju jendela Adobe Flash Player seperti gambar di atas. Nantinya aplikasi tersebut akan langsung menjalankan file yang sobat tarik ke sana.

Yang kedua. Sobat bisa klik pada tab File kemudian sobat tekan Open. Nanti akan muncul jendelan dengan judul Open seperti gambar di atas. Sobat dapat menuliskan alamat website yang Flash-nya ingin sobat mainkan seperti gambar di atas. Tentu saja dengan mengakses tombol Browse sobat dapat mencari file SWF yang terdapat di komputer sobat untuk dimainkan di sana.

Keempat

Setelah file SWF atau Flash yang sobat inginkan sudah dijalankan, sobat bisa perbesar ukuran jendela pada Adobe Flash Player apabila jendela yang dihasilkan terlalu kecil.

Sobat juga bisa klik kanan pada jendela Adobe Flash Player untuk mengakses menu-menu yang biasa sobat bisa temukan di browser sobat ketika memainkan Flash.

Kelima

Selamat menikmati game Flash sobat!

game flash yang dijalankan tanpa perlu browser sama sekali

Dengan aplikasi ini, sobat tidak perlu khawatir tidak ada aplikasi yang bisa menjalankan file SWF sobat. Aplikasi ini nantinya akan tetap berjalan dimasa depan. Sangat berguna sekali buat sobat-sobat yang perlu sekali aplikasi yang berfungsi sebagai Flash Player.

Kesimpulan

Meskipun banyak browser yang mengatakan bahwa mereka tidak akan melanjutkan dukungan untuk Flash Player lagi, tetapi sobat tidak perlu khawatir. Ternyata ada aplikasi dari Adobe sendiri yang memiliki fungsi untuk memainkan file SWF ataupun Flash yang sobat inginkan.

Sekian artikel saya sampai di sini, semoga artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya yang berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *