Cara Mengubah Tampilan Command Prompt (cmd)

By | September 6, 2019
Cara Mengubah Tampilan Command Prompt (cmd)

Apakah pernah sobat melihat tampilan Command Prompt atau cmd di komputer orang berbeda dari punya sobat? Misalnya latarnya warna putih, dengan tulisan yang berwarna hitam? Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara mengubah tampilan Command Prompt atau cmd di komputer sobat.

Apa itu Command Prompt atau cmd?

Command Prompt atau cmd adalah salah satu aplikasi bawaan dari Windows yang memang sudah sejak lama ada. Aplikasi ini sendiri hanya memiliki tampilan berupa tulisan saja.

Dengan menggunakan aplikasi ini sendiri, sebenarnya sobat bisa melakukan banyak hal asalkan sobat tahu perintah yang diperlukan. Sobat bisa mengaktifkan hotspot di laptop sobat, atau bahkan sobat bisa tahu password Wi-Fi yang terdapat di komputer sobat.

Baca juga : Cara Mengetahui Password Wi-Fi yang Ada di Windows

Cara Mengubah Tampilan Command Prompt (cmd)

Apa faedahnya mengubah tampilan dari cmd ini? Sebenarnya sih cuma buat merubah tampilan cmd dari yang biasa latar hitam dengan warna font putih, bisa menjadi warna yang lain. Cuma mempercantik tampilan cmd itu sendiri. Langsung saja kita bahas.

Pertama

Sobat buka Command Prompt atau cmd melalui Start Menu, ataupun melalui shortcut Win + r kemudian ketikkan cmd.

Kedua

Setelah berhasil dijalankan, berikutnya sobat cukup klik kanan pada bagian atas Command Prompt. Nantinya akan muncul banyak sekali pilihan yang bisa sobat pilih seperti gambar di bawah ini.

klik kanan di cmd untuk memunculkan banyak menu. kemudian tekan properties

Sobat kemudian tekan Properties yang berada pada pilihan paling bawah.

Ketiga

Nanti akan muncul jendela Properties seperti pada gambar di bawah ini.

tampilan properties pada command prompt

Kemudian sobat arahkan ke tab Font. Pada tab tersebut sobat akan menemukan pengaturan untuk ukuran font dan jenis font yang sobat bisa ubah.

tab font pada jendela properties untuk mengatur ukuran dan jenis font di command prompt

Jika sobat ingin mengubah ukuran font ganti angka pada tulisan Size. Jika sobat ingin mengubah jenis font maka sobat pilih kumpulan font yang berada pada tulisan Font.

Keempat

Kemudian sobat akses tab Colors. Tab inilah yang akan bertanggung jawab untuk mengubah tampilan warna pada cmd sobat.

Untuk mengubah warna tulisan pada cmd, sobat pilih tulisan Screen Text, lalu pilih warna yang sobat inginkan.

Setelah itu untuk mengubah warna latar pada cmd, sobat cukup pilih tulisan Screen Background dan lalu pilih warna yang sobat inginkan.

contoh pilih hitam pada screen text
contoh pilih putih untuk screen backrground

Sebagai contoh saya akan memilih warna hitam untuk Screen Text, dan warna putih untuk Screen Background.

Setelah itu sobat tekan tombol OK.

Kelima

Langkah berikutnya sobat tinggal buka ulang Command Prompt atau cmd sobat. Setelah sobat buka ulang maka semua pengaturan yang sobat lakukan pada langkah sebelumnya baru akan nampak seperti gambar di bawah ini.

hasil tampilan cmd yang sudah berubah warnanya

Keenam

Selesai! Sobat berhasil mengganti tampilan dari Command Prompt atau cmd sobat!

Kesimpulan

Command Prompt atau cmd adalah aplikasi bawaan yang sudah lama ada di semua versi Windows. Secara default tampilan cmd akan berupa latar hitam dengan tulisan putih yang membosankan. Dengan melakukan langkah di atas, maka sobat akan bisa mengubah tampilan menjadi lebih baik sesuai dengan keinginan sobat.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *