Cara Menginstall WordPress di Komputer dengan XAMPP

By | August 12, 2019
Cara Menginstall Wordpress di Komputer dengan XAMPP

Apakah sobat mengalami sebuah kesulitan ketika mencoba untuk menginstall Wordress di komputer sobat? Berarti kita senasib sobat. Saya sendiri pernah mengalami kesulitan tersebut, dan akhirnya berhasil memasang WordPress di komputer saya. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi mengenai bagaimana cara menginstall WordPress di komputer dengan XAMPP.

Peralatan yang Diperlukan

Tetapi sebelum itu sob, saya ingin sobat untuk mengunduh / mendownload beberapa hal terlebih dahulu. Jika sobat sudah memilikinya bisa langsung lanjut ke tahap berikutnya.

Saya ingin sobat mendownload:

  • WordPress-nya itu sendiri. Sobat bisa download langsung di sini. Uda saya siapin.
  • XAMPP. Yang akan digunakan untuk membuat sebuah server di komputer kita. Bisa sobat download langsung di sini. Juga udah saya siapin linknya.
  • Browser yang biasa dipakai buat akses website.

Hanya tiga file itu saja sih, untuk wordpress-nya memiliki ukurang sekitar 7MB-an, sedangkah untuk XAMPP-nya agak gede di kisaran 149MB, jadi siapkan kuota sobat ya.

Cara Menginstall WordPress di Komputer dengan XAMPP

Setelah sobat sudah memiliki file yang saya suruh download sebelumnya, mari kita langsung saja mulai.

Pertama

Sobat install XAMPP yang sudah sobat download sebelumnya. Pastikan ketika proses install jangan lupa sobat centang minimal Apache dan phpMyAdmin karena dua benda itu penting buat memasang WordPress.

Untuk direktori atau folder tempat XAMPP-nya di-install, biarkan default saja yaitu di C:\xampp. Kalau mau install di tempat lain tidak masalah, yang penting sobat ingat di mana sobat install itu XAMPP.

Kedua

Setelah XAMPP sobat install kemudian jalankan XAMPP-nya. Nanti akan muncul sebuah jendela program XAMPP. Kemudian sobat tekan tombol start pada Apache dan juga MySQL seperti gambar di bawah ini. Sobat akan perlu melakukan langkah ini terus ketika ingin mengakses WordPress-nya di komputer sobat.

ketika XAMPP sudah dijalankan, tekan tombol start pada Apache dan MySQL.

Ketiga

Kemudian buka browser yang biasa sobat pakai kemudian akses localhost/phpmyadmin/ untuk membuat database-nya.

nama database terserah sobat, yang penting diingat saja.

Setelah itu sobat buka / tekan tab Database dan sobat buat sebuah database baru dengan nama yang sobat inginkan dan sebelahnya set ke utf8_general_ci.

*Catatan : sobat harus ingat nama database yang baru saja sobat buat.

Keempat

Selanjutnya sobat ekstrak file .zip Wordpess (wordpress-5.2.2.zip) yang sudah sobat download tadi ke C:\xampp\htdocs.

Nantinya yang akan sobat lihat pada folder C:\xampp\htdocs adalah sebuah folder yang bernama wordpress. Ketika sobat akses folder wordpress tersebut, sobat akan menemukan folder dengan nama seperti wp-admin, wp-content, wp-includes beserta file-file lainnya.

Kelima

Setelah file WordPress-nya sudah sobat ekstrak, kemudian kita kembali lagi ke browser yang sobat pakai buat akses phpMyAdmin tadi.

Sobat kemudian akses localhost/wordpress. Nanti akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Sobat kemudian tekan tombol Let’s go! yang berada pada bagian bawah.

sobat akses localhost/wordpress. Kemudian tekan tombol Let's go!

Keenam

Setelah tombol Let’s go! sobat tekan, nantinya sobat akan dihadapkan dengan tampilan seperti gambar di bawah ini.

database name isikan dengan nama database yang sobat buat barusan. Sisanya samakan saja.

Sobat kemudian isi Database Name dengan nama database yang sobat buat tadi dilangkah ketiga. Untuk sisanya seperti Username, Password, dan lain-lain samakan saja dengan gambar di atas. Kemudian setelah itu sobat tekan tombol Submit.

Ketujuh

Tampilan seperti gambar di bawah ini akan muncul apabila sobat sukses melakukan koneksi dengan database (langkah keenam). Jika sukses sobat tinggal lanjut dengan menekan tombol Run the installation.

jika koneksi ke database sukses (langkah keenam), sobat tekan tombol Run the installation.

Jika koneksi sobat gagal maka nanti akan muncul sebuah pesan error. Itu berarti sobat mengalami kesalahan pada langkah keenam.

Kedelapan

Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini setelah tombol Run the installation sobat tekan.

pada bagian ini isi saja sesuai yang sobat inginkan. Yang penting username, password jangan lupa.

Pada bagian ini sudah masuk ke bagian konfigurasi wordpress itu sendiri. Makanya sobat akan diminta untuk memasukan hal-hal seperti:

  • Site Title, yang berarti nama website sobat.
  • Username, username yang akan sobat pakai buat login ke WordPressnya.
  • Password, password yang akan sobat pakai buat login.
  • Your Email, tidak penting harusnya. Toh juga offline

Sobat isi saja sesuai kemauan sobat. Jika sudah terisi semua, sobat kemudian tekan tombol Install WordPress yang berada di bagian bawah.

*Catatan : sobat harus ingat username sama password yang sobat isikan di bagian ini. Lucu ceritanya kalau sobat lupa username dan password ketika diminta login untuk pertama kali.

Kesembilan

Tunggu proses install yang dilakukan oleh WordPress. Harusnya proses install hanya sebentar saja. Setelah proses install telah selesai, maka akan muncul pesan instalasi sukses seperti gambar di bawah ini.

instalasi wordpress ke komputer sobat pun sukses dengan lancar sentosa aman sampai tujuan.

Sobat cukup tekan tombol Log in yang akan melempar sobat ke halaman login ke WordPress. Isikan username dan password yang sobat isi pada langkah kesembilan di halaman log in tersebut.

Kesepuluh

Selamat! WordPress sudah terinstall di komputer sobat! Jangan lupa setiap kali ingin mengakses bagian backend-nya WordPress sobat cukup akses localhost/wordpress/wp-admin saja.

Kesimpulan

Memasang WordPress di komputer sobat itu mudah sebenarnya. Asalnya sobat tidak membuat kesalahan pada langkah keenam, maka proses install akan berjalan dengan lancar.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya, dan selamat menikmati WordPress di komputer sobat 🙂

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *