Cara Menghentikan Windows dari Mematikan Perangkat USB

By | September 14, 2019
Cara Menghentikan Windows dari Mematikan Perangkat USB

Salah satu fitur windows yang sobat pakai adalah mematikan perangkat USB yang tidak digunakan. Apakah sobat merasa fitur tersebut malah mengganggu dan ingin sobat matikan? Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tetang cara menghentikan Windows dari mematikan perangkat USB.

Apa Tujuan dari Fitur Windows Ini?

Gampangnya sih adalah untuk menghemat penggunaan baterai pada laptop sobat. Windows akan secara otomatis menghentikan perangkat USB sobat ketika sedang tidak digunakan. Sehingga tidak ada pasokan listrik yang akan dialirkan ke perangkat USB sobat.

Tetapi fitur ini kadang-kadang mungkin akan menyebabkan masalah pada perangkat USB sobat. Terlebih lagi terhadap perangkat USB yang sensitif terhadap putusnya aliran listrik secara tiba-tiba.

Cara Menghentikan Windows dari Mematikan Perangkat USB

Oleh karena itu, apabila sobat ingin sekali mematikan fitur ini maka ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Pertama

Sobat buka Control Panel. Bisa sobat buka lewat Start Menu seperti biasa, atau juga bisa sobat buka lewat Win + R lalu ketikkan Control Panel di sana.

Kedua

Setelah Control Panel sudah sobat buka, selanjutnya sobat tekan pada tulisan Hardware and Sound. Jika sobat tidak tahu maka sobat bisa lihat pada gambar di bawah ini.

pilih Hardware and Sound di Control Panel

Ketiga

Sobat akan dibawa masuk lebih dalam ke menu Hardware and Sound. Sobat berikutnya tekan tulisan Power Options atau seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Pilih Power Options di menu Hardware and Sound

Keempat

Kemudian sobat tekan tulisan Change plan settings yang berada tepat di samping power plan yang sobat gunakan. Biasanya power plan yang aktif tulisannya akan ter-bold seperti gambar di bawah ini.

pilih Change plan settings pada power sobat yang aktif (tulisan bold)

Kelima

Setelah itu sobat tekan tulisan Change advanced power settings, seperti gambar di bawah ini. Nantinya akan muncul sebuah jendela baru.

sobat pilih change advanced power settings

Keenam

Kemudian pada jendela Power Options yang muncul, sobat cari tulisan USB settings di sana. Ketika sudah ketemu, sobat tekan tombol + yang berada di samping tulisan tersebut. Nanti sobat akan menemukan tulisan USB selective suspend setting, tekan lagi tombol +.

Ketujuh

fitur mematikan perangkat USB masih aktif

Nantinya sobat akan menemukan tulisan seperti gambar di atas yang bertuliskan Plugged in dan On battery (jika sobat pakai laptop). Berikutnya sobat cukup ubah tulisan Enabled menjadi Disabled seperti gambar di bawah ini.

fitur mematikan perangkat USB disabled, tekan OK

Setelah selesai, kemudian sobat tekan tombol OK.

Kedelapan

Selamat! Akhirnya sobat berhasil membuat perangkat Windows sobat untuk tidak lagi sembarangan mematikan perangkat USB sobat!.

Kesimpulan

Fitur mematikan perangkat USB di Windows sebenarnya berguna untuk menghemat baterai pada laptop sobat. Tetapi terkadang akan berbahaya untuk perangkat USB yang sensitif akan hal tersebut. Untungnya fitur tersebut gampang untuk dimatikan dengan cara di atas.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *