Cara Menghentikan Autoplay Video di Beranda Aplikasi YouTube

By | January 23, 2020
Cara Menghentikan Autoplay Video di Beranda Aplikasi YouTube

YouTube sudah lumayan lama memperkenalkan fitur autoplay video di beranda aplikasi YouTube, harusnya sih hampir dua tahun yang lalu. Fitur ini sendiri sangat menyebalkan dan untungnya bisa dimatikan pada pengaturan di aplikasi YouTube.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang cara menghentikan autoplay video di beranda aplikasi Youtube pada perangkat Android sobat.

Apa itu Fitur Autoplay Video di Beranda Aplikasi YouTube?

Apakah sobat pernah mengarahkan kursor mouse di komputer sobat ke salah satu thumbnail di YouTube? Normalnya, ketika kursor mouse mengarah ke thumbnail, maka YouTube akan otomatis memutar beberapa detik isi video di thumbnail tersebut.

Nah itulah yang coba YouTube lakukan di aplikasi mereka pada perangkat mobile seperti Android. Ketika sobat sedang mengakses halaman beranda, berhenti saja sejenak maka video yang ada di layar sobat akan langsung otomatis berjalan tanpa suara.

Masalahnya terletak di video yang terputar itu tidak langsung berhenti setelah beberapa detik seperti di komputer. Video tersebut akan terus diputar hingga selesai, tanpa ada suara, dan dengan ukuran layar yang kecil.

Meski saya yakin ada beberapa orang yang akan suka akan fitur ini, ada beberapa hal penting yang harus sobat ketahui tentang fitur ini, antara lain:

  • Jika sobat pengguna internet dengan kuota, maka siap-siap untuk kuota sobat terkuras hingga habis karena fitur ini.
  • Fitur ini boros baterai. Masuk akal karena video akan otomatis diputar ketika sobat berhenti di beranda untuk beberapa waktu.
  • Ketika sobat sudah memutuskan untuk menonton video, sobat harus nonton lagi dari awal dengan suara tentunya.
  • Jika sobat menonton video yang diputar otomatis terlalu lama di beranda sobat (kurang lebih 10 detik), maka video itu akan ditambahkan ke daftar history video sobat. Hal ini tentu akan mempengaruhi rekomendasi video oleh YouTube.

Menghentikan Autoplay Video di Beranda Aplikasi YouTube

Simak langkah berikut ini untuk menghentikan autoplay video di aplikasi YouTube.

Langkah 1: Sobat buka dulu aplikasi YouTube di perangkat Android sobat. Bukanya lewat app drawer, tempat di mana semua aplikasi yang terpasang di perangkat sobat dapat ditemukan.

Langkah 2: Kemudian sobat tekan pada foto profil sobat yang ada pada pojok kanan atas di aplikasi YouTube untuk masuk ke menu pengaturan akun sobat.

Tekan foto profil di pojok kanan atas aplikasi untuk membuka menu pengaturan akun.

Langkah 3: Masuk dalam menu tersebut, sobat kemudian tekan pada menu Settings. Letaknya ada di paling bawah.

Masuk ke menu pengaturan akun, kemudian tekan pada menu Settings.

Langkah 4: Di dalam menu Settings, sobat kemudian tekan pada menu General yang terletak pada bagian paling atas untuk masuk ke menu General.

Masuk dalam menu Settings, berikutnya tekan pada menu General.

Langkah 5: Di dalam menu General, sobat akan menemukan sebuah menu yang bernama “Muted playback in feeds.” Sobat tekan pada menu tersebut.

Masuk ke menu General, kemudian tekan pada menu yang bernama "Muted playback in feeds."

Langkah 6: Sebuah jendela dengan tiga buat opsi akan muncul. Setiap opsi tersebut punya fungsi masing-masing, antara lain:

  • Always on, artinya video yang ada di beranda sobat akan otomatis diputar di jaringan apapun sobat berada. Opsi ini sangat tidak cocok kalau sobat menggunakan kuota untuk mengakses internet.
  • Wi-Fi only, artinya video hanya akan otomatis diputar jika sobat sedang berada di jaringan Wi-Fi. Sangat cocok buat sobat yang sehari-harinya menghabiskan waktu di ruangan dengan jaringan Wi-Fi.
  • Off, sesuai namanya, ini adalah opsi untuk mematikan fitur autoplay video di beranda.
Pada jendela yang muncul, kemudian tekan opsi Off untuk mematikan fitur autoplay video di beranda aplikasi YouTube.

Karena kita sedang membahas cara mematikan fitur ini, maka jelas opsi yang akan dipilih adalah Off. Dan dengan begitu sobat berhasil mematikan fitur autoplay video di beranda aplikasi YouTube sobat.


Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *