Cara Menghemat Baterai Laptop di Windows 10

By | September 14, 2019
Cara Menghemat Baterai Laptop di Windows 10

Pasti sobat pernah ketika mau nyelesaikan tugas di luar rumah dengan laptop sobat dapat kejadian mati lampu, atau colokan listriknya penuh. Sobat pasti bingung ketika dihadapi oleh cobaan tersebut. Tenang saja pada kesempatan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara menghemat baterai laptop di Windows 10.

Cara Menghemat Baterai Laptop di Windows 10

1. Aktifkan fitur Battery Saver Mode di Windows 10 untuk menghemat baterai

Seperti namanya Battery Saver Mode adalah salah satu fitur yang ada di Windows 10 untuk menghemat baterai di laptop sobat.

Jika sobat tidak ingin pusing untuk memperpanjang waktu pakai laptop sobat, cukup aktifkan saja fitur ini. Sebenarnya secara default Windows 10 akan mengaktifkan fitur ini ketika baterai sobat berada di bawah 20 persen. Tetapi sobat bisa aktifkan secara manual ketika didekat sobat tidak ada colokan listrik.

Untuk mengaktifkan fitur ini sendiri mudah.

Pertama – sobat cukup tekan logo baterai yang ada pada bagian kanan bawah layar monitor sobat. Nantinya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

tekan logo baterai, lalu tarik garis hingga ke kiri untuk mengaktifkan battery saver

Kedua – sobat bisa lihat ada garis yang bisa sobat tarik seperti gambar di atas. Sobat cukup tarik ke paling kiri dan Battery Saver Mode-pun akan langsung aktif.

2. Kurangi cahaya di layar sobat untuk menghemat baterai

Sebenarnya salah satu penyebab baterai di perangkat sobat cepat habis adalah di layar perangkat sobat. Dengan mengurangi tingkat kecahayaan layar perangkat sobat akan sangat menghemat baterai sobat.

Pada kebanyakan laptop, sobat cukup menekan tombol shortcut yang ada pada keyboard laptop sobat. Biasanya tombol tersebut adalah Fn + tombol cahaya (biasa panah kiri, kanan).

Sobat juga bisa mengecilkan cahaya layar sobat lewat Windows 10.

Bisa lewat Action Center dengan menekan tombol notifikasi yang ada di pojok kanan bawah layar, kemudian tarik garis cahaya ke paling kiri.

mengatur cahaya layar lewat action center untuk menghemat baterai

Atau bisa juga lewat Settings > System > Display, kemudian tarik garis cahaya ke paling kiri.

mengatur cahaya untuk menghemat baterai juga bisa lewat settings

3. Periksa aplikasi apa yang pakai baterai paling banyak di Windows 10

Sobat bisa melihat aplikasi mana yang paling banyak memakai baterai di Windows 10. Windows 10 akan melacak penggunaan CPU setiap waktu pada aplikasi yang ada lalu dibuat daftarnya.

Untuk mengakses daftar tersebut bisa sobat lakukan melalui Settings > System > Battery > See which apps are affecting your battery life. Nanti akan muncul tampilan yang akan menunjukkan sobat aplikasi mana yang memakai baterai paling besar.

daftar aplikasi yang memakan baterai paling banyak

Bukan berarti aplikasi yang memakai baterai paling besar itu buruk. Karena aplikasi yang paling banyak sobat pakai maka pemakaian baterainya juga pasti besar. Daftar ini lebih untuk agar sobat bisa mencari aplikasi pengganti yang pemakaian baterainya lebih ringan.

4. Matikan layar dan tidurkan laptop sobat lebih awal

Karena layar itu memakan baterai paling besar, maka penting untuk tidak membiarnya layar menyala lebih lama dari yang diperlukan. Sobat bisa mengatur laptop sobat untuk Sleep lebih cepat ketika sobat tidak gunakan. Atau setidaknya mematikan layar lebih cepat ketika tidak digunakan.

Untuk bagian ini tidak akan membantu sobat menghemat baterai apabila sobat gunakan laptop sobat terus menerus. Tetapi dengan cara ini sobat bisa mengurangi baterai yang terbuang sia-sia karena layar sobat masih menyala ketika tidak sobat gunakan.

Untuk mengaturnya sobat bisa akses Setings > System > Power & Sleep. Sobat atur saja berapa lama setelah sobat tidak pakai laptop sobat.

power & sleep di settings

5. Jalankan Power Troubleshoot di Windows 10

Pada Windows 10, tersedia Power Troubleshoot yang bisa sobat jalankan. Ketika dijalankan Windows kemudian akan memeriksa masalah yang biasanya akan memakan baterai laptop sobat dan langsung memperbaikinya

Untuk menjalankan Troubleshoot ini sendiri bisa lewat Settings > Update & Security > Troubleshoot. Lalu sobat pilih Power dan tekan tombol Run the troubleshooter.

menjalankan power troubleshooter lewat settings untuk menghemat baterai

Setelah dijalankan maka Windows akan langsung memeriksa masalah yang mungkin akan memakan banyak baterai sobat dan memperbaikinya. Cara ini adalah cara cepat untuk memeriksa apakah laptop sobat sudah optimal dalam penggunaan baterai tanpa perlu pusing.

hasil power troubleshoot yang dilaksanakan di Windows 10

6. Hibernate dibandingkan Sleep

Ketika laptop sobat memasuki mode Sleep atau tidur, sebenarnya masih memakan baterai dalam jumlah yang sedikit. Energi itu digunakan untuk tetap membiarkan RAM yang menampung kondisi Windows agar tetap hitup. Sehingga sobat bisa langsung melanjutkan apa yang sobat tinggal dalam waktu beberapa detik.

Nah Hibernate ini cara kerjanya seperti Sleep tetapi tidak ada energi yang dipakai sama sekali. Hanya saja ketika sobat ingin melanjutkan kembali pekerjaan sobat, waktu yang diperlukan akan jauh lebih lama dibandingkan dengan Sleep.

melakukan hibernate dengan menekan tombol power di start menu lalu pilih hibernate

Jika sobat tidak berencana menggunakan laptop sobat dalam waktu beberapa jam maka Hibernate lebih disarankan. PIlihan Hibernate sendiri dimatikan secara default di Windows 10, maka dari itu perlu sobat aktifkan terlebih dahulu.

7. Matikan Bluetooth dan perangkat keras lain yang tidak digunakan

Perangkat keras yang aktif tetapi tidak sobat gunakan hanya akan menggunakan sia-sia baterai sobat. Contohnya seperti Bluetooth yang ada di laptop. Kalau sobat tidak pernah pakai maka matikan saja Bluetooth tersebut.

Untuk mematikan Bluetooth sendiri di Windows 10 bisa lewat Setings > Devices > Bluetooth & other device. Lalu atur Bluetooth menjadi Off.

mematikan bluetooth lewat settings

Sobat juga bisa mematikan Wi-Fi sobat kalau memang sobat berada di tempat yang tidak ada Wi-Fi. Dan jika sobat lagi tidak perlu menggunakan jaringan tanpa kabel apapun, sobat bisa nyalakan Airplane Mode di Windows 10 yang akan mematikan semua jaringan tanpa kabel di laptop sobat.

Sobat bisa aktifkan Airplane Mode di Action Center yang bisa sobat akses dengan menekan logo notifikasi yang berada pada bagian kanan bawah layar sobat.

mengaktifkan airplane mode lewat action center

Kesimpulan

Banyak sekali hal-hal yang mempercepat penggunaan baterai laptop sobat. Hal itu akan menyusahkan sobat ketika sobat lagi perlu tetapi tidak ada colokan listrik didekat sobat. Dengan beberapa cara di atas bisa sobat terapkan untuk menghemat baterai laptop sobat sehingga bisa digunakan lebih lama.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *