Cara Menghapus Windows.old dari Komputer

By | August 29, 2019
Cara menghapus windows.old dari komputer

Pernahkah sobat melihat folder Windows.old pada drive C sobat seperti gambar di bawah ini? Sebenarnya apa sih guna dari folder tersebut? Bagaimana cara menghapusnya?

Folder Windows.old yang terdapat pada local disk C

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas sedikit tentang apa itu folder Windows.old dan tentunya cara menghapus folder tersebut dari komputer sobat.

Apa itu Windows.old?

Pada dasarnya, folder Windows.old ini adalah sebuah folder backup yang otomatis dibuat oleh Windows. Folder ini akan otomatis tercipta apabila sobat melakukan upgrade pada Windows sobat. Upgrade sendiri terdiri dari misal dari Windows 7 ke Windows 10, ataupun update besar pada Windows 10 yang terjadi setiap 2 musim sekali.

Nah ketika upgrade atau update tersebut terjadi, maka Windows sendiri akan otomatis menciptakan folder tersebut.

Apa sebenarnya fungsi dari folder Windows.old?

Saya yakin ketika sobat membaca tulisan saya di atas, sobat pasti sudah punya gambaran tentang apa fungsi dari folder tersebut.

Pada dasarnya folder tersebut ada, supaya apabila sobat merasa tidak puas dengan upgrade atau update yang sobat lakukan pada komputer sobat, sobat bila kembali ke versi sebelumnya.

Baca juga : Cara Melakukan Roll Back di Windows 10

Cara Menghapus Windows.old dari Komputer

Apabila sobat tidak ingin kembali lagi ke versi sebelumnya dari Windows sobat, maka saya sendiri sarankan untuk sobat hapus folder tersebut.

Alasannya? Karena foldernya memakan banyak memori di harddisk.

Tapi menghapus folder tersebut tidak bisa langsung main tekan tombol Delete saja. Perlu langkah-langkah khusus untuk benar-benar menghapusnya. Mari langsung saja kita bahas.

Pertama

Sobat buka aplikasi Disk Cleanup. Aplikasi itu sendiri bawaan dari Windows, jadi sobat bisa temukan aplikasi tersebut dengan mengetik nama Disk Cleanup pada pencarian di Start menu.

buka disk cleanup yang bisa sobat cari di start menu

Kedua

Setelah aplikasinya sobat buka, pertama kali pasti sobat akan dihadapkan dengan tampilan seperti gambar di bawah ini. Tampilan dengan judul Disk Cleanup : Drive Selection.

memilih drive yang akan dihapus. normalnya pilih local disk C

Seperti namanya tampilan itu akan meminta sobat untuk memiliki drive mana yang ingin sobat bersihkan. Normalnya Windows.old akan terdapat pada drive C, maka sobat pilih drive C kemudian tekan tombol OK.

Ketiga

Setelah tombol OK ditekan, maka Disk Cleanup akan melakukan proses scanning atau pencarian terhadap file-file yang bisa dibersihkan.

Setelah proses scanning selesai maka sobat akan melihat banyak sekali file yang bisa dihapus seperti gambar di bawah ini.

daftar file yang bisa dihapus

Sobat kemudian cari tulisan Previous Windows installation(s) seperti gambar di atas.

Keempat

Pastikan sobat hapus centang pada hal yang lain apabila sobat hanya ingin menghapus Windows.old. Jika sobat ingin menghapus hal yang lain, silahkan beri centang, yang penting ingat resiko tanggung sendiri.

Setelah sobat menemukan Previous Windows installation(s), kemudian sobat beri centang yang berada pada bagian kiri tulisan tersebut.

Setelah semua sudah sobat centang, kemudian sobat tekan tombol OK. Disk Cleanup kemudian akan memulai proses pembersihan atau pemusnahan(?) atau penghapusan terhadap Windows.old.

Kelima

Selamat! Folder Windows.old sukses sobat hapus. Lumayan loh memori yang sukses sobat bersihkan.

Kesimpulan

Windows.old itu backup otomatis yang dilakukan oleh Windows ketika terjadi proses upgrade atau update besar. Fungsinya supaya sobat bisa roll-back ketika sobat tidak puas dengan upgrade atau update yang sobat lakukan. Tetapi kalau sobat merasa puas maka folder ini pun bisa dihapus dengan langkah di atas.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya berharap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *