Cara Mengganti Password di Windows 10 Sobat

Cara Mengganti Password di Windows 10 Sobat

Password merupakan salah satu sistem keamanan yang sering digunakan di mana-mana, tentu saja juga digunakan di Windows 10. Oleh karena itu terkadang perlu untuk mengganti password secara rutin biar lebih aman. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengganti password di Windows 10.

Mengganti Password di Akun Microsoft Sobat Lewat Setttings

Jika sobat login ke Windows 10 sobat dengan menggunakan akun Microsoft sobat, maka sobat bisa mengganti password melalui Settings. Proses ini tentu saja akan memerlukan koneksi internet karena yang sobat ganti merupakan password dari akun yang sobat gunakan.

Pertama

Sobat buka Settings yang ada di Windows 10. Sobat bisa buka seperti biasa melalui Start Menu atau dengan shortcut keyboard Win + I.

Kedua

Setelah Settings terbuka, maka sobat tekan menu Accounts seperti gambar di bawah ini untuk mengakses menu yang diperlukan di langkah berikutnya.

pilih Accounts di Settings

Ketiga

Kemudian sobat akses menu Sign-in options dan sobat tekan pada bagian Password seperti gambar di bawah ini.

Tekan Sign-in options lalu Password untuk mengganti password

Nanti akan muncul tombol dengan tulisan Change, sobat tekan tombol tersebut. Setelah tombol ditekan maka proses mengganti password pun akan dimulai.

Keempat

Sobat ikuti langkah-langkah yang muncul untuk proses verifikasi bahwa sobat merupakan pemilik akun Microsoft sobat. Lamanya proses akan tergantung dari seberapa banyak keamanan yang sobat pasang pada akun sobat.

Kelima

Setelah sobat sudah terverifikasi, maka akan muncul tampilan di bawah ini. Di sini, sobat akan diminta untuk memasukkan password lama sobat (1), dan password baru yang sobat inginkan (2).

isi password pada kolom yang disediakan lalu tekan tombol Next

Jika sudah sobat isi, maka sobat cukup tekan tombol yang beruliskan Next (3).

Keenam

Proses pergantian password pun selesai.

Ganti Password Akun Microsoft Sobat Lewat Browser

Untuk yang ini masih tentang akun Microsoft yang sobat gunakan. Tetapi bedanya sobat bisa mengganti password akun sobat langsung lewat browser yang sobat gunakan sekarang.

Langkahnya sebenarnya mudah saja, jadi langsung saja ikuti langkah di bawah ini.

Pertama

Sobat akses dan login ke akun Microsoft sobat lewat browser apapun yang sobat inginkan di sini.

Kedua

Jika sudah sukses login ke akun sobat, sobat tekan tab Security. Lalu sobat cari tulisan Change password. Di sana akan ada tombol yang bertuliskan Change >, sobat tekan tombol itu.

Tekan tab Security lalu Change > pada bagian Change password untuk mengganti password

Ketiga

Setelah itu akan muncul tampilan di bawah ini. Sobat cukup mengisi password lama sobat di kolom nomor 1. Lalu password baru di kolom nomor 2. Dan ulangi password baru sobat di kolom nomor 3.

isi password lama, password baru, lalu password baru lagi habis itu tekan Save

Habis itu sobat tekan tombol Save apabila sobat sudah mengisi semua kolom yang diperlukan.

Keempat

Proses pergantian password pun selesai!

Mengganti Password Akun Lokal Sobat

Untuk langkah ini khusus untuk sobat yang tidak login ke Windows 10 sobat dengan akun Microsoft. Langkah ini juga cocok buat sobat yang lupa sama password yang sobat gunakan di komputer sobat.

Pertama

Sobat tekan tombol Reset password. Tombol ini akan muncul ketiga sobat salah memasukkan password yang benar. Salah satu fitur yang berguna apabila sobat lupa akan password yang sobat gunakan.

Tekan Reset password untuk mengganti password

Kedua

Kemudian akan muncul tiga pertanyaan keamanan untuk verifikasi. Pertanyaan ini sama dengan pertanyaan yang sobat pilih dan isi ketika sobat selesai melakukan proses install Windows 10.

Jawab pertanyaan keamanan untuk verifikasi sobat sebagai pemilik

Maka dari itu, ada kemungkinan pertanyaan yang sobat dapatkan akan berbeda dari gambar di atas. Tentu saja sobat yang pilih pertanyaan itu maka pasti sobat tahu jawabannya.

Ketiga

Jika sobat sudah selesai mengisi pertanyaan tersebut dengan benar maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Isi password baru lalu isi lagi password baru

Sobat cukup isi password baru sobat di kolom nomor 1. Lalu isi lagi password baru sobat di kolom nomor 2.

Keempat

Jika sudah sobat masukkan maka selamat! Password sobat berhasil diganti.

Kesimpulan

Mengganti password secara rutin itu sebenarnya sangat baik dan sangat disarankan. Karena bisa berguna untuk meminimalisir terjadinya hack pada komputer sobat.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here