Cara Mengetahui Password Wi-Fi yang Ada di Windows

By | September 6, 2019
Cara Mengetahui Password Wi-Fi yang Ada di Windows

Siapapun pasti pernah paling tidak sekali menggunakan internet melalui koneksi tanpa kabel Wi-Fi. Pertanyaannya adalah apakah pernah sobat lupa akan password Wi-Fi yang pernah terkoneksi di perangkat sobat? Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara mengetahui password Wi-Fi yang ada di windows.

Cara Mengetahui Password Wi-Fi yang Ada di Windows

Sebenarnya ada dua metode atau jalan untuk mengetahui password Wi-Fi di Windows sobat. Mari kita langsung saja bahas kedua metode tersebut.

1. Ketahui Password Wi-Fi Dengan Control Panel

Yang pertama adalah memeriksa password Wi-Fi lewat Control Panel. Cara atau metode ini ditujukan untuk apabila sobat lupa sama password Wi-Fi yang saat ini sedang terkoneksi di perangkat sobat.

Pertama

Sobat buka Control Panel. Bisa sobat buka lewat Start Menu, atau bisa dengan menekan Win + r lalu ketikkan control panel di sana.

Kedua

Setelah Control Panel terbuka, sobat cari menu yang bertulisan Network and Internet. Ketika sudah sobat temukan, kemudian sobat tekan tulisan View network status and taks. Jika sobat kurang mengerti bisa sobat lihat pada gambar di bawah ini.

cari network and internet, terus tekan tulisan view network status and tasks

Ketiga

Nanti akan ada tampilan seperti gambar di bawah ini. Pada bagian View your active network akan menunjukkan jaringan Wi-Fi yang terkoneksi ke perangkat sobat.

tampilan wi-fi yang lain terkoneksi. tekan tulisan yang berada di samping tulisan connection

Sobat tekan tulisan Wi-Fi (nama jaringan Wi-Fi sobat) yang berada di samping Connection.

Keempat

Akan muncul tampilan jendela dengan judul Wi-Fi Status seperti gambar di bawah ini.

pada jendela wi-fi status, tekan tombol wi-fi properties

Sobat tekan tombol Wireless Properties.

Kelima

Sebuah tampilan jendela properties akan muncul seperti gambar di bawah ini.

pada jendela properties, pergi ke tab security lalu tekan show characters untuk memunculkan password Wi-Fi

Pada jendela properties tersebut, sobat kemudian arahkan ke tab Security. Di sana sobat akan menemukan password Wi-Fi sobat yang berada di samping tulisan Network security key.

Sobat tekan tulisan Show characters seperti yang saya tunjuk pada gambar di atas untuk menampilkan password sobat tanpa sensor.

Keenam

Selamat! Sobat akhirnya mengetahui password sobat.

2. Mengetahui Password Wi-Fi Dengan Command Prompt (cmd)

Cara ini untuk sobat yang ingin mengetahui password dari semua jaringan yang pernah terkoneksi di perangkat sobat.

Pertama

Sobat buka Command Prompt. Bisa melalui Start Menu, atau bahkan melalui shortcut Win + r lalu ketikkan cmd. Cara manapun bisa.

Kedua

Setelah Command Prompt terbuka, Sobat kemudian ketikkan netsh wlan show profiles. Perintah ini bertujuan untuk menampilkan semua jaringan Wi-Fi yang pernah terkoneksi di perangkat sobat.

ketik netsh wlan show profiles untuk memunculkan semua wi-fi yang terkoneksi

Baca juga : Cara Mengubah Tampilan Command Prompt (cmd)

Ketiga

Setelah sobat tahu jaringan Wi-Fi mana yang sobat ingin ketahui passwordnya, sobat kemudian ketikkan netsh wlan show profiles name=”nama jaringan Wi-Fi sobat” key=clear.

Contohnya saya ingin mengetahui password pada jaringan Wi-Fi yang bernama WongsoFam. Maka saya akan mengetiikan netsh wlan show profiles name=”WongsoFam” key=clear di cmd.

Keempat

Setelah perintah pada langkah ketika sobat ketikkan di cmd, maka cmd akan memunculkan informasi jaringan Wi-Fi yang sobat inginkan.

ketik netsh wlan show profiles name="nama jaringan Wi-Fi sobat" key=clear. informasi password Wi-Fi bisa sobat temukan di key content

Untuk menemukan password-nya sobat cari tulisan Key content. Di sanalah sobat akan menemukan password yang sobat cari.

Kelima

Selamat! sobat berhasil menemukan password yang sobat lupakan!

Kesimpulan

Jika sobat lupa akan password Wi-Fi yang sobat sedang pakai, atau yang sudah lama tidak sobat pakai, jangan khawatir. Untuk mengetahuinya di Windows tidaklah sulit. Melalui dua langkah di atas sobat bisa mengetahui password yang sudah sobat lupakan.

Sekian artikel saya sampai di sini, semoga artikel saya ini dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *