Cara Mengetahui CPU Apa yang Ada di Komputer Sobat

By | November 21, 2019
Cara Mengetahui CPU Apa yang Ada di Komputer Sobat

Setiap komputer pasti paling tidak pasti punya satu prosesor yang mengurus proses program yang sobat jalankan, yang juga dikenal sebagai CPU. CPU sendiri sama penting perangnya dengan RAM dan GPU. CPU pada komputer sobat mungkin terbuat dari Intel atau AMD. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengetahui CPU apa yang ada di komputer sobat.

Baca juga : Cara Memeriksa Kartu Grafis (GPU) Apa yang Ada di Komputer Sobat

Cara Mengetahui CPU Apa yang Ada di Komputer Sobat

Sobat tidak perlu menggunakan aplikasi luar atau pihak ketiga untuk mengetahui CPU apa yang sobat punya. Alasannya karena Windows sendiri sudah menyediakan beberapa cara untuk memeriksa CPU yang sobat punya.

Mengetahui CPU lewat aplikasi Settings pada Windows 10

mengetahui CPU lewat Settings pada Windows 10

Untuk menemukan informasi CPU sobat di Windows 10 bisa sobat lakukan lewat Settings. Arahkan ke Settings > System > About, dan lihat pada bagian bawah Device specifications. Nama CPU komputer sobat akan tertera di sana tepat di kanan Processor.

Untuk mengakses cara ini juga bisa sobat lakukan dengan menekan tombol Win + I di keyboard sobat. Sobat juga bisa menekan tombol Windows di keyboard sobat dan ketikkan About, kemudian tekan pada tulisan About your PC yang muncul.

Lewat Task Manager pada Windows 10

ketahui CPU di Task Manager

Task Manager-nya Windows 10 juga akan menampilkan informasi CPU yang detail untuk sobat. Klik kanan pada taskbar sobat kemudian tekan pada Task Manager atau tekan tombol Ctrl + Shift + Esc di keyboard sobat.

Sobat kemudian tekan pada tab Performance pada Task Manager, dan pilih pada tulisan CPU pada bagian kiri. Nama CPU sobat pasti akan kelihatan pada bagian kanan, seperti gambar di bawah ini.

Lewat Control Panel

memeriksa CPU lewat Control Panel

Untuk pengguna Windows yang lebih lama seperti Windows 7, menemukan CPU komputer sobat bisa melalui Control Panel. Sobat arahkan ke Control Panel > System and Security > System. Sobat juga bisa tekan tombol Win + Pause pada keyboard sobat untuk membuka jendela tersebut secara langsung.

Nama dan informasi CPU sobat yang lengkap akan nampak jelas tepat pada bagian kanan Processor.

Kesimpulan

Mengetahui CPU apa yang ada di komputer sobat tidaklah sulit. Ada banyak cara yang bisa sobat gunakan untuk mengetahuinya. Dengan langkah-langkah di atas sobat akan menemukan CPU apa yang ada di komputer sobat dengan mudah dan jelas.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *