Cara Mengecilkan Ukuran File Gambar dengan Kraken.io

By | September 1, 2019
cara memperkecil ukuran file gambar dengan kraken.io

Sebagai seorang penulis blog, bagi saya ukuran file gambar yang saya gunakan sangatlah penting. Semakin besar ukuran gambar yang saya pakai maka beban para pembaca juga akan semakin besar. Semakin besar gambar maka semakin lama website saya untuk diakses.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara yang saya gunakan untuk mengecilkan ukuran file gambar dengan Kraken.io.

Baca juga : 6 Cara Mengambil Screenshot di Windows 10

Apa itu Kraken.io?

Menurut saya kraken.io itu adalah sebuah website atau situs yang memang bertujuan untuk mengecilkan atau meng-compress ukuran file gambar.

Berdasarkan pengalaman saya sih, website kraken.io ini nih sangat bagus dalam mengerjakan tugasnya. Paling tidak setiap kali saya ingin menggunakan website tersebut, gambar yang berhasil dikecilkan ukurannya bisa mencapai setengahnya.

Sayangnya tidak ada yang gratis di dunia ini, sama juga dengan kraken.io. Mereka menyediakan versi berbayar yang tentu saja memberikan lebih banyak fitur menarik untuk mereka yang membayar. Tetapi menurut saya yang gratisannya juga sudah sangat bagus sekali.

Cara Mengecilkan Ukuran File Gambar dengan Kraken.io

Mari langsung saja kita bahas.

Pertama

Sobat akses kraken.io. Saya sendiri menyarankan sobat untuk mengaksesnya di komputer dibanding dengan mengaksesnya di hp. Meskipun saya belum pernah coba sih. Nantinya sobat akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.

web interface kraken.io untuk mengecilkan ukuran file gambar

Kedua

Berikutnya sobat memilih kualitas gambar yang akan diperkecil ukurannya. Sobat lihat bagian yang bertuliskan Select optimization mode disebelahnya sobat akan melihat tombol-tombol dengan tulisan Lossy, Lossless, dan Expert.

pilih lossy atau lossless yang akan berpengaruh dengan kualitas gambar dan ukuran file gambar

Sobat pilihlah salah satu antara Lossy atau Losssless. Untuk Lossy, kualitas gambar pasti akan berkurang, tetapi harusnya tidak kelihatan, tentunya ukuran file gambar turun drastis di mode ini. Untuk Lossless, kualitas gambar tidak akan berkurang, ukuran file akan diturunkan seoptimal mungkin tanpa mengurangi kualitas gambar.

Secara pribadi sih, saya lebih milih mode Lossy. Selain kualitas gambar yang masih bisa diterima untuk blog, ukuran file yang berkurang lebih dari setengahnya membuat saya kegiuran.

Ketiga

Setelah sobat selesai memilih mode yang sobat inginkan, kemudian akhirnya kita masuk kebagian meng-upload gambar. Sobat scroll situs tersebut sampai sobat masuk ke kotak yang ada tulisan Click to upload or drag-and-drop your images here. Atau sobat bisa lihat gambar di bawah ini.

tarik gambar ke kotak yang tulisannya Click to upload or drag-and-drop your images here

Sobat tarik saja gambar yang sobat ingin perkecil ukurannya ke kotak tersebut. Nantinya kraken.io yang akan mengerjakan tugasnya. Sobat tinggal main tarik, lepas, dan terima hasil.

*Peringatan : website kraken.io ini melimit gambar yang bisa sobat upload sebesar 1MB. Lebih dari itu tidak akan diladeni.

Keempat

Setelah sobat meng-upload gambar yang sobat inginkan, kraken.io akan langsung memproses gambar sobat. Nanti hasil gambar akan muncul di bagian paling bawah website, tampilannya seperti gambar di bawah ini.

hasil gambar yang telah diproses oleh kraken.io

Seperti yang sobat lihat ukuran file gambar yang sudah diproses dengan yang belum, sangat jauh sekali.

Untuk mendapatkan gambar hasil olahan, sobat bisa download satu persatu dengan menekan tombol Download File yang terdapat pada masing-masing gambar. Atau tekan tombol biru bertuliskan Download All Kraked Files in a ZIP archive untuk men-download file .zip yang berisikan semua gambar sobat.

Kelima

Selamat! Gambar sobat ukurannya semakin mengecil!

Kesimpulan

Memperkecil gambar untuk blog sangat penting. Semakin kecil maka semakin cepat pula website sobat diakses orang. Oleh karena itu website seperti kraken.io ini sangat membantu untuk memperkecil ukuran file gambar.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *