Cara Mengecek Nomor Kartu Keluarga dengan Mudah

By | July 10, 2019
Cara Mengecek Nomor Kartu Keluarga dengan Mudah

Terkadang ada saat ketika kita perlu untuk menggunakan sesuatu tetapi kita lupa untuk membawa barang tersebut. Hal tersebut juga terjadi pada nomor Kartu Keluarga. Ada saat-saat di mana kita perlu untuk menggunakannya tetapi lupa untuk membawa KK tersebut. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagi cara untuk mengecek nomor Kartu Keluarga dengan mudah kepada sobat sekalian.

Untuk saya sendiri, saya perlu memerika nomor KK saya ketika saya ingin mengaktifkan kartu perdana yang baru saya beli. Apabila sobat tidak tahu, untuk mengaktifkan kartu perdana baru memerlukan nomor KTP dan juga KK. Nah pada saat itu saya lupa membawa fotokopian Kartu Keluarga sehingga saya tidak dapat mengetahui nomor KK saya.

Cara Mengecek Nomor Kartu Keluarga

Untuk memerika nomor KK sendiri tidaklah sulit.

Pertama

Akses website dukcapil wilayah sobat. Untuk mengetahuinya sobat dapat mengetik Cek Nomor KK Wilayah XXX di Google. Atau ketik saja Cek Nomor KK harusnya nanti akan muncul wilayah kita pada hasil paling atas seperti gambar di bawah ini.

Cari website dukcapil wilayah sobat

Kedua

Contoh saya mengakses website dukcapil untuk provinsi Kalimantan Barat yang terlihat seperti gambar di bawah ini.

isi informasi untuk mendapatkan nomor kartu keluarga

Sobat kemudian akan diminta untuk memasukkan beberapa informasi seperti nomor KTP sobat, nama sobat, dan juga nama ibu kandung sobat.

Sobat masukkan informasi yang diperlukan. Untuk nama sobat dan nama ibu kandung sobat, sobat isi dengan menggunakan huruf kapital pada semua hurufnya.

Ketiga

Akan muncul konfirmasi apakah nomor KTP yang sobat masukkan sudah benar atau tidak seperti pada gambar di bawah ini. Sobat periksalah kembali nomor tersebut. Jika sudah benar maka kemudian sobat tekan tombol Ya.

konfirmasi NIK untuk mengecek nomor Kartu Keluarga

Keempat

Website akan mengecek apakah informasi yang kita masukkan sudah benar atau tidak. Apabila benar maka website akan memunculkan nomor Kartu Keluarga sobat seperti gambar di bawah ini.

nomor kartu keluarga sukses ditemukan

Jika informasi yang kita masukkan kurang tepat, maka kita perlu memasukkan ulang semua informasi tersebut.

Kesimpulan

Pada dasarnya untuk mengetahui nomor Kartu Keluarga kita tidaklah sulit. Saya yakin sobat paling tidak pasti akan membawa KTP sobat, dan juga mengingat nama ibu kandung sobat yang secara resmi terdapat pada Kartu Keluarga sobat.

Sekian artikel saya sampai di sini. Saya berharap informasi ini akan bermanfaat untuk sobat yang perlu untuk mencari tahu nomor Kartu Keluarga sobat. Sampai berjumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *