Cara Mengatasi SafeSearch yang Tidak Bisa Dimatikan

By | August 23, 2019
cara mengatasi SafeSearch yang tidak bisa dimatikan

SafeSearch, saya yakin sobat tidak asing dengan kata itu. Saya yakin pasti kata itu yang mengganggu sobat ketika mencari konten *ahem* di Google. Sobat pasti juga sudah mencoba mematikan SafeSearch itu tetapi tidak bisa bukan? Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang cara mengatasi SafeSearch yang tidak bisa dimatikan.

Apa itu SafeSearch?

Sebelum kita membahas cara mengatasinya, menurut saya ada baiknya saya bahas tentang apa itu SafeSearch.

Apa itu SafeSearch? SafeSearch sendiri seperti namanya yang berarti pencarian aman, merupakan sistem filter atau pembatasan pada mesin pencari Google.

Apa yang difilter atau dibatasi? Konten-konten pornografi, judi, obat terlarang, dan lain-lain yang dianggap berbahaya untuk perkembangan anak-anak (mungkin).

Seberapa kuat sih itu SafeSearch? Kalau dari yang di-claim dari Google-nya sih cukup kuat. Meskipun aslinya sangat efektif untuk memblokir konten tidak bagus. Sobat bisa coba sendiri deh bandingkan beda ketika SafeSearchnya on dan off.

Kenapa SafeSearch Tidak Bisa Dimatikan?

Menurut saya ada satu alasan kenapa SafeSearch ini tidak bisa dimatikan.

Ada kemungkinan sama seperti keputusan dari pemerintah untuk semua penyedia internet di Indonesia memberlakukan pemblokiran website yang memiliki konten.

Menurut saya pemerintah Indonesia dengan Google bekerjasama untuk memberlakukan SafeSearch pada IP Indonesia pada domain google.com dan juga google.co.id.

Jadi bagaimanapun cara kita sebagai pengguna internet Indonesia mencoba mematikan SafeSearch pasti tidak akan bisa sama sekali.

Cara Mengatasi SafeSearch yang Tidak Bisa Dimatikan

Saatnya kita masuk ke pembahasan utama dari artikel pada kali ini, yaitu bagaimana cara mengatasi SafeSearch yang tidak bisa dimatikan.

Kalau sobat sudah membaca tulisan saya di atas tentang SafeSearch yang tidak bisa dimatikan pada domain google.com dan google.co.id, saya yakin sobat sudah punya gambaran dalam cara mengatasinya.

SafeSearch yang aktif di Google.com
SafeSearch yang otomatis aktif ketika mencari di google.com atau google.co.id

Iya, sobat hanya perlu mengakses domain Google di negara lain yang SafeSearch-nya tidak aktif di Indonesia. Gampang kan?

Lah lalu domain mana yang SafeSearch-nya tidak aktif? Salah satunya sih adalah google.co.jp.

Untuk langkahnya sendiri sih mudah.

Pertama

Sobat akses halaman google.co.jp.

Kedua

Kemudian sobat ubah bahasanya dari bahasa Jepang menjadi bahasa Inggris atau Indonesia.

Tujuannya, agar hasil pencarian yang ingin sobat cari akan disesuaikan dengan bahasa yang sobat gunakan. Apabila sobat mencari dengan menggunakan bahasa Jepang, saya yakin hasil yang ingin sobat dapatkan tidak akan sesuai dengan keinginan sobat. Karena saya sendiri sudah pernah mengalami hal tersebut.

Ketiga

Setelah bahasanya sobat ubah, silahkan cari konten yang sobat inginkan deh. Sobat juga bisa mengganti Search Engine di browser sobat dengan google.co.jp jadi akan memudahkan sobat ketika ingin mencari langsung di browser sobat.

SafeSearch yang mati ketika mencari di google.co.jp
SafeSearch yang tidak aktif ketika mencari dengan menggunakan Google.co.jp

Kesimpulan

SafeSearch sebenarnya berguna untuk perkembangan anak-anak agar terhindar dari konten yang tidak diinginkan. Tetapi untuk kita yang cukup umur, justru SafeSearch malah menjadi sesuatu yang merepotkan sekali. Tetapi untungnya ada cara untuk mengatasi SafeSearch yang tidak bisa dimatikan ini. Caranya sendiri juga gampang.

Sekian artikel saya sampai di sini. Saya berharap artikel saya ini dapat berguna untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel sya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *