Cara Mengatasi Masalah Wallpaper Hitam di Windows 7

By | January 27, 2020
Cara Mengatasi Masalah Wallpaper Hitam di Windows 7

Microsoft akhirnya menghentikan dukungan mereka terhadap Windows 7 tidak lama ini. Dan pada tanggal 24 Januari 2020 kemarin, mereka memberikan sebuah hadiah perpisahan yang berupa update terakhir di Windows 7.

Tetapi hadiah tersebut malah membawa sebuah masalah baru ke para pengguna Windows 7. Membuat wallpaper yang mereka gunakan di Windows 7 menjadi warna hitam.

Masalah ini sendiri sudah diperbaiki oleh Microsoft, tetapi seperti yang mereka sudah katakan, bahwa update setelah tanggal 24 Januari hanya akan diperuntukkan untuk organisasi yang membayar untuk “Extended Security Updates.”

Jika sobat merupakan pengguna Windows 7 Home, maka sobat kurang beruntung, karena Microsoft tidak akan memberikan update apapun untuk memperbaiki masalah tersebut.

Untungnya, ternyata ada cara untuk menghindari masalah wallpaper hitam ini terjadi di Windows 7 sobat. Dan saya akan membahasnya di artikel ini.

UPDATE: Microsoft Merilis Sebuah Update untuk Mengatasi Masalah Wallpaper Hitam ini

Iya seperti yang saya tulis di atas, Microsoft merilis sebuah update dengan kode KB4539602 untuk mengatasi masalah wallpaper di Windows 7 yang berubah menjadi warna hitam ketika sobat memilih opsi “Stretch.”

Dan sama seperti kasus yang ada di Windows XP, sobat harus melakukan update secara manual. Untungnya proses update ini sendiri cukup mudah, sobat hanya perlu:

Langkah 1: Download update-nya menyesuaikan dengan versi Windows 7 yang sobat gunakan.

Langkah 2: Jika sudah didownload, sobat cukup klik dua kali pada update tersebut untuk menginstallnya.

Langkah 3: Ikuti petunjuk instalasi jika ada, dan kalau tidak ada maka sobat tunggu hingga instalasi update selesai. Jika sudah lakukan restart.

Langkah 4: Setelah restart, maka seharusnya masalah wallpaper hitam karena opsi “Stretch” sudah terselesaikan dan sobat sudah bisa menggunakan opsi tersebut lagi.

Jangan Gunakan Opsi “Stretch” di Wallpaper Sobat

Yup, masalah wallpaper hitam ini akan terjadi jika sobat memilih opsi “Stretch” ketika sobat memasang wallpaper sobat.

Untuk menghindari terjadinya masalah ini sendiri sangat gampang, sobat hanya harus memilih opsi selain “Stretch,” seperti “Fill,” “Fit,” “Tile,” atau “Center.”

Jika sobat tidak tahu bagaimana cara mengganti opsi tersebut, simak langkah berikut ini.

Langkah 1: Sobat klik kanan di desktop sobat.

Langkah 2: Di menu yang muncul, sobat kemudian tekan pada opsi yang bernama “Personalize.”

Langkah 3: Ketika sebuah jendela muncul, sobat kemudian tekan pada “Desktop Background.”

Langkah 4: Selanjutnya di kotak drop-down, sobat pilih opsi selain “Stretch.” Dan seharusnya masalah wallpaper hitam tersebut tidak akan muncul kembali.

Tetapi, jika sobat merasa opsi lain tidak cocok dengan ukuran resolusi yang sobat pakai, mau tidak mau sobat harus cari wallpaper lain yang cocok dengan resolusi layar sobat.

Contohnya, jika sobat punya layar monitor dengan resolusi 1366×768, sobat cari wallpaper dengan resolusi serupa atau dengan resolusi yang lebih besar. Untuk mengetahui resolusi monitor sobat, sobat cukup klik kanan di desktop, lalu tekan pada opsi “Screen Resolution.”

Jika soba tetap ingin sekali menggunakan wallpaper lama yang hanya bagus kalau pakai opsi “stretch,” ada baiknya kalau sobat lakukan saja “stretch” secara manual.

Maksudnya gunakan aplikasi untuk mengubah resolusi dari gambar tersebut seperti Photoshop, atau bahkan Paint juga bisa.

Sobat ubah resolusi wallpaper mengikuti resolusi layar sobat, simpan, lalu gunakan wallpaper tersebut tanpa memilih opsi “stretch.” Jadi sobat tidak akan terkena masalah wallpaper hitam sama sekali.

Jangan Hapus atau Uninstall Update yang Bermasalah itu

Sangat tidak direkomendasikan untuk sobat menghapus update terakhir (KB4534310) yang diberikan oleh Microsoft meskipun update itu bermasalah.

Alasannya karena di update ini, ternyata terdapat sebuah perbaikan keamanan yang penting untuk Windows 7.

Sangking pentingnya bahkan saya lebih menyarankan sobat untuk menggunakan cara untuk menghindari masalah wallpaper hitam dibanding menghapus update ini.

Selama sobat tidak memilih opsi “stretch” maka sobat saya jamin tidak akan terkena masalah wallpaper hitam sama sekali.

Memaksa sebuah gambar untuk mengikuti resolusi monitor yang berbeda juga kadang-kadang akan menghasilkan hasil yang burik… jadi memang kurang saya sarankan.


Selain update yang bermasalah, tidak mengaktifkan Windows 7 atau menggunakan Windows 7 tidak asli juga akan menyebabkan wallpaper di komputer sobat menjadi hitam.

Selain wallpaper yang menjadi hitam, sobat juga akan disuguhi dengan watermark menyebalkan yang muncul di pojok kanan bawah layar sobat.

Dan untuk mengatasi hal ini, satu atau mungkin dua cara yang bisa sobat lakukan adalah antara mengaktifkan Windows 7 sobat dengan lisensi yang asli, atau migrasi ke sistem operasi yang lain…


Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *