Cara Mengatasi Error Creating Copy di Google Drive

By | May 9, 2019
Mengatasi error create copy

Pernahkan ketika sobat mencoba untuk membuat sebuah salinan dari file yang sobat inginkan di Google Drive muncul Error Creating Copy seperti gambar di bawah ini?

error yang muncul ketika create a copy

Jika pernah maka lanjutlah membaca artikel yang saya tulis kali ini, karena saya akan membahas mengenai kenapa error tersebut terjadi dan juga bagimana cara untuk mengatasinya.

Baca juga : Cara Mengatasi Limit Google Drive Saat Download

Kenapa Error Creating Copy Terjadi?

Menurut saya ada dua faktor yang membuat error tersebut terjadi, yaitu:

Pertama – File yang ingin sobat salin terlalu besar

Jadi perlu diingat bahwa untuk Google Drive pada akun gratisan. Google hanya memberi kapasitas penyimpanan yang lumayan kecil yaitu 15GB saja. Berbeda dari Mega yang memberikan kapasitas hingga 50GB untuk akun gratisan.

Sehingga ada kemungkinan bahwa file yang ingin sobat salin lebih besar dari 15GB. Sehingga file tidak muat pada Google Drive sobat dan akhirnya mengakibatkan error creating copy pun terjadi.

Kedua – Memori penyimpanan sobat sudah penuh ketika sobat mencoba menyalin file

Kurang lebih mirip dengan yang di atas, tetapi bedanya terdapat pada kapasitas penyimpanannya. Jadi memori penyimpanan sobat sudah penuh ketika sobat ingin membuat salinan file di Google Drive sobat. Hal ini membuat file tidak dapat disalin dan akhirnya menyebabkan error.

Pada kasus ini menurut saya lebih mudah untuk diatasi ketimbang faktor atau kasus pertama.

Cara Mengatasi Error Creating Copy

Apabila ada dua faktor yang dapat menyebabkan error maka menurut saya juga ada dua cara untuk mengatasi error tersebut.

Pertama – Menambah memori penyimpanan sobat

Cara yang menurut saya akan agak sulit buat sobat. Alasannya karena sobat perlu untuk mengeluarkan uang untuk meningkatkan memori penyimpanan sobat, sehingga sobat dapat menyimpan file yang jauh lebih besar dan banyak.

Apabila sobat mengakses link ini, maka sobat akan sampai ke halaman di mana sobat dapat memilih beberapa pilihan untuk menambah memori penyimpanan Google Drive sobat, tentunya harganya juga bervariasi.

menambah memori penyimpanan google drive

Sebenarnya juga ada solusi lain seperti sobat berlangganan Google Suite paket Business seperti gambar di bawah, yang akan memberikan sobat memori penyimpanan tidak terbatas dengan harga 12 dolar sebulannya.

gsuite dengan memori penyimpanan tidak terbatas

Atau juga sobat juga dapat membeli email .edu dari toko online langganan sobat dan sobat juga akan mendapatkan penyimpanan tidak terbatas dari program edukasi Google. Meskipun untuk cara ini sebenarnya tidak saya sarankan.

Kedua – Menghapus file yang sudah sobat tidak pakai

Tentu saja cara lain adalah dengan menghapus file yang sudah tidak sobat gunakan lagi. Untuk cara menghapusnya sendiri sebenarnya mudah. Pada halaman Google Drive sobat, klik kanan pada file sobat dan pilih Remove untuk menghapus file tersebut.

menghapus file di google drive

File yang sudah sobat hapus, belum terhapus seutuhnya. Maka dari itu sobat pergi ke bagian Trash. Di sana sobat akan menemukan file-file yang sudah sobat hapus sebelumnya. Klik kanan file tersebut dan klik pada Delete forever seperti gambar di bawah.

menghapus file dari google drive selamanya

Setelah file sudah sobat hapus dari Trash maka memori penyimpanan sobat akan kembali lega dan sobat dapat kembali menyalin file yang sobat inginkan.

Kesimpulan

Error create copy pada Google Drive merupakan error yang terjadi karena memori penyimpanan pada Google Drive sobat tidak dapat menampun file yang ingin sobat salin. Maka dari itu untuk mengatasinya dapat dilakukan cara antara lain menambah memori penyimpanan atau menghapus file yang sobat sudah tidak perlu lagi.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya berharap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *