Cara Mengatasi Error “A cabinet file necessary for installation cannot be trusted” Saat Install DirectX

By | April 22, 2019
mengatasi error di directX

Apakah sobat pernah mengalami error “A cabinet file necessary for installation cannot be trusted. Please verify the Cryptographic Services are enabled” ketika sobat sedang menginstall DirectX?

Pada artikel ini saya akan memberikan sobat cara untuk mengatasi error tersebut berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan.

Alasan terjadinya error tersebut di DirectX

Sebelum saya masuk ke bagian mengatasi error tersebut, pertama-tama saya ingin membahas apa yang menyebabkan error tersebut pada komputer sobat.

Berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan, error tersebut terjadi diakibatkan file yang diperlukan DirectX ketika proses instalasi mengalami kerusakan atau corrupt.

Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan banyak hal, tetapi biasanya terjadi karena ketika proses download file sedang berlangsung internet sobat mengalami suatu masalah yang kemudian menyebabkan proses download tersendat yang akhirnya membuat file tersebut mengalami kerusakan.

Cara mengatasi error “A cabinet file necessary for installation cannot be trusted”

Apabila sobat sudah terlanjur mengalami error tersebut, satu-satunya cara yang dapat sobat lakukan adalah dengan menghapus file yang mengalami kerusakan, dan lalu memulai kembali proses download dari awal. Berikut langkah-langkah yang dapat sobat lakukan:

1. Buka program File Explorer di komputer sobat.

2. Salin alamat di bawah ini ke address bar yang ada di File Explorer.

Untuk sobat yang menggunakan sistem operasi 32-bit, maka salin alamat berikut ini:

C\Windows\System32\directx\ 

Untuk sobat yang menggunakan sistem operasi 64-bit, maka salin alamat ini:

C\Windows\SysWow64\directx\
Buka folder DirectX di alamat "C\Windows\System32\directx\" untuk 32bit dan "C\Windows\SysWow64\directx\" untuk 64bit.

3. Hapus folder yang bernama “websetup” yang dapat ditemukan di alamat yang saya berikan di atas.

Jika sobat tidak dapat menemukan folder yang bernama “websetup” tersebut, maka sobat atur dulu agar Windows Explorer memunculkan file dan folder yang tersembunyi. Sobat cukup tekan tab View di Windows Explorer, lalu tekan kotak yang ada di kiri tulisan “Hidden items.”

Di Windows Explorer, tekan pada tab View, lalu tekan kotak yang ada di kiri tulisan Hidden items untuk memunculkan file dan folder yang tersembunyi.

4. Jalankan kembali setup instalasi untuk DirectX, tekan tombol “Next” seperti biasa dan biarkan setup instalasi untuk mendownload ulang file DirectX yang diperlukan.

5. Tinggal tunggu hingga proses instalasi selesai. Jika sudah selesai, maka sobat sudah akan instalasi DirectX seleesai dan bisa menjalankan program-program yang memerlukan DirectX di komputer sobat.


Apabila sobat mengalami error “A cabinet file necessary for installation cannot be trusted. Please verify the Cryptographic Services are enabled.” itu berarti ada file yang mengalami kerusakan sehingga instalasi tidak berjalan dengan lancar. Untuk mengatasi error tersebut sobat hanya perlu untuk menghapus file dengan langkah di atas, kemudian buka kembali setup DirectX sobat.

Sekian artikel saya sampai di sini, semoga artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

One thought on “Cara Mengatasi Error “A cabinet file necessary for installation cannot be trusted” Saat Install DirectX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *