Cara Mengapus atau Uninstall Update di Windows 10

By | November 27, 2019
Cara Mengapus atau Uninstall Update di Windows 10

Setiap aplikasi seperti Windows 10 pasti akan menyediakan update untuk memperbaiki masalah yang ada. Tetapi, terkadang ada update yang malah menjadi masalah dibanding menyelesaikan masalah. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara menghapus atau uninstall update di Windows 10.

Asalan Kenapa Ingin Menghapus atau Uninstall Update di Windows 10

Seperti yang saya bilang di pembukaan tadi, bahwa setiap update itu pasti untuk memperbaiki masalah yang ada. Tetapi, terkadang malah update itu yang menjadi masalah.

Untuk contohnya sendiri saya pernah merasakannya di Windows 10. Saat itu merupakan update besar di Windows 10. Setelah update, tiba-tiba saja driver Wi-Fi saya jadi sering bermasalah. Membuat driver crash dan Windows 10 saya BSOD (Blue Screen of Death).

Baca juga : Apakah Windows 10 Akan Tetap Update Ketika Komputer Sedang Tidur?

Bingung kenapa driver saya sering bermasalah, saya memutuskan untuk install ulang Windows 10 saya ke versi sebelumnya (atau roll back). Dan ternyata driver Wi-Fi saya malah tidak bermasalah di versi sebelumnya.

Baca juga : Cara Melakukan Roll Back di Windows 10

Pada dasarnya update memang penting untuk memperbaiki masalah. Juga memang saya anjurkan sobat untuk sering meng-update semua aplikasi yang sobat gunakan.

Tetapi, terkadang karena perangkat sobat sudah berumur, membuat update baru akan merusak driver dari perangkat sobat.

Untungnya, program seperti Windows 10 menyediakan cara untuk memperbaiki masalah update itu secara manual. Baik lewat roll back, maupun dengan uninstall update yang baru saja terinstall.

Cara Mengapus atau Uninstall Update di Windows 10

Langsung saja kita bahas bagaimana cara menghapus update di Windows 10-nya.

  1. Buka Settings

    Bukanya bisa lewat startmenu, bisa dengan fitur search, dan juga bisa lewat shortcut keyboard yaitu Win + I.

  2. Klik menu Update & Security

    Setelah Settings terbuka, sobat cari dan tekan pada menu yang bernama Update & Security. Lokasinya sendiri biasanya terletak pada bagian paling akhir di Settings.
    saat Settings terbuka, klik pada Update & Security

  3. Klik menu View update history

    Masuk ke menu Update & Security, sobat akan menemukan tulisan View update history. Sobat klik atau tekan pada tulisan tersebut.

    Baca juga : Cara Menghentikan Sementara Windows Update di Windows 10Masuk ke menu Update & Security, sobat klik pada View update history

  4. Klik Uninstall updates

    Nah sesampainya di menu View update history, sobat akan menemukan tulisan Uninstall updates. Klik atau tekan pada tulisan tersebut.
    Masuk ke menu View update history, sobat kemudian klik pada Unsintall options

  5. Pilih update dan tekan Uninstall

    Sebuah Control Panel akan terbuka yang berisikan daftar-daftar update yang terinstall di Windows 10 sobat. Nah di sini bagian pentingnya, sobat pilih update yang bermasalah, setelah itu sobat tekan tulisan Uninstall yang ada pada bagian atas.
    Pas Control Panel terbuka, sobat pilih update, kemudian klik pada tombol Unsintall untuk uninstall update

  6. Tekan Yes pada pesan konfirmasi

    Setelah tombol uninstall sobat tekan, nantinya akan muncul pesan konfirmasi. Isi pesan tersebut akan menanyakan sobat apakah sobat yakin ingin menghapus update tersebut. Nah sobat cukup tekan saja tombol Yes.
    akan muncul pesan konfirmasi, tekan tombol Yes untuk benar-benar menghapus atau unsintall update
    Proses uninstall akan berjalan, dan selamat update sobat berhasil di hapus!

Kesimpulan

Update itu penting untuk memperbaiki masalah atau celah keamanan yang ditemukan. Tetapi karena faktor umur pada perangkat sobat, terkadang update terbaru malah merusak perangkat. Dengan langkah di atas sobat akan bisa menghapus atau uninstall update di Windows 10 dengan mudah.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *