Cara Mengamankan Windows 7 Sobat di Tahun 2020

By | February 1, 2020
Cara Mengamankan Windows 7 Sobat di Tahun 2020

Di awal tahun 2020, Microsoft memutuskan untuk tidak lagi memberikan update keamanan untuk Windows 7. Dengan kata lain, Windows 7 sekarang ini mirip seperti Windows XP, menjadi sebuah sistem operasi yang lama-lama akan mengumpulkan berbagai macam celah keamanan.

Saya sendiri menyarankan sobat untuk melakukan upgrade ke Windows 10. Alasannya karena sobat masih bisa upgrade ke Windows 10 gratis bahkan sampai saat ini.

Pada artikel saya kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara untuk mengamankan Windows 7 sobat di tahun 2020.

Pengguna Bisnis Masih Bisa Membayar untuk Mendapatkan Update Keamanan di Windows 7

Untuk sobat dan juga organisasi yang masih menggunakan Windows 7 untuk keperluan bisnis dan tidak berniat pindah ke sistem operasi lain, saya merekomendasikan sobat untuk membayar agar bisa memperpanjang update keamanan dari Microsoft di Windows 7.

Opsi ini sendiri sayangnya tidak tersedia untuk pengguna Windows 7 Home, dan harga yang dipatok untuk update ini sendiri tergantung dari apakah Windows 7 yang sobat gunakan adalah versi Enterprise atau Professional.

Mengamankan Windows 7 Sobat di Tahun 2020

Ada beberapa langkah yang bisa sobat lakukan untuk mengamankan Windows 7 sobat bahkan meskipun sudah tidak lagi mendapatkan update keamanan dari Microsoft. Simak langkah-langkah berikut di bawah ini.

1. Tidak lagi terhubung dengan jaringan internet

Jika sobat menggunakan Windows 7 hanya karena ada aplikasi yang hanya bisa berjalan lancar di sana dibanding Windows 10, saya sarankan untuk tidak lagi menghubungkan komputer dengan Windows 7 sobat ke internet.

Dengan tidak adanya jaringan internet, maka website berbahaya atau serangan berbasis jaringan internet tidak akan bisa menyerang komputer sobat. Hal ini akan menghilangkan rasa khawatir sobat terhadap masalah keamanan di Windows 7.

Windows 7 tidak lagi didukung oleh Microsoft.

Dan kalau komputer sobat memiliki spesifikasi yang memadai atau program yang dijalankan di Windows 7 tidaklah terlalu berat, saya sarankan untuk sobat migrasi ke sistem operasi lain, seperti Windows 10, lalu pasang Windows 7 di virtual machine.

Dengan begitu, maka sobat tinggal menggunakan Windows 10 untuk kegiatan sehari-hari, seperti berselancar di internet, lalu gunakan Windows 7 yang ada di virtual machine untuk menjalankan program tersebut.

2. Gunakan software keamanan yang masih mendukung Windows 7

Jika sobat tetap ingin menggunakan Windows 7, saya merekomendasikan sobat untuk menggunakan software keamanan yang masih mendukung Windows 7. Selain itu sobat juga harus rajin-rajin untuk mengupdate software tersebut.

Bagi sobat yang ingin menggunakan Microsoft Security Essentials, Microsoft sendiri mengatakan kalau mereka tidak lagi memberikan link download untuk alat tersebut, meskipun sepertinya link download masih tersedia. Jadi segera didownload selagi masih bisa.

Jika sobat punya Microsoft Security Essentials terinstall di Windows 7 sobat, pastikan untuk selalu mengupdate software tersebut.

Untuk sobat yang susah memasang Microsoft Security Essentials di Windows 7 sobat, Microsoft akan terus mendukung software ini hingga tahun 2023.

Sobat mungkin juga lebih baik menginstall Malwarebytes. Sobat bisa gunakan versi gratis dari software ini untuk melakukan pengecekan manual kemudian menghapus malware dan aplikasi sampah lain dari komputer sobat.

3. Gunakan browser yang aman

Jika sobat masih menggunakan Internet Explorer di Windows 7 sobat, ada baiknya untuk sobat cari browser lain yang lebih modern dan lebih aman.

Ada beberapa browser populer yang masih mendukung Windows 7, antara lain:

  • Google Chrome, masih bisa dijalankan di Windows 7 dan masih akan memberikan update keamanan untuk versi Windows 7 hingga 15 Juli 2021.
  • Microsoft Edge berbasis Chromium, karena basis yang sama dengan Google Chrome, browser ini juga mendukung Windows 7 hingga 15 Juli 2021.
  • Mozilla Firefox, juga masih mendukung Windows 7, tetapi tidak tahu sampai kapan.
Gunakan browser seperti Google Chrome yang masih mendukung Windows 7 hingga 15 Juli 2021.

Dengan sistem operasi yang sudah tidak mendapatkan update, maka software keamanan dan browser yang sobat gunakan akan menjadi hal yang penting untuk melindungi sobat dari ancaman yang berbahaya di internet.

4. Memperkuat keamanan melalui pengaturan di Windows 7 sobat

Jika sobat masih ingin menggunakan Windows 7, pastikan sobat memeriksa Windows Update dan pastikan sobat sudah up-to-date dengan semua update yang Microsoft berikan.

Saya sendiri merekomendasikan sobat untuk membuat Windows Update untuk mengecek update secara otomatis. Siapa tahu Microsoft akan merilis update penting untuk Windows 7 bahkan setelah mereka mengakhiri dukungan mereka, sama seperti di Windows XP.

Cek apakah masih ada update yang belum terinstall di Windows Update, kalau ada sobat wajib untuk menginstall update tersebut.

Cek juga berita tentang update untuk Windows 7. Microsoft sendiri merilis sebuah update keamanan yang penting untuk Windows XP yang harus sobat download secara manual di tahun 2019 kemarin.

Sobat juga saya sarankan untuk mengaktifkan User Account Control dan Windows Firewall di Windows 7 sobat.

Hindari menekan link aneh dari email yang mencurigakan atau dari pesan lain yang dikirim ke sobat. Hindari juga untuk mendownload dan menjalankan aplikasi yang mencurigakan.

5. Hapus dan juga update aplikasi yang terinstall

Jika sobat sudah menggunakan Windows 7 untuk waktu yang cukup lama, maka mungkin sobat punya beberapa aplikasi yang tidak sobat gunakan terinstall di komputer sobat. Dan mungkin ada beberapa yang tidak lagi mendapatkan update dalam waktu yang lama.

Contohnya, plugin browser lama, seperti Java, Adobe Flash, Adobe Reader, dan Quick Time bisa jadi memiliki celah keamanan yang berbahaya.

Sobat lihat semua aplikasi yang terinstall di Windows 7 sobat di Control Panel, dan kemudian hapus semua aplikasi yang tidak lagi sobat gunakan.

Pastikan juga untuk selalu update aplikasi hingga ke versi yang paling baru. Contoh, kalau sobat punya versi lama dari WinRAR, maka sobat harus mengupdatenya agar menghindari bahaya dari arsip format ACE yang sempat mendapat berita tentang celah keamanan di WinRAR.


Tetap saja meskipun dengan artikel ini yang membahas tentang mengamankan Windows 7, tidak ada cara pasti untuk selalu mengamankan Windows 7 sobat di hari-hari berikutnya.

Celah keamanan akan muncul satu-persatu dan Microsoft tidak akan menghiraukan celah tersebut kecuali kalau celah itu sangatlah berbahaya sekali.

Maka dari itu saya tetap menyarankan sobat untuk upgrade ke Windows 10, atau migrasi ke sistem operasi lain yang masih mendapatkan update keamanan seperti Linux.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *