Cara Mengaktifkan Word Wrap di Notepad

By | November 29, 2019
Cara Mengaktifkan Word Wrap di Notepad

Secara default, ketika sobat menggunakan Notepad, kalimat yang tulis akan terus memanjang ke kanan tanpa henti. Tidak seperti Microsoft Office Word yang, ketika sudah mencapai batas kanan, maka otomatis akan berpindah ke baris bawah. Untungnya ada fitur Word Wrap yang bisa sobat aktifkan di Notepad untuk mengatasi masalah tersebut.

Notepad sendiri merupakan program yang sudah bisa dibilang ada sejak jaman yang dulu sekali. Tepatnya sejak Windows 1.0 di tahun 1985.

Notepad adalah sebuah Text Editor yang sederhana tanpa ada embel-embel koding seperti di Notepad++. Tetapi karena sangking sederhananya masih sering digunakan, dan masih ada hingga sekarang di jaman Windows 10.

Orang-orang sendiri sering menggunakan Notepad untuk koding HTML. Alasannya karena HTML itu tidak perlu gambar dan hanya dalam bentuk hurup saja.

Alasan Notepad Tanpa Word Wrap itu Menyebalkan

Tanpa Word Wrap, maka akan sangat menyebalkan untuk membaca sebuah paragraf di Notepad. Paragraf akan lanjut terus ke kanan, dan bukannya lanjut di baris baru di bawah seperti di Word.

Baca juga : Apa Itu Office 365? dan Beda Office 365 dengan Office Lainnya

Hal ini membuat sobat harus mengulung scroll ke kanan dan kiri untuk membacanya. Ketimbang hanya perlu pakai scroll di mouse ke atas dan ke bawah.

Notepad tanpa Word Wrap, tulisan menyamping.

Dan untuk membuat sebuah baris baru, sobat harus menggunakan tombol keyboard Enter. Hal ini membuat apabila dokumen dicopy paste ke tempat lain, maka hasilnya akan berantakan.

Untungnya ada fitur Word Wrap yang akan membuat Notepad bekerja seperti di Word. Di mana paragraf akan otomatis membuat baris baru di bawah, dibanding memanjang ke kanan.

Notepad dengan Word Wrap, tulisan ke bawah.

Cara Mengaktifkan Word Wrap di Notepad

Mari langsung saja kita simak bagaimana cara mengaktifkan Word Wrap-nya.

Pertama

Sobat buka dulu aplikasi Notepad-nya. Cara membukanya sendiri bermacam-macam. Contohnya bisa dengan menekan shortcut keyboard Win + R, lalu ketikkan Notepad dan klik tombol OK.

buka notepad, dengan shortcut Win + R, lalu ketikkan notepad, dan tekan tombol OK.

Kedua

Setelah aplikasi Notepad terbuka, sobat kemudian klik pada tab Format. Di sana kemudian akan muncul sebuah daftar opsi, di mana sobat akan menemukan Word Wrap. Klik pada tulisan Word Wrap.

di Notepad, klik pada tab Format, lalu klik di Wrop Wrap, untuk mengaktifkan Word Wrap di Notepad.

Ketiga

Dan selesai deh! Setelah tulisan Word Wrap sobat tekan, maka fitur tersebut akan secara otomatis aktif. Dan semua paragraf atau kalimat panjang di dokumen sobat akan secara otomatis memanjang ke bawah.

Kesimpulan

Notepad masih sering digunakan sampai sekarang karena ringan, dan tampilannya sederhana. Tetapi jika fitur Word Wrap tidak diaktifkan maka menggunakannya akan menjadi sedikit menyusahkan. Dengan langkah di atas maka sobat bisa mengaktifkan fitur tersebut dengan mudah di Notepad sobat.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *