Cara Mengaktifkan Tombol Play / Pause di Toolbar Chrome

By | September 17, 2019
Cara Mengaktifkan Tombol Play / Pause di Toolbar Chrome

Punya banyak tab terbuka, dan salah satu dari tab tersebut sedang memutar lagu di Youtube, membuat susah dicari. Dengan fitur Chrome terbaru yaitu tombol Play / Pause hal ini menjadi jauh lebih mudah. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tetang cara mengaktifkan tombol Play / Pause di toolbar Chrome.

Fitur Terbaru Chrome 77 : Tombol Play / Pause

Adalah fitur pengontrol pemutar media seperti video atau musik terbaru yang menjadi bagian dari versi Chrome ke-77. Tetapi sayangnya fitur ini sendiri dimatikan secara default.

Fitur ini sendiri akan dapat menangkap apapun yang sedang sobat putar di semua tab yang sobat buka. Lalu kemudian mengumpulkannya di dalam satu menu seperti gambar di atas.

Di sana sobat bisa memainkan atau menghentikan musik atau video tanpa harus mencari lagi tab mana yang sedang memutar musik atau video tersebut. Menurut saya fitur ini akan sangat berguna sekali untuk sobat yang suka membuat banyak tab pada waktu yang bersamaan.

Untungnya fitur ini bisa sobat aktifkan lebih awal, meskipun ada kemungkinan Google akan merilis fitur tersebut di versi Chrome berikutnya.

Cara Mengaktifkan Tombol Play / Pause di Toolbar Chrome

Mari langsung saja kita bahas bagaimana cara mengaktifkannya.

Pertama

Sobat buka tab baru di Chrome sobat. Seperti biasa saya yakin minimal sobat tahu gimana cara membuka tab baru di browser Chrome.

Kedua

Pada kotak tempat yang biasa sobat pakai untuk menuliskan alamat website yang ingin sobat akses, sobat ketik chrome://flags di sana. Lalu sobat tekan enter.

Ketiga

Setelah sobat sudah mengakses chrome://flags, sobat akan melihat tampilan yang seperti gambar di bawah ini, dengan judul Experiments.

ketik chrome://flags untuk mengakses experimental flags, lalu ketik global media di kotak pencarian

Berikutnya sobat cukup ketik Global Media pada kotak tempat pencarian seperti yang saya tunjuk pada panah nomor 2 pada gambar di atas. Nanti akan muncul hasil pencarian dengan tulisan Global Media Controls seperti gambar di atas.

Keempat

Sobat kemudian tekan tombol bertuliskan Default yang ada di samping tulisan Global Media Controls. Kemudian sobat pilih Enabled.

tekan tombol yang ada di samping global media controls, lalu ubah menjadi default, kemudian tekan tombol relaunch now

Jika benar maka Chrome nantinya akan memberitahukan notifikasi bahwa sobat perlu untuk membuka ulang Chrome sobat. Seperti panah nomor 2 pada gambar di atas. Sobat cukup tekan tombol Relaunch Now, atau tutup kemudian buka kembali Chrome sobat.

Kelima

Jika semua langkah di atas sobat lakukan dengan benar, maka selamat! fiturnya sukses sobat aktifkan.

Sobat akan melihat sebuah tombol dengan gambar Play pada toolbar Chrome. Jika sobat tekan tombol tersebut ketika ada video atau musik yang diputar di salah satu tab soba, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

tombol play / pause yang sudah aktif, ketika ditekan maka akan menampilkan video atau musik yang terputar di chrome

Kesimpulan

Tombol Play / Pause merupakan salah satu fitur terbaru yang muncul di Chrome 77. Meskipun fitur tersebut masih dimatikan secara default karena masih bersifat eksperimen, dengan cara di atas sobat bisa mengaktifkan fitur tersebut lebih awal.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *