Cara Mengaktifkan Metered Connection di Windows 10

By | September 5, 2019
cara mengaktifkan metered connection di windows 10

Windows 10 dirancang untuk komputer yang internetnya tanpa batas. Hal itu tentu saja menyusahkan sobat yang interetnya dengan kuota. Untungnya ada fitur Windows 10 yang mampu menahan rakus internetnya Windows 10. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang cara mengaktifkan metered connection di Windows 10.

Apa itu Metered Connection?

Metered Connection adalah salah satu fitur dari Windows yang bisa sobat gunakan. Dari kata-katanya sendiri saya yakin sobat pasti punya ide apa guna dari fitur ini.

Fitur dari Windows 10 ini sebenarnya untuk membatasi koneksi internet di komputer sobat dari segala proses Windows 10 yang memakan kuota. Tentu saja aktifitas sobat seperti mengakses internet di browser sobat tidak akan terganggu.

Apa Fungsi dari Metered Connection?

Mengaktifkan Metered Connection akan membatasi Windows 10 dari menggunakan internet berlebihan. Bebrapa hal tersebut antara lain:

Mematikan otomatis update dari kebanyakan Windows Update

Dengan mengaktifkan Metered Connection, Windows tidak akan langsung men-download kebanyakan update di Windows Update. Sobat nantinya akan mendapatkan tombol Download yang bisa sobat tekan ketika sobat kepengen buat update.

Menghentikan otomatis update aplikasi di Windows Store

Untuk aplikasi yang sobat download dari Windows Store, ketika Metered Connection diaktifkan maka update otomatis akan dihentikan. Sayangnya aplikasi diluar dari itu seperti Chrome, dan lain-lain masih akan tetap update secara normal.

Fitur Delivery Optimization akan dihentikan

Salah satu fitur yang kurang berguna bagi para pengguna Windows 10 yang internetnya terbatas. Ketika Metered Connection aktif maka fitur ini akan dihentikan oleh Windows 10. Sehingga sobat tidak perlu khawatir lagi fitur ini mengganggu aktifitas internet sobat.

Kapan Sobat Harus Mengaktifkan Metered Connection?

Pada dasarnya sobat dapat mengaktifkan fitur ini ketika sobat hanya bisa mengakses internet yang terbatasi oleh kuota. Contohnya hotspot dari hp yang menggunakan kartu operator seluler. Atau ketika sobat menggunakan modem.

Cara Mengaktifkan Metered Connection pada Jaringan Wi-Fi

Pertama

Sobat akses Settings di Windows 10 sobat. Seperti biasa sobat bisa akses melalui Start Menu maupun dengan menekan short cut Win + i di keyboard sobat.

Kedua

Setelah Settings terbuka, kemudian sobat akses menu Network & Internet seperti gambar di bawah ini.

pilih network & internet di settings

Ketiga

Setelah itu sobat akses menu Wi-Fi yang berada pada bagian kiri Settings. Setelah itu sobat tekan tulisan Manage known networks seperti gambar di bawah ini.

pilih wi-fi di sisi kiri terus tekan manage known networks

Keempat

Nantinya akan muncul tampilan dari kumpulan Wi-Fi yang pernah terkoneksi di komputer sobat. Pilih Wi-Fi yang sobat ingin jaringannya di batasi kemudian tekan tombol Properties.

pilih wi-fi yang sobat ingin batasi lalu tekan properties

Kelima

Sobat kemudian akan menemukan tampilan yang ada tulisan Metered Connection. Di sana sobat tekan tombol yang berada pada bagian bawah tulisan Set as metered connection.

metered connection aktif di wi-fi

Jika tombol yang sobat tekan itu benar, maka hasilnya akan terlihat seperti gambar di atas.

Keenam

Selamat! Jaringan Wi-Fi sobat sudah terbatasi koneksinya di Windows 10!

Cara Mengaktifkan Metered Connection pada Jaringan Ethernet

Pertama

Singkat saja seperti biasa sobat buka Settings. Kemudian akses menu Network & Internet. Setelah itu sobat tekan menu Ethernet yang berada pada bagian kiri Settings.

Kedua

Sobat kemudian tekan Ethernet seperti gambar di bawah ini.

pilih ethernet di sisi kiri, lalu tekan ethernet

Ketiga

Nantinya tampilan Metered Connection akan nampak seperti gambar di bawah ini.

tekan tombol untuk mengaktifkan metered connection di ethernet

Sobat cukup tekan tombol yang berada pada bagian bawah tulisan Set as metered connection.

Keempat

Selamat! Kini jaringan Ethernet sobat sudah terbatasi!

Kesimpulan

Metered Connection adalah salah satu fitur Windows 10 untuk membatasi koneksi internet. Koneksi yang dibatasi hanyalah koneksi yang seperti Windows Update, dan update lainnya. Untuk mengaktifkan fitur itu sendiri tidaklah sulit.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *