Cara Mengaktifkan Kembali Windows 10 Setelah Mengganti Perangkat Keras

Cara Mengaktifkan Kembali Windows 10 Setelah Mengganti Perangkat Keras

Pernahkan ketika sobat melakukan upgrade di komputer sobat tiba-tiba Windows 10 lisensinya tidak aktif? Jika tidak bagus, jika iya maka sobat senasib dengan banyak orang lain. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang cara mengaktifkan kembali Windows 10 sobat setelah mengganti perangkat keras.

Apa yang Terhitung Sebagai Mengganti Perangkat Keras?

Perangkat keras yang dianggap sangat penting untuk komputer sobat. Salah satunya seperti motherboard, dan perangkat lain seperti harddisk dan kawan-kawan.

Jika motherboard sobat diganti dengan yang lain, besar kemungkinan Windows 10 tidak akan mengenal perangkat sobat. Jika hal tersebut terjadi, maka bisa dipastikan bahwa lisensi Windows 10 sobat akan dimatikan dari pihak Microsoft-nya.

Mengaktifkan Kembali Windows 10 Menggunakan Lisensi Digital

Tahap ini sendiri untuk sobat yang lisensi Windows 10-nya terikat pada akun Microsoft sobat. Itu artinya cara ini untuk sobat yang tidak punya product key yang sobat gunakan untuk aktifasi Windows 10.

Jika sobat melakukan install ulang Windows 10

Ada hal yang perlu sobat perhatikan apabila sobat melakukan install ulang setelah mengganti perangkat keras pada komputer sobat.

Ketika berada pada bagian yang meminta sobat memasukkan product key untuk mengaktifkan Windows 10 sobat, sobat tekan tombol yang bertuliskan I don’t have a product key.

tekan I don't have a product key ketika sobat melakukan proses install ulang.

Sisanya tinggal lanjutkan proses instalasi seperti biasa.

Mengaktifkan kembali langsung dari dalam Windows 10

Pertama

Sobat buka Settings. Seperti biasa bisa lewat Start Menu atau dengan keyboard shortcut Win + I.

Kedua

Setelah sobat masuk ke menu Settings, sobat cari dan tekan menu Update & Security. Jika sobat tidak tahu letaknya maka sobat bisa lihat seperti gambar di bawah ini.

pilih menu update & security di settings Windows 10

Ketiga

Di dalam menu Update & Security, sobat cari menu Activation dan tekan menu tersebut. Nantinya sobat akan mendapatkan tampilan seperti gambar di bawah ini.

pilih menu activation lalu tekan troubleshoot untuk mengaktifkan kembali Windows 10 sobat.

Sobat kemudian tekan tulisan Troubleshoot seperti yang saya tunjuk pada gambar di atas.

Keempat

Nantinya akan muncul sebuah jendela baru seperti gambar di bawah ini. Sobat cukup tekan tulisan I changed hardware on this device recently.

tekan tulisan I changed hardware on this device recently.

Kelima

Setelah itu sobat akan diminta untuk melakukan login pada akun Microsoft sobat. Ingat gunakan akun yang sobat ikat dengan aktivasi Windows 10.

Keenam

Setelah sobat selesai login, akan muncul jendela Reactivate Windows 10 seperti gambar di bawah.

pilih perangkat yang sobat gunakan lalu beri centang pada This is the device I'm using right now, lalu tekan Activate.

Sobat cukup pilih perangkat komputer yang sobat gunakan, lalu centang kotak yang bertuliskan This is the device I’m using right now. Setelah itu tekan tombol Activate.

Ketujuh

Selamat! Windows 10 sobat berhasil untuk diaktivasi ulang!

Mengaktifkan Kembali Windows 10 dengan Menggunakan Product Key

Nah cara ini untuk sobat yang punya product key yang bisa sobat gunakan untuk mengaktifkan Windows 10 sobat. Perlu diingat internet akan tetap diperlukan untuk mengaktifasi kembali Windows 10 sobat.

Jika sobat install ulang Windows 10

Ketika proses install ulang sobat sudah mencapai bagian di mana sobat diminta untuk memasukkan product key, sobat isikan dengan product key yang sobat punya. Setelah itu sobat tekan tombol Next.

Isi product yang sobat punya, lalu tekan tombol Next

Setelah itu sobat cukup lakukan proses instalasi seperti biasa, lalu aktifkan internet sobat setelah itu supaya Windows 10 bisa memverifikasi product key sobat.

Mengaktifkan kembali langsung dari dalam Windows 10

Pertama

Sobat buka Settings. Seperti biasa bisa lewat Start Menu atau dengan keyboard shortcut Win + I.

Kedua

Pada Settings, sobat cari dan kemudian tekan pada tulisan Update & Security.

Ketiga

Pada menu Update & Security, sobat cari menu yang bertuliskan Activation. Di sana sobat akan mendapatkan tampilan seperti gambar di bawah ini.

pada menu activation sobat cari dan tekan tulisan Change product key untuk mengaktifkan kembali Windows 10 sobat.

Sobat cukup kemudian tekan tulisan Change product key, yang terdapat pada bagian Update product key.

Keempat

Akan ada sebuah jendela yang muncul yang meminta sobat untuk memasukkan product key yang sobat miliki. Sobat isi dengan product key sobat kemudian tekan tombol Next.

isikan product key yang sobat punya lalu tekan tombol Next.

Kelima

Selamat! Windows 10 sobat berhasil di aktivasi kembali!

Mengaktifkan Kembali Windows 10 dengan Menggunakan Microsoft Chat Support

Untuk solusi ini sendiri tidaklah bisa dibilang ideal, tetapi jika sobat merasakan masalah ketika mengaktifkan ulang Windows 10 sobat dengan dua cara di atas, maka sobat mungkin perlu untuk menghubungi pihak Microsoft.

Di sana nanti sobat akan perlu untuk menjelaskan masalah yang sobat alami dan pihak Microsoft akan membantu sobat dalam menyelesaikan masalah sobat.

Kesimpulan

Ketika sobat mengganti perangkat keras utama di komputer sobat, terkadang akan menyebabkan hilangnya lisensi Windows 10 sobat. Untungnya mengaktifkan kembali Windows 10 sobat sebenarnya tidaklah sulit asal lisensi yang sobat punya itu asli.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here