Cara Mengaktifkan Dark Mode di YouTube

By | January 23, 2020
Cara Mengaktifkan Dark Mode di Aplikasi YouTube

Mengikuti tren dark mode atau mode gelap di mana-mana, selain browser mereka Chrome, Google juga mulai membuat dark mode di semua layanan mereka. Hal itu juga tentu berlaku dengan website YouTube dan juga aplikasi YouTube mereka di perangkat mobile.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang cara mengaktifkan dark mode di YouTube.

Mengaktifkan Dark Mode di Website YouTube

Langkah yang perlu sobat lakukan untuk mengaktifkan dark mode di website YouTube sendiri sangat mudah. Simak langkahnya berikut ini.

Langkah 1: Sobat buka halaman website YouTube terlebih dahulu.

Langkah 2: Selanjutnya sobat tekan icon foto profil sobat yang berada di pojok kanan atas website.

Tekan icon foto profil di kanan atas website YouTube, lalu tekan pada opsi Dark theme.

Langkah 3: Di menu yang muncul, sobat kemudian tekan pada opsi “Dark theme.”

Catatan: Jika sobat tidak login dengan akun gmail sobat, maka sobat tekan pada tombol tiga titik dibanding icon foto profil. Di sana sobat akan menemukan opsi “Dark theme” yang sama.

Kalau tidak sign in ke akun google, tinggal tekan tombol tiga titik di kanan atas website lalu tekan opsi Dark theme.

Dark theme di website YouTube sendiri hanya berlaku untuk satu browser saja, yaitu browser yang saat itu sobat gunakan. Di browser lain sobat harus mengulangi semua proses di atas untuk mengaktifkan dark mode di browser tersebut.

Mengaktifkan Dark Mode di Aplikasi YouTube di iPhone

Sobat juga bisa mengaktifkan dark mode di aplikasi YouTube di iPhone dan juga iPad sobat. Simak langkahnya berikut ini.

Langkah 1: Sobat jalankan aplikasi YouTube di iPhone atau iPad sobat.

Langkah 2: Kemudian sobat tekan pada icon foto profil yang ada di pojok kanan aplikasi YouTube.

Di aplikasi YouTube di iPhone, tekan icon foto profil yang ada di kanan atas aplikasi.

Langkah 3: Sobat kemudian tekan pada menu yang bernama “Settings.”

Kemudian tekan pada menu Settings.

Langkah 4: Di dalam menu Settings, sobat akan menemukan tombol atau toggle yang ada di kanan tulisan “Dark theme.” Sobat tekan pada tombol atau toggle tersebut untuk mengaktifkan dark mode di iPhone atau iPad.

Di dalam menu Settings, tekan tombol atau toggle di kanan tulisan Dark theme untuk mengaktifkan dark mode di aplikasi YouTube di iPhone.

Mengaktifkan Dark Mode di Aplikasi YouTube di Android

Simak langkahnya berikut ini.

Langkah 1: Sobat buka dulu aplikasi YouTube di perangkat Android sobat. Sobat bisa membuka aplikasi ini lewat app drawer, yang merupakan tempat di mana semua aplikasi yang terpasang di perangkat sobat dapat ditemukan.

Langkah 2: Setelah itu sobat tekan pada foto profil sobat yang terletak pada bagian pojok kanan atas aplikasi YouTube. Sebuah menu pengaturan akun akan muncul.

Tekan foto profil di pojok kanan atas aplikasi YouTube untuk masuk ke menu pengaturan akun.

Langkah 3: Kemudian sobat tekan pada menu Settings untuk masuk ke menu Settings. Menu itu sendiri terdapat pada bagian paling bawah menu pengaturan akun, jadi saya yakin sobat tidak akan kesulitan untuk mencarinya sama sekali.

Masuk ke menu pengaturan menu, kemudian tekan pada menu Settings.

Langkah 4: Setelah masuk ke menu Settings, sobat kemudian tekan pada menu General. Menu itu sendiri terdapat pada bagian paling atas di menu Settings.

Di menu Settings, kemudian tekan pada menu General.

Langkah 5: Masuk pada menu General, sobat akan melihat sebuah tulisan “Dark theme” ada di bagian teratas menu General. Sobat kemudian tekan pada tombol atau toggle yang ada di samping tulisan tersebut.

Di menu General, tekan pada tombol atau toggle yang ada di samping tulisan Dark theme untuk mengaktifkan dark mode di aplikasi YouTube.

Langkah 6: Setelah tombol atau toggle tersebut ditekan, maka aplikasi YouTube akan mengaktifkan dark mode atau mode gelapnya. Aplikasi YouTube dengan dark mode akan bisa langsung sobat gunakan kembali seperti biasa.


Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *