Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Developer Mode di Android

By | June 1, 2020
cara mengaktifkan dan menonaktifkan developer mode di android

Untuk sobat yang merupakan seorang pengembang aplikasi Android dan bahkan sobat yang ingin memasang Custom ROM di perangkat Android sobat, dapat mengakses perangkat Android sobat melalui media USB dengan memanfaatkan fitur USB Debugging itu sangatlah penting.

Sayangnya fitur USB Debugging ini sendiri tersembunyi dan hanya bisa sobat aktifkan setelah sobat memunculkan atau mengaktifkan Developer Mode di perangkat Android sobat.

Nah oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengaktifkan Developer Mode di perangkat Android sobat.

Tentu saja saya juga akan membahas cara menghilangkan atau menonaktifkan Developer Mode ini untuk sobat yang karena alasan tertentu ingin menghilangkan menu ini dari perangkat sobat.

Cara mengaktifkan Developer Mode

Catatan: Sebelum kita mulai, saya ingin memberitahu kepada sobat kalau artikel ini saya tulis berdasarkan Custom ROM AtomOS pada Xiaomi Mi A2 Lite. Jadi bisa jadi hal-hal seperti lokasi build number dan lain-lain akan berbeda di Custom ROM atau perangkat lain.

1. Buka Settings atau Pengaturan di perangkat sobat

Seperti pengaturan lainnya, untuk mengaktifkan dan bahkan untuk mengakses Developer Mode, sobat akan perlu untuk mengakses Settings atau Pengaturan di perangkat Android sobat. Untuk membukanya sendiri sebenarnya tidaklah sulit.

Sobat bisa membuka Settings melalui app drawer di launcher sobat.

Buka Settings atau Pengaturan di app drawer di launcher.

Atau sobat juga bisa membuka Settings melalui status bar.

Buka Settings atau Pengaturan lewat status bar.

2. Cari build number di Settings

Setelah Settings berhasil sobat buka, kemudian langkah berikutnya adalah sobat temukan lokasi build number di Settings. Nah lokasi build number ini sendiri biasanya letaknya akan sedikit berbeda di setiap perangkat maupun di setiap ROM yang ada.

Untuk AtomOS di Mi A2 Lite, saya perlu untuk mengakses menu About phone terlebih dahulu. Menu About phone ini sendiri saya temukan di deretan terakhir setelah aplikasi Settings terbuka.

Masuk ke menu About phone yang terletak di deretan terbawah di Settings.

Masuk ke menu About phone, saya cukup scroll ke bawah dan saya sudah menemukan build number yang saya cari.

Di dalam menu About phone, akan ditemukan build number di deretan terbawah.

Catatan: Untuk sobat yang perangkat Android-nya berada pada Android 9 Pie atau Android 10 Q (Saya tidak tahu Android 8 Oreo ke bawah punya fitur ini atau tidak), sobat bisa memanfaatkan fitur pencarian yang tersedia di bagian paling atas Settings. Sobat cukup ketik saja build number di sana, dan nanti Settings akan mencarikan build number untuk sobat.

3. Mengaktifkan Developer Mode

Setelah build number ditemukan, sobat cukup tekan build number tersebut terus-menerus.

Biasanya setelah tujuh atau delapan kali tekanan Developer Mode akan aktif dan sobat akan mendapatkan pesan ‘You are now a developer!’ seperti gambar di bawah ini.

Sobat akan mendapatkan pesan 'You are now a developer!' yang menunjukkan kalau Developer Mode sudah aktif.

Untuk sobat yang mengunci perangkat Android-nya dengan menggunakan PIN, maka sobat nanti akan diminta untuk memasukkan PIN tersebut sebelum bisa mengaktifkan Developer Mode.

Cara mengakses Developer Mode

Setelah sobat sukses mengaktifkan Developer Mode, tentu saja berikutnya sobat pasti ingin mengakses menu Developer tersebut. Nah berikut ini saya berikan gambar di mana letak menu Developer Mode tersebut untuk sobat sekalian.

1. Buka Settings

Seperti biasa sobat buka dulu Settings di perangkat Android sobat. Bisa membukanya lewat app drawer, maupun lewat status bar.

2. Masuk ke menu System

Nah kalau di tempat saya menu Developer Mode ini ada di dalam menu System. Menu System ini sendiri berada tepat di atas menu About phone.

Masuk ke menu System yang terletak di atas menu About phone.

3. Masuk ke menu Developer Mode / Developer Options

Setelah masuk ke dalam menu System, berdasarkan pengalaman saya di Android 9 maupun Android 10, sobat akan menemukan tulisan Advanced dengan icon panah ke bawah. Sobat tekan tulisan tersebut.

Kemudian sobat baru akan menemukan menu Developer Mode / Developer Options yang sobat cari.

Sobat akan menemukan menu Developer Mode / Developer Options di dalam menu Sytem. Tekan menu tersebut untuk mengakses Developer Mode.

Cara menonaktifkan Developer Mode

Jika untuk alasan tertentu sobat ingin menonaktifkan atau menghilangkan menu Developer Mode dari perangkat Android sobat, maka sobat bisa mengikuti cara di bawah ini.

1. Masuk ke menu Developer Mode / Developer Options

Setahu saya untuk menonaktifkan Developer Mode ini, sobat hanya bisa lakukan lewat menu Developer Mode itu sendiri.

2. Tekan tombol di kanan tulisan On

Saya yakin setiap kali sobat memasuki menu Developer Mode / Developer Options sobat akan melihat sebuah tulisan On dengan sebuah tombol atau toggle di sana. Lokasinya saya lihat di perangkat lain kurang lebih sama, yaitu berada di bagian paling atas menu.

Tekan tombol atau toggle yang berada di kanan tulisan On untuk menonaktifkan Developer Mode.

Sobat cukup tekan tombol tersebut untuk menonaktifkan Developer Mode. Saat sobat keluar dari menu ini, secara otomatis menu Developer Mode / Developer Options akan menghilang dari menu System, seperti sobat tidak pernah mengaktifkannya sama sekali.

Setelah Developer Mode dimatikan dan sobat keluar dari menu tersebut, maka menu Developer Mode / Developer Options akan menghilang dari menu System.

Untuk memunculkannya lagi, ya seperti biasa sobat harus menekan kembali build number di Settings.

Penutup

Sekian aritkel saya sampai di sini. Saya harap aritkel saya ini dapat membantu sobat sekalian yang mungkin tidak tahu bagaimana cara memunculkan Developer Mode di perangkatnya. Sampai jumpa lagi di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *