Cara Mengaktifkan Crapware Blocker di Microsoft Edge Chromium

By | February 9, 2020
Cara Mengaktifkan Crapware Blocker di Microsoft Edge Chromium

Microsoft Edge berbasis Chromium mulai kedatangan banyak fitur baru. Salah satu dari fitur tersebut adalah crapware blocker, atau bisa dibilang sebagai kemampuan untuk memblokir aplikasi yang dianggap sebagai crapware.

Fitur ini sendiri sudah bisa digunakan oleh semua orang yang menggunakan Microsoft Edge Chromium versi 80 yang baru saja dirilis 7 Februari 2020 kemarin.

Sayangnya meskipun fitur ini sudah dirilis ke publik, tetapi tidak dihidupkan secara default oleh Microsoft. Dan pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang cara mengaktifkan fitur crapware blocker ini di Microsoft Edge berbasis Chromium.

Apa Sebenarnya Crapware Itu?

Crapware adalah sebuah aplikasi yang tidak akan sobat inginkan di komputer sobat. Aplikasi ini biasanya mengandung iklan, pelacak, toolbar untuk browser, penambang cryptocurrency, dan sampah lain yang bisa menurunkan kinerja dari komputer sobat.

Crapware sendiri memiliki alias seperti “potentially unwanted apps,” atau juga “potentially unwanted programs (PUP).”

Lah jadi ini malware dong? Sebenarnya aplikasi seperti ini tidak bisa masuk ke kategori malware. Alasannya karena penyedia aplikasi ini biasanya mengecoh kita untuk memberi izin dalam mendownload atau menginstall aplikasi ini.

Browser terkenal seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan bahwa Microsoft Edge sendiri sebenarnya sudah secara otomatis akan memblokir program yang mereka anggap memiliki potensi berbahaya.

Tetapi sayangnya baru Microsoft Edge yang membawa fitur yang ketika diaktifkan, maka aplikasi sejenis crapware juga tidak akan bisa didownload di Edge.

Cara Memblokir “Potentially Unwanted Programs” di Microsoft Edge

Simak langkah berikut ini apabila sobat ingin mengaktifkan fitur crapware blocker di Microsoft Edge.

Langkah 1: Sobat buka halaman Settings untuk Microsoft Edge. Sobat cukup tekan tombol tiga titik yang ada di kanan atas Microsoft Edge, lalu tekan pada opsi “Settings” di menu yang muncul.

Masuk ke halaman Settings di Microsoft Edge Chromium dengan cara tekan tombol tiga titik di kanan atas Microsoft Edge, lalu tekan pada opsi Settings di menu yang muncul.

Langkah 2: Sobat kemudian masuk ke menu “Privacy and services.” Sobat akan bisa menemukan menu tersebut di bagian kiri di halaman Settings.

Di halaman Settings, tekan pada menu Privacy and services yang ada di bagian kiri.

Langkah 3: Scroll ke bawah hingga sobat sampai ke bagian Services dan sobat selanjutnya hidupkan fitur “Block potentially unwanted apps” dengan menekan toggle yang ada di kanan tulisan “Block potentially unwanted apps.”

Scroll ke bawah hingga ke bagian Services, lalu tekan pada toggle yang ada di kanan tulisan Block potentially unwanted apps.

Langkah 4: Jika sudah maka sobat bisa menutup halaman Settings. Dan Microsoft Edge sekarang akan menjadi lebih agresif dengan memblokir download-an yang berpotensi mengandung aplikasi yang berbahaya atau jahat.


Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *