Cara Mengakses Mac Lain dengan Menggunakan Mac Sobat

By | January 23, 2020
Cara Mengakses Mac Lain dengan Menggunakan Mac Sobat

Mac memiliki fitur bawaan yang dapat digunakan untuk mengakses atau memberi akses Mac ke orang lain. Sobat bisa menggunakan server VNC lewat jaringan LAN, atau menggunakan iMessage lewat jaringan internet. Sobat juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti TeamViewer, yang dapat bekerja bahkan di Windows juga.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas ketiga cara yang saya sebutkan di atas untuk mengakses atau memberi akses Mac ke orang lain.

Mengakses Mac Lain dengan Menggunakan Mac Sobat

Seperti yang saya tulis di atas, terdapat tiga cara yang bisa sobat gunakan untuk mengakses atau memberi akses Mac orang lain. Ketiga cara itu dapat digunakan pada tiga situasi yang berbeda sesuai dengan keperluan sobat.

Untuk fitur akses Mac bawaan dengan menggunakan server VNC, sangat cocok untuk sobat gunakan apabila sobat ingin mengakses Mac yang terhubung dengan jaringan LAN sobat.

Untuk mengakses Mac orang lain lewat jaringan internet, maka sobat bisa gunakan iMessage. Dengan menggunakan iMessage ini, sobat juga akan langsung membuat panggilan FaceTime, jadi sobat bisa langsung berbicara dengan pemilik Mac yang sedang sobat akses.

Untuk aplikasi pihak ketiga, seperti TeamViewer, bisa sobat gunakan kalau sobat ingin mengakses komputer dengan sistem operasi selain MacOS. Alasannya karena TeamViewer ini mendukung banyak sekali sistem operasi seperti Windows, Linux, bahkan ponsel pintar seperti Android.

Mengakses Mac lain lewat server VNC

Mengatur server VNC agar sobat bisa memberi akses atau mengakses Mac di jaringan LAN sobat sangatlah mudah. Dan sobat hanya akan perlu mengaturnya sekali saja, dan Mac tersebut akan bisa sobat akses kapanpun yang sobat inginkan. Simak langkahnya berikut ini.

Mengatur Mac agar bisa diakses

melakukan pengaturan untuk server VNC agar bisa mengakses Mac lain atau memberi akses ke Mac lain di jaringan LAN

Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1: Sobat buka System Preferences di Mac sobat.

Langkah 2: Setelah System Preferences terbuka, sobat kemudian tekan pada menu yang bernama Sharing.

Langkah 3: Di dalam menu Sharing, pada kotak yang bisa sobat temukan di sisi kiri, sobat cari tulisan “Screen Sharing”, jika sudah ketemu sobat kemudian tekan kotak yang ada di samping tulisan tersebut.

Langkah 4: Kemudian ada beberapa hal yang harus sobat catat, hal-hal tersebut antara lain:

  • Nama komputer, itu bisa sobat temukan tepat di sebelah tulisan Computer Name (Contoh di gambar, Tim’s MacBook Air).
  • Hostname, bisa sobat temukan tepat di bawah Computer Name, ada di tulisan “Computer on your local network can access your computer at” (Contoh di gambar, Tims-MacBook-Air.local). Sobat juga bisa ubah hostname-nya dengan menekan tombol “Edit” yang ada di samping kanan.
  • Alamat VNC, bisa sobat temukan di bawah tulisan “Screen Sharing: On” (Contoh di gambar, vnc://10.0.0.15).

Langkah 5: Setelah itu sobat tekan pada tombol “Computer Settings.” Sebuah jendela nanti akan muncul dengan dua opsi di dalamnya. Opsi-opsi itu antara lain:

  • Anyone may request permission to control screen, artinya untuk orang yang terhubung ke Mac tersebut tidak akan perlu untuk memasukkan username dan password untuk bisa mengakses Mac. Mereka hanya cukup meminta hak akses Mac kepada sobat, dan sobat hanya perlu mengijinkannya.
  • VNC viewers may control screen with password, artinya orang akan bisa mengakses Mac sobat dengan aplikasi VNC Viewer, seperti TigerVNC. Namun, mereka akan perlu untuk mengetahui alamat VNC dan password yang sobat atur untuk bisa mengakses Mac tersebut.
Dua opsi yang harus sobat aktifkan. Jendela ini akan muncul ketika sobat menekan tombol Computer Settings.

Sobat aktifkan kedua opsi tersebut dengan menekan kotak yang berada di sisi kiri opsi tersebut. Setelah itu sobat tekan pada tombol “OK” untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Mengakses Mac di jaringan LAN

Setelah sobat melakukan pengaturan di atas, maka Mac tersebut akan siap untuk diakses oleh Mac lain yang berada pada satu jaringan LAN yang sama. Ikuti langkah di bawah ini.

Langkah 1: Sobat jalankan Finder di Mac sobat.

Langkah 2: Kemudian di sisi kiri Finder, sobat scroll ke bawah hingga ketemu tulisan “Locations.”

Langkah 3: Sobat kemudian cari nama dari Mac yang ingin sobat akses. Setelah ketemu sobat lalu klik kiri pada nama Mac tersebut.

Langkah 4: Setelah itu sobat tekan pada tombol “Share Screen” seperti pada gambar di bawah ini, dan kemudian tunggu hingga Mac tersebut terhubung dengan Mac sobat.

Di Finder temukan nama Mac sobat di sisi kiri, kemudian klik nama tersebut, setelah itu tekan pada tombol Share Screen.

Catatan: Sobat juga bisa mengakses Mac dengan membuka Finder, lalu tekan pada “Go” dan kemudian tekan pada “Connect to Server” di menu bar. Setelah itu sobat tulis alamat VNC atau hostname yang sobat catat tadi, dan kemudian tekan pada “Connect.”

Jika Mac yang sobat akses menggunakan Apple ID yang sama, maka Mac akan langsung bisa sobat akses tanpa muncul pesan apapun. Tetapi jika sobat mencoba untuk mengakses Mac yang memiliki Apple ID yang berbeda (contoh Mac punya anggota keluarga lain), maka sobat akan perlu untuk memasukkan username dan password.

Mengakses Mac lain lewat iMessage

Dengan menggunakan iMessage, sobat akan bisa dengan mudah mengakses maupun memberi akses Mac sobat ke orang lain yang menggunakan Mac, iPhone, atau iPad dengan mudah. Simak langkahnya berikut ini.

Langkah 1: Sobat mulai pembicaraan dengan orang yang sobat ingin beri akses atau mengakses pada perangkat seperti Mac, iPad, atau iPhone.

Langkah 2: Kemudian sobat tekan pada tulisan “Details” yang akan bisa sobat temukan di pojok kanan atas di jendela pembicaraan tersebut.

Langkah 3: Pada jendela yang muncul berikutnya, sobat kemudian tekan pada tombol “Screen Sharing” yang terletak di samping kanan nama orang tersebut. Untuk icon atau logo tombol tersebut sendiri, terlihat seperti dua segiempat.

Mulai pembicaraan dengan orang, lalu tekan Details, kemudian tekan tombol Screen Sharing, lalu pilih opsi di antara Invite to Share My Screen atau Ask to Share Screen.

Langkah 4: Kemudian sobat tekan pada opsi “Invite to Share My Screen” jika sobat ingin memberi akses, atau tekan opsi “Ask to Share Screen” untuk mengakses.

Langkah 5: Setelah orang tersebut menerima permintaan sobat, sebuah panggilan FaceTime akan dimulai. Kemudian sobat tekan tombol “Screen Sharing” di menu bar, dan kemudian tekan pada “Allow [nama orang] to Control My Screen.”

Catatan: Sobat jangan sembarangan memberikan orang lain akses terhadap perangkat orang kecuali sobat percaya sama orang itu. Jika sobat tidak sengaja memberikan akses perangkat sobat, cukup tekan pada tombol “Screen Sharing” dan kemudian matikan opsi tersebut.

Mengakses komputer lain dengan aplikasi pihak ketiga, seperti TeamViewer

Jika sobat ingin mengakses atau memberi akses perangkat dengan sistem operasi selain MacOS, maka sobat bisa gunakan aplikasi pihak ketiga seperti TeamViewer. Simak langkahnya berikut ini.

Langkah 1: Sobat download dan kemudian install TeamViewer ke Mac sobat. Sobat juga harus memastikan kalau perangkat yang ingin sobat akses juga sudah terpasang dengan TeamViewer ini.

Langkah 2: Setelah itu sobat beri TeamViewer ijin untuk mengakses Mac sobat. Untuk melakukan hal ini bisa lewat Settings > Security & Privacy > Privacy > Accessibility.

Langkah 3: Kemudian sobat jalankan TeamViewer-nya. Di sana sobat akan melihat nomor identifikasi dan juga password. Kedua hal itulah yang nantinya akan digunakan apabila ada orang yang ingin mengakses Mac atau perangkat sobat.

Gunakan TeamViewer apabila ingin mengakses komputer dengan sistem operasi lain. Berikan ID dan password perangkat sobat ke orang yang ingin mengakses perangkat sobat.

Langkah 4: Untuk mengakses perangkat orang lain, sobat cukup isikan nomor identitas perangkat tersebut ke kotak yang berada di bawah tulisan “Partner ID.” Setelah itu sobat tekan tombol “Connect” yang terletak di bawahnya.

Langkah 5: Sobat kemudian akan diminta untuk memasukkan password untuk perangkat tersebut. Sobat minta password tersebut dari orang yang perangkatnya ingin sobat akses. Jika sudah maka harusnya sobat akan langsung terhubung ke perangkat tersebut dan bisa mengaksesnya.

Kesimpulan

Memberi akses atau mengakses suatu perangkat tanpa harus menyentuhnya secara fisik akan sangat berguna apabila sobat atau orang lain perlu bantuan untuk mengatasi masalah tertentu. Apalagi kalau sobat dan orang tersebut terpisah dengan jarak yang lumayan jauh.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *