Cara Menemukan dan Menghapus File Ganda di Windows

By | November 16, 2019
Cara Menemukan dan Menghapus File Ganda di Windows

Memiliki file ganda di komputer sobat pastilah menyebalkan. Terlebih lagi apabila sobat sendiri tidak tahu kalau ada file ganda di komputer sobat. Bingung tentang kenapa memori saya penuh padahal file saya tidak banyak. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara menemukan dan menghapus file ganda di Windows.

Baca juga : Cara Menghapus Windows.old dari Komputer

Cari dan Hapus File Ganda dengan Duplicate Cleaner Pro

Cari dan Hapus File Ganda dengan Duplicate Cleaner Pro

Jika sobat benar-benar serius ingin menemukan dan membasmi file ganda yang ada di komputer sobat, maka Duplicate Cleaner Pro-lah jawabannya.

Duplicate Cleaner Pro sendiri memiliki tampilan yang sederhana dengan fitur kuat yang mampu menghapus file ganda yang ditemukan.

Sayangnya aplikasi ini sendiri tidaklah gratis, tetapi mereka menawarkan sobat sebuah trial pemakaian untuk melihat apakah sobat suka atau tidak dengan aplikasi mereka. Tentunya sobat tidak perlu khawatir dengan malware seperti spyware.

Auslogics Duplicate File Finder – Aplikasi Pembasmi File Ganda Paling Mudah Digunakan

Auslogics Duplicate File Finder - Aplikasi Pembasmi File Ganda Paling Mudah Digunakan

Dari sekian banyak aplikasi pencari file yang memiliki tampilan yang ribet yang penuh dengan banyak pilihan opsi, Auslogics Duplicate File Finder berbeda dari kebanyakan aplikasi tersebut.

Menawarkan tampilan sederhana yang mempermudah sobat dalam menggunakan aplikasi. Aplikasi ini juga memberikan fitur yang mampu melihat file apa yang ditemukan, supaya sobat bisa periksa apa isi file tersebut sebelum dihapus.

Aplikasi ini sendiri sayangnya menawarkan aplikasi sampah ketika proses penginstalan. Sehingga apabila sobat ingin sekali menggunakan aplikasi ini, sobat harus teliti ketika proses penginstalan aplikasi ini dengan menghilangkan centangan ketika sedang berada pada proses penginstalan.

Secara default aplikasi ini akan mencari file di semua tempat penyimpanan dan dengan format dari gambar, audio, video, arsip (.zip, .rar), dan aplikasi (.exe). Tetapi sobat bisa juga memilih penyimpanan mana dan jenis file apa yang ingin sobat cari di apliksi tersebut.

CCleaner – Aplikasi yang Pasti Banyak yang Punya

CCleaner - Aplikasi yang Pasti Banyak yang Punya

CCleaner adalah aplikasi yang populer, dengan fitur utama mereka adalah pembersih file sampah, yang akan membersihkan memori sobat dari file sementara yang tidak digunakan oleh sobat. Tetapi CCleaner ini sendiri juga memiliki fitur untuk mencari file ganda yang ada di memori sobat.

Untuk menggunakan fitur itu sendiri bisa sobat akses melalui Tools > Duplicate Finder seperti gambar di atas.

Aplikasi ini sendiri secara default bisa mencari file ganda di drive C sobat sambil menghindari file sistem dan file tersembunyi. Sobat juga bisa memilih lokasi khusus untuk dicari. Yang pasti sobat harus memilih opsi Include files and subfolders supaya isi folder juga akan dicari oleh CCleaner.

SearchMyFiles – Aplikasi Pencari File Ganda yang Rumit tapi Kuat

SearchMyFiles - Aplikasi Pencari File Ganda yang Rumit tapi Kuat

SearchMyFiles adalah aplikasi rumit untuk mencari file ganda. Aplikasi ini mampu mencari file yang diciptakan, dimodifikasi, atau diakses pada waktu tertentu.

Diciptakan oleh NirSoft, yang merupakan pencipta dari banyak aplikasi gratis berguna lain yang tidak pernah memasukan aplikasi sampah sama sekali. Dan juga aplikasi ini bersifat portable sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Kalau sobat lihat gambar di atas, tampilan dari aplikasi ini ketika sobat buka akan terlihat dangat rumit dan membuat puyeng kepala. Maka dari itu aplikasi ini hanya diperuntukan untuk sobat yang mengerti atau niat mencari tahu setiap fungsi dari opsi yang ada di aplikasi tersebut.

Kesimpulan

Mau mencari file ganda atau file tersembunyi yang sobat susah cari? Gampang. Banyak sekali aplikasi contohnya seperti yang saya sebutkan di atas mampu melakukan perintah pencarian tersebut. Yang penting sobat mampu memilih aplikasi mana yang mau digunakan baik itu mudah atau susah semua tergantung dari sobat sekalian.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *