Cara Menampilkan File Extensions (Ekstensi File) di Windows 10

By | November 28, 2019
Cara Menampilkan File Extentions (Ekstensi File) di Windows 10

Karakter di belakang file seperti .mp3, ,jpg, dan ,mp4 disebut juga sebagai File Extensions atau Ekstensi File. Karakter inilah yang akan menentukan aplikasi apa yang akan menbaca file tertentu. Secara default Windows 10 menyembunyikan karakter ini dari sobat. Pada kesempatan ini, saya akan membahas tentang cara menampilkan File Extensions (Ekstensi File) di Windows 10.

Kenapa File Extensions (Ekstensi File) Disembunyikan oleh Windows 10?

Nah seperti yang yang saya tulis di atas, ekstensi file ini dipakai untuk menentukan aplikasi apa yang akan digunakan untuk membuat file tertentu.

Jadi bagaimana kalau ekstensi tersebut berubah menjadi sesuatu yang lain? Jika berubah bisa jadi file tersebut malah akan berakhir tidak bisa dibuka sama sekali.

Itulah menurut saya merupakan satu alasan kenapa File Extensions itu disembunyikan oleh Windows. Supaya untuk menghindari orang awam dari mengubah ekstensi dari file mereka.

Tetapi, bagi sobat yang sudah mengenal komputer lebih dalam, ekstensi file ini bisa dimunculkan kembali. Dan sobat bisa melakukannya dengan mudah di Windows 10.

Cara Menampilkan File Extensions (Ekstensi File) di Windows 10

Nah di Windows 10 ini ada dua langkah yang bisa sobat gunakan untuk menampilkan kembali File Extensions (Ekstensi File). Mari saja langsung kita bahas cara memunculkannya.

Menampilkan File Extensions (Ekstensi File) langsung di tab View di File Explorer

Pertama

Sobat buka File Explorer. Ada banyak cara untuk membukanya. Salah satunya dengan menekan keyboard shortcut Win + R, lalu ketikkan explorer di sana. Lalu tekan tombol OK.

tekan tombol Win + R, lalu ketikkan explorer dan tekan tombol OK.

Kedua

Setelah File Explorer terbuka, sobat tekan pada tab View yang ada di bagian atas File Explorer. Pada tab itu di bagian kanan, sobat akan menemukan kotak centang dengan tulisan File name extensions.

Tekan tab View, lalu beri centang pada File name extensions untuk menampilkan File Extensions.

Sobat kemudian klik pada kotak tulisan tersebut. Pastikan kotak File name extensions tercentang seperti gambar di atas.

Ketiga

Selamat! File Extensions berhasil sobat munculkan!

Memunculkan Ekstensi File di Options pada File Manager

Pertama

Buka File Explorer. Bisa lewat keyboard shortcut Win + R, ketik explorer, lalu tekan tombol OK.

Kedua

Setelah File Explorer terbuka, klik atau tekan pada tab View. Pada bagian kanan sobat akan menemukan tombol dengan tulisan Options. Sobat klik pada tombol tersebut.

Klik pada tab View, lalu tekan tombol Options.

Ketiga

Sebuah jendela yang berjudul Folder Options akan muncul. Sobat kemudian klik pada tab View.

Klik tab View, lalu hilangkan centangan di Hide extensions for known file types, lalu tekan tombol OK untuk menampilkan File extensions.

Di sana pada kotak di bawah tulisan Advanced settings, sobat cari kotak centangan yang bertulisan Hide extensions for known file types.

Setelah ketemu seperti gambar di atas, pastikan centangannya kosong. Kalau ada centangan (secara default memang ada), sobat klik kiri pada kotak itu dan centangannya akan hilang. Setelah itu tobat tekan tombol OK.

Keempat

Selamat! File Extensions (Ekstensi File) berhasil dimunculkan!

Kesimpulan

Ekstensi File itu penting. Karena digunakan supaya program dapat membaca file sesuai dengan ekstensi mereka. Oleh karena itu Microsoft menyembunyikannya untuk orang awam. Untungnya, sobat bisa memunculkan kembali File Extensions itu jika sobat mau dengan langkah yang saya tulis di atas.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *