Cara Menambah Shortcut Program ke Start Menu di Windows

By | February 8, 2020
Cara Menambah Shortcut Program ke Start Menu di Windows

Apakah sobat tahu, kalau sebenarnya ada beberapa faktor yang akan menyebabkan tidak adanya shortcut dari program tertentu di Start Menu sobat.

Sobat bisa jadi tidak sengaja menghilangkan centangan tentang membuat shortcut muncul di Start Menu ketika sobat sedang menginstall program tertentu.

Bisa jadi juga sobat mendownload dan menggunakan program yang tidak perlu melalui proses instalasi lagi. Program tersebut bisa saja bersifat portable, atau semua file dari program tersebut sudah berada di dalam satu folder sehingga tidak perlu lagi melakukan proses instalasi.

Oleh karena itu, pada artikel saya kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara menambahkan shortcut program ke Start Menu di Windows.

Menambah Shortcut Program ke Start Menu di Windows

Cara ini harusnya akan bisa sobat terapkan di kebanyakan versi Windows, yaitu Windows 7, Windows 8, dan juga Windows 10. Simak langkahnya berikut ini.

Langkah 1: Sobat akses folder tempat di mana sobat menyimpan program yang sobat ingin tambahkan shortcut-nya di Start Menu.

Langkah 2: Di dalam folder tersebut, sobat cari file .exe dari program yang sobat pilih. Biasanya, sobat pasti akan langsung menemukan file .exe tersebut ketika sobat mengakses folder dari program tersebut.

Masuk ke folder program lalu cari file exe dari program yang sobat inginkan.

Jika tidak ketemu, ya.. mau tidak mau sobat harus mencarinya lebih dalam lagi dengan memeriksa semua folder yang ada di sana.

Langkah 3: Jika sudah ketemu, sobat buat shortcut untuk file .exe tersebut. Caranya sendiri sangat mudah, sobat tinggal klik kanan file .exe, lalu tekan pada tulisan “Create shortcut” di menu yang muncul.

Klik kanan file .exe lalu tekan pada opsi "Create shortcut" di menu yang muncul.

Langkah 4: Sobat rename nama shortcut menjadi yang sobat inginkan. Biasanya untuk setiap shortcut yang dibuat secara default akan bernama “nama_program.exe – Shortcut” dan menurut saya nama itu sangatlah tidak enak untuk dipandang.

Langkah 5: Sobat kemudian akses

C:\ProgramData\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs

di File Explorer sobat.

Sobat kemudian akses folder untuk shortcut yang ada di Start Menu.

Langkah 6: Sobat kemudian salin shortcut yang sudah sobat buat tadi ke dalam folder tersebut.

Langkah 7: Nantinya, sebuh jendela yang berjudul “Destination Folder Access Denies” akan muncul. Sobat cukup tekan pada tombol “Continue.”

Salin shortcut yang sudah sobat buat ke folder tersebut. Ketika jendela "Destination Folder Access Denied" muncul, sobat cukup tekan pada tombol "Continue."

Langkah 8: Shortcut yang sobat buat tadi akan langsung tersalin ke sana, dan sobat akan menemukan shortcut tersebut muncul di Start Menu di Windows sobat.

Tambahan: Sobat juga bisa mengelompokkan shortcut yang sobat inginkan ke dalam satu buah folder. Sobat cukup membuat satu buah folder di sana, rename folder tersebut sesuai selera, lalu salin shortcut yang sobat inginkan ke dalam folder tersebut.


Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *