Cara Memutar video yang Formatnya Tidak Didukung di Windows 10

By | November 10, 2019
Cara Memutar video yang Formatnya Tidak Didukung di Windows 10

Aplikasi pemutar video bawaan Windows 10 seperti Movies & TV dan Windows Media Player hanya mendukung beberapa format video saja. Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara memutar format video yang tidak didukung di Windows 10.

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Memutar Video

Sebenarnya gampang aja sih kalau aplikasi bawaan tidak bisa digunakan, sobat cukup pakai saja aplikasi lain untuk memutar video sobat.

Aplikasi bawaan yaitu Movies & TV dan Windows Media Player hanya mendukung beberapa format saja seperti MOV, AVI dan MP4. Bahkan untuk Windows Media Player sendiri sudah tidak mendapatkan update sejak lama dari Microsoft.

Maka dari itu salah satu cara paling mujarab untuk memutar video dengan format yang sobat inginkan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mendukung format tersebut.

VLC Media Player

Siapa sih yang tidak kenal dengan VLC? VLC Media Player adalah salah satu opsi yang paling direkomendasikan dan juga memiliki pengguna paling banyak di Windows 10.

VLC sendiri harusnya mampu memutar hampir seluruh format video bahkan audio yang ada. Bahkan mendukung fitur seperti live steam yang bisa sobat gunakan. Dan masih banyak sekali fitur-fitur menarik yang bisa sobat nikmati.

Untuk membuka video yang sobat inginkan di VLC, sobat cukup tekan Media lalu sobat cari dan tekan tulisan Open File seperti yang ada di gambar di bawah ini.

tekan Media lalu Open File untuk memutar video lewat VLC

MPV

Salah satu pemutar video alternatif untuk para pemakai Windows 10. Selain itu MPV sendiri juga terdapat di Linux, macOS, dan Android.

Berbeda dari VLC yang fitur dan menunya banyak sekali, MPV sendiri sebenarnya cukup sederhana tanpa menu dan lain-lain. Bahkan terdapat versi portable yang bisa sobat jalankan langsung lewat media seperti flashdisk.

Untuk memutar video yang sobat inginkan, cukup tarik video yang ingin sobat putar langsung ke jendela MPV.

tarik video ke jendela MPV untuk memutar video

PotPlayer

PotPlayer adalah salah satu pemutar video paling “kuat” dari semua pemutar video yang ada. Pemutar video ini menawarkan banyak sekali fitur yang bisa sobat gunakan. Salah satunya adalah video editor yang bisa sobat gunakan untuk meng-edit video ketika sedang sobat putar.

Tampilan dari PotPlayer ini sendiri adalah semuanya serba hitam, tetapi pemutar ini mendukung tema yang bisa sobat gunakan untuk merupa tampilan dari pemutar ini.

Untuk memutar video, bisa sobat lakukan dengan klik kanan pada jendela PotPlayer atau klik tulisan PotPlayer yang ada pada bagian pojok kiri atas. Kemudian tekan pada tulisan Open File(s).

klik kanan atau tekan PotPlayer di pojok kanan atas, lalu tekan Open File(s) untuk memutar video lewat PotPlayer

Mengganti aplikasi untuk memutar video secara default

Jika sobat memutuskan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga sebagai pemutar video yang akan sobat gunakan, maka sobat perlu melakukan sesuatu di Settings pada Windows 10 sobat.

Untuk membuka Settings sendiri pasti sobat tahu lah, bisa lewat Start Menu maupun lewat shortcut keyboard yaitu Win + I.

Setelah Settings terbuka sobat cari dan tekan menu Apps. Lalu pada menu Apps sobat cari dan tekan Default apps yang ada pada bagian kiri.

Settings > Apps > Default apps lalu di bawah Video untuk mengganti pemutar video default menjadi aplikasi yang sobat inginkan.

Pada menu Default apps, sobat tekan pada aplikasi pemutar video yang berada di bawah tulisan Video. Di sana nanti akan muncul jendela seperti gambar di atas yang berisi aplikasi yang bisa sobat pilih. Sobat kemudian pilih aplikasi yang sobat pakai untuk memutar video sobat.

Install Codec Pack untuk Memutar Video

Codec bisa dibilang merupakan aplikasi yang membaca file video sobat menjadi gambar dan suara yang sesuai. Jika komputer sobat tidak punya codec yang pas untuk video yang sobat putar maka video tersebut tidak akan bisa diputar.

Nah untuk kebanyakan aplikasi pihak ketiga di atas sendiri harusnya sudah punya codec bawaan mereka sendiri, jadi sobat kalau pakai aplikasi di atas tidak perlu memasang codec pack ini lagi.

Ada banyak codec pack yang beredar di internet, tetapi salah satu codec pack yang saya rekomendasikan adalah CCCP. Codec pack ini selain ukurannya ringan juga sudah datang dengan pemutar videonya sendiri.

Untuk proses installnya sendiri sangat mudah seperti install aplikasi lain, hanya tinggal sobat tekan next next aja.

Konversi Video Sobat Menjadi Format Lain untuk Memutar Video

Jika pemutar video sobat tidak bisa memutar video format tertentu ya… tinggal konversi aja menjadi format yang didukung.

Untuk melakukan conversi sendiri bisa lewat aplikasi seperti VLC, atau FormatFactory, atau bisa lewat internet kalau ukuran video sobat kecil.

Tetapi cara ini sendiri tidak saya sarankan karena sangat merepotkan. Contohnya konversi video lewat VLC, kalau sobat sudah install aplikasi VLC ngapain lagi repot-repot konversi, tinggal putar aja langsung lewat VLC.

Kesimpulan

Banyak jalan menuju Roma, merupakan salah satu peribahasa yang sangat cocok untuk artikel ini. Jika aplikasi pemutar video bawaan Windows 10 tidak bisa memutar video sobat, dengan artikel ini sobat akan menemukan banyak jalan untuk memutar video tesebut.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *