Cara Memunculkan Hibernate di Windows 10

By | September 15, 2019
Cara Memunculkan Hibernate di Windows 10

Saya yakin sobat pernah paling tidak kenal dengan salah satu fitur Windows yaitu Hibernate. Tetapi ketika sobat mencarinya di Windows 10, pilihan tersebut tidak muncul sama sekali. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara memunculkan Hibernate di Windows 10.

Apa itu Hibernate?

Mungkin ada di antara sobat sekalian yang masih tidak tahu dengan salah satu fitur Windows ini. Hibernate ini sebenarnya sama aja seperti Sleep, tetapi lebih lambat dan menggunakan listrik sangat sedikit hampir tidak ada. Apakah masih bingung?

Ketika sobat membuat Windows 10 sobat masuk ke mode Hibernate, Windows akan langsung menyimpan apa yang sobat kerjakan, lalu akan mematikan komputer sobat. Sama seperti Sleep kalau mau dibilang.

Bedanya adalah pada Sleep komputer akan tetap menyalurkan daya listrik untuk membuat RAM tetap hidup, sehingga ketika sobat kembali menggunakan komputer sobat, proses kembalinya akan cepat. Nah hal itu berkebalikkan dengan Hibernate.

Fitur ini sendiri sangat cocok untuk sobat yang ingin meninggalkan pekerjaan sobat, tetapi tidak ingin melakukan Shut down. Keungulannya terdapat pada pekerjaan yang tidak perlu sobat buka lagi jiga melalui Hibernate.

Cara Memunculkan Hibernate di Windows 10

Sekarang sobat mengerti apa sebenarnya fungsi dari Hibernate, tetapi ketika sobat ingin menggunakannya, fitur tersebut tidak dapat sobat temukan sama sekali, seperti gambar di bawah ini.

hibernate yang tidak muncul

Mari ikuti langkah saya untuk memunculkannya.

Pertama

Sobat buka Control Panel. Sobat bisa buka melalui Start Menu seperti biasa. Atau sobat juga bisa akses melalui shortcut keyboard Win + R lalu ketikkan Control Panel.

Kedua

Kemudian setelah Control Panel terbuka, sobat akses menu Hardware and Sound. Menu-nya bisa sobat temukan tepat di bawah Network and Internet atau sobat bisa lihat gambar di bawah ini.

masuk ke hardware and sound yang ada di control panel

Ketiga

Setelah menu Hardware and Sound terbuka, sobat tekan tulisan Change what the power buttons do. Tulisan tersebut terdapat pada bagian Power Options seperti yang bisa sobat lihat pada gambar di bawah.

pilih change what the power buttons do yang ada di menu power options

Keempat

Kemudian sobat tekan tulisan Change settings that are currently unavailable yang terdapat pada tampilan yang muncul. Sobat juga bisa lihat gambar di bawah ini.

pilih change settings that are currently unavailable

Kelima

Setelah tulisan pada langkah keempat sobat tekan, sobat bisa lihat tulisan seperti Turn on fast startup; Sleep; dan lain-lain, yang awalnya tidak bisa diakses (bewarna agak keabu-abuan) bisa diakses.

centang hibernate kemudian tekan tombol save changes

Sobat beri centang pada tulisan Hibernate, kemudian setelah itu sobat tekan tombol Save changes.

Keenam

Selesai! Sekarang sobat bisa cek Hibernate sobat sudah muncul dan bisa sobat pakai!

hibernate muncul di start menu

Kesimpulan

Salah satu fitur yang menurut saya sangat cocok untuk sobat yang ingin meninggalkan pekerjaannya dalam waktu yang cukup lama. Dari pada repot-repot melakukan Shut down lalu membuka kembali program sobat dari awal, fitur ini jauh lebih gampang.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *