Cara Memperbesar atau Memperkecil Resolusi Gambar dengan Photoshop

By | January 25, 2020
Cara Memperbesar atau Memperkecil Resolusi Gambar dengan Photoshop

Dalam situasi tertentu, sobat mungkin akan memerlukan sebuah gambar dengan resolusi lebih kecil atau lebih besar dari yang asli.

Untuk saya sendiri, biasanya saya akan mengecilkan resolusi gambar di ukuran tertentu sebelum saya gunakan pada artikel di blog saya. Saya juga biasa membesarkan resolusi gambar kalau gambar yang saya pakai dirasa kurang besar.

Untuk urusan mengubah ukuran resolusi gambar ini, tentu banyak sekali program yang bisa sobat gunakan. Seperti Photoshop, dan bahkan Paint juga punya fitur untuk mengubah resolusi gambar.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas cara memperbesar atau memperkecil resolusi gambar dengan menggunakan Photoshop.

Kenapa Photoshop?

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, banyak program yang bisa sobat gunakan kalau sobat ingin mengubah resolusi dari gambar sobat.

Tetapi dari sekian banyak program tersebut, menurut saya Photoshop merupakan salah satu program yang paling cocok untuk digunakan.

Untuk urusan memperkecil resolusi gambar, Photoshop akan mengambil beberapa pixel dari gambar kemudian membuangnya. Hal ini akan membuat hasil gambar malah menjadi lebih tajam dibanding gambar aslinya.

Untuk urusan memperbesar resolusi gambar, Photoshop punya algoritma yang bernama Preserve Details dan di Photoshop CC 2018 ke atas ada algoritma yang bernama Preserve Details 2.0.

Algoritma ini akan membuat gambar yang diperbesar resolusinya dengan Photoshop tidak akan terlihat terlalu pecah-pecah dibanding jika sobat menggunakan program lain.

Sayang sekali algoritma ini hanya bisa sobat temukan di Photoshop CC, tetapi Photoshop versi lama juga memiliki algoritma lain yang bisa sobat coba.

Memperbesar atau Memperkecil Resolusi Gambar dengan Photoshop

Sekarang karena sobat sudah tahu alasan kenapa saya merekomendasikan Photoshop, saatnya untuk kita langsung saja mempraktekkannya. Simak langkah berikut ini.

Langkah 1: Sobat buka dulu aplikasi Photoshop sobat.

Langkah 2: Jika Photoshop sudah terbuka, selanjutnya sobat buka gambar yang sobat ingin ubah resolusinya.

Langkah 3: Kemudian sobat tekan pada tab Image yang ada di menu bar Photoshop, setelah itu sobat tekan pada menu Image Size.

Tekan tab Image, lalu tekan lagi menu Image Size. Atau tekan shortcut Alt + Ctrl + I di keyboard untuk membuka menu Image Size.

Atau sobat juga bisa gunakan shortcut keyboard Alt + Ctrl + I untuk membuka menu Image Size.

Langkah 4: Setelah itu sobat tekan kotak yang ada di kiri tulisan Resample untuk mengaktifkannya.

Tekan kotak di kiri tulisan Resample untuk mengaktifkan Resample, lalu tekan kotak di kanan tulisan Resample dan pilih algoritma yang sobat inginkan.

Setelah itu sobat klik kotak di kanan tulisan Resample dan pilih algoritma yang sobat inginkan di sana. Saya sendiri akan memilih algoritma Preserve Details 2.0.

Langkah 5: Berikutnya di jendela Image Size, sobat ubah resolusi gambar ke ukuran yang sobat inginkan.

Ubah resolusi gambar ke resolusi yang sobat inginkan.

Di sini ada tiga hal yang bisa dilakukan, dan saya sudah menandainya dengan tiga kotak yang berbeda warna. Hal-hal tersebut antara lain:

  • Kotak merah, menandakan kalau resolusi untuk width dan height saling terhubung. Penghubung ini sendiri aktif secara default.
    Ketika penghubung ini aktif, maka sobat hanya perlu mengubah salah satu resolusi diantara width atau height saja, dan yang lain akan mengikuti secara otomatis.
    Menekan logo rantai akan mematikan penghubung ini, membuat sobat akan bisa mengubah resolusi untuk width dan height sesuka hati sobat.
  • Kotak hijau, adalah tempat di mana sobat memasukkan angka resolusi gambar yang diinginkan.
    Kotak yang berada di samping width adalah untuk mengubah lebar dari gambar.
    Kotak yang berada di samping height adalah untuk mengubah tinggi dari gambar.
  • Kotak kuning, adalah jenis ukuran yang digunakan. Bisa berupa pixel, sentimeter, persen, dan lain-lain. Ubah saja ke jenis yang sobat inginkan.
    Saya sendiri menggunakan jenis ukuran pixel.

Langkah 6: Jika semua sudah, maka sobat cukup menekan tombol OK dan proses memperkecil atau memperbesar resolusi gambar akan dimulai.

Langkah 7: Setelah prosesnya sudah selesai, selanjutnya sobat tinggal simpan saja gambar tersebut ke komputer sobat. Untuk melakukan hal ini cukup tekan pada tab File, lalu sobat pilih opsi Save (shortcut keyboard Ctrl + S) atau Save as (shortcut keyboard Shift + Ctrl + S).

Jika proses mengubah resolusi gambar sudah selesai, selanjutnya simpan gambar tersebut.
  • Opsi Save akan menyimpan gambar dengan cara menimpanya dengan file gambar yang asli.
  • Opsi Save as akan menyimpan gambar sebagai sebuah file baru.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *