Cara Memeriksa Kartu Grafis (GPU) Apa yang Ada di Komputer Sobat

By | November 21, 2019
Cara Memeriksa Kartu Grafis (GPU) Apa yang Ada di Komputer Sobat

Apakah sobat tahu bahwa di setiap komputer yang sobat gunakan, terdapat kartu grafis yang mengurus apa yang tertampil pada monitor sobat? Apakah sobat tahu kartu grafis apa yang sudah menemani dengan sedia bersama sobat? Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas cara memeriksa kartu grafis (GPU) apa yang ada di komputer sobat.

Untuk bermain game juga kartu grafis (GPU) juga memiliki peran penting yang berdampingan bersamaan dengan CPU dan RAM sobat. Jika kartu grafis sobat tidak cukup kuat, maka sobat juga tidak akan bisa memainkan game komputer terbaru, atau memunculkan sesuatu yang nyata di monitor sobat.

Memeriksa Kartu Grafis (GPU) dengan Task Manager di Windows 10

Task Manager di Windows 10 saat ini sudah mulai makin dilengkapi fungsinya, yaitu mampu melihat proses yang dikerjakan oleh kartu grafis sobat. Tentunya itu berarti Task Manager mampu mengenali kartu grafis apa yang terdapat pada komputer sobat.

Mari ikuti langkah berikut ini.

Pertama

Sobat arahkan mouse sobat ke taskbar (bagian paling bawah layar tempat icon aplikasi terbuka), lalu klik kanan pada tempat tersebut.

klik kanan pada taskbar lalu tekan pada task manager

Sebuah jendela tampilan seperti gambar di bawah ini akan muncul. Sobat berikutnya tekan pada tulisan Task Manager.

Kedua

Nantinya akan muncul jendela Task Manager setelah sobat menekan tombol pada langkah kedua. Sobat berikutnya tekan pada tab yang bertuliskan Performance.

Ketiga

Di sana sobat akan melihat banyak sekali daftar-daftar yang ada pada bagian kiri seperti CPU, Memory, dan lain-lain. Nah pada bagian paling bawah sobat akan menemukan tulisan GPU 0, dan GPU 1 jika sobat menggunakan laptop dengan dua kartu grafis.

di task manager tekan pada tab performance untuk memeriksa kartu grafis yang ada di komputer sobat.

Tekan pada salah satu tulisan tersebut akan memunculkan sobat nama lengkap dari GPU yang sobat miliki. Seperti di atas saya punya kartu grafis Intel HD dan Nvidia Geforce 820m.

Keempat

Dan begitulah cara melihat nama kartu grafis (GPU) dengan Task Manager di Windows 10!

Memeriksa Kartu Grafis (GPU) dengan Dxdiag

Jika sobat tidak menggunakan Windows 10 maka cara di atas punya tidak akan bisa sobat gunakan. Sobat perlu menggunakan cara lama untuk mengetahui kartu grafis apa yang sobat punya.

Mari ikuti langkah berikut ini.

Pertama

Sobat tekan tombol keyboard Win + R untuk membuka jendela Run.

Kedua

Setelah jendela berjudul Run seperti gambar di bawah ini muncul. Sobat ketikkan dxdiag pada kotak yang berada di samping tulisan Open. Setelah itu sobat tekan tombol OK.

tekan Win + R di keyboard lalu ketikkan dxdiag kemudian tekan tombol OK

Ketiga

Kemudian aplikasi DirectX Diagnostic Tool terbuka, sobat arahkan pada tab Display. Di sana pada samping kanan tulisan Name sobat akan menemukan nama kartu grafis yang ada pada komputer sobat.

buka tab display di dxdiag untuk memeriksa kartu grafis sobat.

Jika sobat menggunakan laptop yang memiliki dua kartu grafis, maka tab Display akan menampilkan nama GPU bawaan dari CPU sobat. Dan ada tab baru bernama Render yang akan menampilkan kartu grafis dedicated yang biasanya dari Nvidia.

contoh dxdiag dengan laptop yang punya dua gpu

Kesimpulan

Apabila sobat tidak tahu tentang kartu grafis apa yang terdapat pada komputer sobat, maka dengan cara di atas sobat dapat mengetahuinya. Mengetahui informasi tentang perangkat pada komputer sobat akan sangat membantu dalam berbagai hal. Contohnya ketika sobat ingin tahu apakah komputer sobat mampu memainkan permainan tertentu atau tidak.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *