Cara Membuka Tab yang Tertutup di Google Chrome

By | November 10, 2019
Cara Membuka Tab yang Tertutup di Google Chrome

Google Chrome memiliki fitur yang mampu untuk membuka kembali tab yang sobat sudah tutup. Fitur itu akan sangat berguna apabila sobat tidak sengaja menutup sesuatu dan lupa apa itu. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara membuka tab yang tertutup di Google Chrome.

Dimana Letak Opsi “Reopen Closed Tab” di Chrome?

Untuk membuka kembali tab yang sobat tutup barusan di Chrome, ikuti langkah berikut ini:

Pertama – Sobat klik kanan pada tempat kosong di tab bar Chrome sobat. Tab bar itu sendiri terletak pada bagian paling atas di Chrome.

Kedua – Nanti akan muncul jendela yang berisi opsi pilihan yang seperti gambar di bawah ini. Sobat tekan pada tulisan Reopen closed tab.

klik kanan, pilih Reopen closed tab untuk membuka tab yang tertutup.

Jika yang barusan sobat tutup di Chrome bukanlah tab melainkan jendela dari Chrome dan ingin sobat buka kembali, ikuti langkah di atas nantinya sobat akan menemukan tulisan Reopen closed window.

Dengan mengikuti langkah di atas sobat akan membuka kembali tab yang baru saja sobat tutup.

Membuka Kembali Tab yang Tertutup dengan Shortcut di Keyboard

Selain dengan langkah klik kanan di atas, sobat juga bisa membuka kembali tab yang sobat tutup dengan menggunakan shortcut pada keyboard sobat. Chrome memberikan sebuah shortcut atau jalan pintas agar sobat tidak perlu lagi repot-repot menekan dengan mouse sobat.

Shortcut keyboard untuk membuka tab tertutup tersebut adalah Ctrl + Shift + T. Tekan tiga tombol tersebut secara bersamaan untuk mengaktifkan perintahnya.

Membuka Kembali Tab Tertentu yang Tertutup

Untuk kedua cara di atas hanya bisa digunakan untuk membuka kembali tab yang baru saja sobat tutup. Tetapi Chrome juga menawarkan kemampuan untuk membuka kembali tab-tab yang pernah sobat tutup sebelumnya.

Google Chrome akan melacak tab atau lebih tepatnya situs apa saja yang baru saja sobat tutup dan mengumpulkannya. Gunanya supaya apabila sobat melakukan hal tersebut secara tidak sengaja maka sobat buka mencari yang barusan sobat buka dengan jauh lebih mudah.

Untuk mengaksesnya sobat cukup tekan tombol dengan tiga titik yang terdapat pada bagian pojok kanan atas.

Kemudian akan muncul daftar menu atau perintah yang bisa sobat lakukan, sobat kemudian cari dan tekan History.

pergi ke History lalu ke bagian Recently closed untuk membuka tab tertentu yang sobat tutup.

Nanti akan ada sebuah jendela yang muncul setelah History sobat tekan. Di sana tepatnya di bawah Recently closed sobat akan menemukan semua situs atau tab yang sobat baru saja tutup.

Tekan salah satu dari daftar tersebut untuk membuka kembali apa yang sobat tutup.

Kesimpulan

Jika sobat tidak sengaja menutup salah satu website atau situs yang sedang buka jangan khawatir. Google Chrome dan juga banyak browser terkenal lain memiliki fitur untuk membuka kembali tab yang sobat tidak sengaja tutup. Bisa pakai cara panjang ataupun pakai shortcut keyboard.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *